Categories: Metro 24 Jam

Mimpi Asner Jadikan Kota Siantar Sebagai Gudang Atlet Berprestasi

Calon Walikota dan Wakil Walikota Pematang Siantar Ir Asner Silalahi MT dan dr Susanti Dewayani (PASTI), menyiapkan program untuk dunia olahraga. Targetnya, menjadikan Siantar sebagai kota dengan segudang atlet bintang.

Prestasi atlet yang baik dipastikan akan mengangkat nama Kota Pematang Siantar ke tingkat nasional dan internasional. Untuk mencapai tujuan tersebut, Asner Silalahi mengatakan, bahwa jika terpilih nanti sebagai walikota, langkah pertama adalah membenahi sarana olahraga.

Tanpa sarana, olahraga tidak akan bangkit. Persoalan ini sudah terjadi puluhan tahun, sehingga anak-anak Kota Pematang Siantar tidak bisa menorehkan prestasi membanggakan.

“Padahal banyak putra-putri dari kota ini memiliki talenta yang layak dibangggakan. Contohnya pemain sepakbola nasional, Rico Simanjuntak,” katanya, Kamis (26/11/2020).

Menurut Asner Silalahi, idealnya Kota Pematang Siantar mampu menghasilkan ratusan atlet hebat. Namun tanpa sarana akan sia-sia. Akibatnya, anak-anak asal Siantar yang ingin berprestasi akan hengkang ke daerah lain dan mewakili wilayah tersebut dalam setiap perhelatan olahraga.

“Sekarang kita tidak punya sarana olahraga, tidak ada GOR dan stadion. Ini cukup memilukan. Padahal, kota ini merupakan terbesar kedua di Sumut. Sangat disayangkan, sehingga kaum millenial kita kebingungan mencari tempat. Tapi kita harus optimis dan kelak dipercaya jadi kepala daerah, perhatian kita adalah pembangunan sarana olahraga secara terukur,” ucapnya.

Ia pun mengaku punya impian, bagaimana pesta olahraga seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 di Sumatera Utara, Pematang Siantar bisa menjadi salah satu tuan rumah, setidaknya untuk 3 cabang olahraga.

“Saya punya mimpi di tahun 2024, Sumut tuan rumah PON dan Siantar bisa kebagian dan harapan pasti akan menghidupkan perekomian,” jelasnya.

Selain pembenahan infrastruktur olahraga, Asner Silalahi juga berencana memperkuat pembinaan dan pelatihan. Para pelatih akan dibekali lebih matang lagi, baik dari sisi kemampuan dan kebutuhan mereka.

Ia juga menekankan pentingnya rekrutmen, sehingga akan diperoleh atlet-atlet unggul dari talenta masing-masing.

“Kita akan membuat rekrutmen dan seleksi pada bidang olahraga. Contohnya sepakbola, catur dan lainnya. Olahraga seperti itu biasanya ada otodidak. Kemudian, kita akan melakukan pertandingan rutin. Mulai tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota,” ucapnya.

Tahapan ini diyakini akan menggairahkan bagi anak-anak muda yang memiliki talenta olahraga.

“Ini sangat saya mimpikan di Kota Pematang Siantar. Program ini multi manfaat karena turut menghidupkan UMKM Contohnya saat pertandingan, jualan makanan ringan akan laris. Ini hal-hal sederhana,” katanya.

Selain itu, Asner juga menekankan bahwa anak-anak berprestasi harus mendapat beasiswa khusus. (*)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

57 menit ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

1 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

2 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

2 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

4 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

4 jam ago