Categories: Metro 24 Jam

KPU Toba Sosialisasi Mekanisme Pelaksanaan Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Toba menggelar sosialisasi tatap muka, terkait mekanisme petunjuk teknis pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang kepada puluhan awak media, Kamis (26/11/2020) sekira pukul 09.00 Wib.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat KPU Toba tersebut dipimpin Ketua KPU Toba Henri Marudin Pardosi didampingi Komisioner Divisi SDM dan Parmas, Sugar Fernando Sibarani, Komisioner Divisi Teknis, Rantu Pasaribu dan Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, Charles Pangaribuan.

“Dasar hukum pelaksanaan sosialisasi ini adalah PKPU Nomor 18 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota,” kata Komisioner KPU Toba Divisi SDM dan Parmas, Sugar Fernando Sibarani.

Selain itu, Sugar Fernando menambahkan bahwa dasar hukum lainnya, adalah Surat Edaran KPU Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Lanjutan Tahun 2020 Dalam Kondisi Bencana Nonalam Corona Virus Disease Tahun 2019.

Terkait pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, nantinya akan diterapkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, di mana seluruh TPS akan dilengkapi dengan alat pendukung prokes.

Demikian juga para pemilih diharuskan menggunakan masker serta petugas penyelenggara harus mengenakan APD lengkap. Bahkan jadwal pencoblosan akan dibagi dalam 5 sesi yang telah ditetapkan melalui surat undangan.

“Dalam Pilkada kami utamakan keselamatan semua orang jadi dalam proses pemilihan dan penghitungan suara nanti kami mengikuti protokol Kesehatan, ” jelasnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis, Rantu Pasaribu menambahkan, teknis pemungutan dan penghitungan suara, di samping kepatuhan terhadap Prokes, juga legalitas pendamping pemilih disabilitas dan orangtua jompo.

Keabsahan perpindahan pemilih antar kecamatan serta keabsahan pemilih dengan membawa identitas diri E-KTP dan identitas lainnya.

“Penyelenggaraan Pilkada di masa pandemi cCovid-19 tahun 2020 ini juga ditetapkan jumlah pemilih dalam satu TPS yakni maksimal 300 orang dan jadwal pencoblosan juga ditetapkan dalam 5 sesi yang dimulai sejak pukul 07.00 – 13.00 Wib,” papar Rantu.

Selanjutnya, Ketua KPU Toba Henri Marudin Pardosi berharap kepada para insan pers yang sebagai peserta sosialisasi bisa menjadi corong informasi dengan menyampaikan segala hasil sosialisasi ke seluruh masyarakat Toba.

“Ini merupakan upaya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang cara dalam pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara di TPS. Di mana dengan adanya sumbangsih dari teman-teman pers, dapat melanjutkan informasi ini kepada masyarakat,” katanya.

“Untuk itu, kiranya informasi penting ini dapat terserap oleh masyarakat dan pelaksanaan Pilkada pada tanggal 9 Desember 2020 nanti, dapat menjamin keselamatan dan kenyamanannya serta dapat terlaksana dengan baik, ” pintanya.

“Tentunya kita semua sama-sama berharap, penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Toba Tahun 2020 dapat berjalan dengan damai, aman, lancar serta berkualitas. Untuk mewujudkan itu semua, perlu adanya kerjasama dari kita semua, ” harapnya. (*)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

2 jam ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

3 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

3 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

4 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

5 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

5 jam ago