Categories: Metro 24 Jam

Kepemimpinan Golkar Deliserdang Diserahkan ke DPD Sumut

Ketua Koordinator Bidang Kepartaian Partai Golkar Sumut HM Hanafiah Harahap menegaskan bahwa pihaknya akan menggodok dan menelaah hasil Musda Golkar Deliserdang X pada12 September 2020 lalu. Hal itu terpaksa dilakukan karena ada dua kepemimpinan Golkar Deliserdang saat ini dari hasil Musda versi Cadika dan versi Wings Hotel.

Menurut Hanafiah, penggodokan tersebut belum bisa dipastikan waktunya, apakah sebelum Pilkada serentak maupun sesudahnya. “Masalah ini sudah ke Mahkamah Partai Golkar. Kawan-kawan Pimpinan Kecamatan (PK) yang ada di Deliserdang sesuai dengan hak konstitusi mereka,” sebut Hanafiah kepada Metro24jam.com via selular, Kamis (26/11/2020).

Dijelaskannya, sejumlah Pimpinan Kecamatan telah mengadukan dan minta perlindungan hukum ke mahkamah partai.

“Namun di Makamah Partai tidak ada kapasitas untuk memberi penjelasan keberadaan, tapi di forum Paripurna Musda Golkar Sumut di DPP kemarin memutuskan menetapkan persoalan kepemimpinan Golkar Deliserdang diserahkan kepada Golkar Sumut hari ini, yang dipimpin Musa Rajekshah” tegas Hanafiah.

Untuk Golkar Deliserdang, lanjut Hanafiah, Golkar Sumut masih melakukan penggodokan dan telaah.

Belum ada membuat hasil lebih jauh dan belum sampai pada keputusan apakah Musda ulang atau lainnya. Kita masih menelaah tertib konstitusi organisasi dan hal hal lain. Kita tidak mau mengulangi hal yang salah terhadap konsolidasi organisasi baik tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan maupun desa dan sebagainya,” urai Hanafiah.

Persoalan sah atau tidak sah Musda Golkar Deliserdang yang digelar di Cadika, menurut Hanafiah, sudah diserahkan ke Golkar Sumut yang saat ini dipimpin Musa Rajekshah.

“Beliau (Musa Rajekshah) berpesan agar kader Golkar di Sumut menjaga soliditas untuk bersama-sama berjuang meraih kemenangan dan khusus untuk Golkar Kabupaten Deliserdang untuk tidak mengambil langkah langkah organisasi yang berlawanan dengan keutuhan organisasi,” sebut Hanafiah.

Musda Golkar Deliserdang yang digelar di Cadika Lubukpakam, jelas Hanafiah, adalah rangkaian dari konsilidasi organisasi sesuai dengan instruksi dari Ketum Airlangga Hartarto dan juga instruksi dari Plt Ketua Golkar Sumut, Doly Kurnia Tanjung.

“Itu kita bisa pahami, dan saya yang hadir pada waktu itu sebagai Wakil Ketua Bidang Korbid Hukum dan HAM sudah mengingatkan, bahwa Musda maupun konsolidasi organisasi harus berpedoman pada ketentuan organisasi secara utuh dan menyeluruh, tidak boleh ditafsirkan sendiri sendiri,” imbuhnya.

“Nah, saya secara pribadi yang hadir pada waktu itu melihat dan menyaksikan bahwa konsolidasi Musda di Cadika itu tidak berjalan sebagaimana mestinya, khususnya bahwa pemahaman tentang perivikasi faktual itu tidak boleh serta merta diambil dari sepihak, dalam hal ini pimpinan sidang,” jelasnya.

Hanafiah menyebutkan, bahwa pimpinan sidang pada Musda di Cadika dipimpin oleh DPD Golkar Sumut yang sudah demisioner.

Lebih lanjut dijelaskan Hanafiah, Musda di Cadika ada 16 Pimpinan Kecamatan (PK) Golkar yang menolak tata cara pemilihan Ketua Golkar Deliserdang periode 2020-2025 dan peserta yang berhak menentukan sikap tersebut, tidak diberi kesempatan memberikan pandangan konstitusi organisasinya.

“Oleh karena itu demi nama baik partai, demi kondusifnya partai dan dari pihak kepolisian waktu itu agar perbedaan pendapat itu tidak boleh diteruskan, Ini imbauan dari pihak keamanan, dan imbauan dari pihak keamanan tersebut tak perlu terjadi. Tapi, kawan-kawan 16 PK berinisiatif sendiri mengambil langkah-langkah melanjutkan, ‘Tolong dicatat’ melanjutkan tahapan Musda dalam rangka paripurna pemilihan Ketua Partai Golkar Deliserdang periode 2020-2025,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Musda lanjutan tersebut digelar di Wings Hotel, Jalan Sultan Serdang, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang.

“Nah, mekanisme pemilihan dihadiri oleh pengurus Partai Golkar Sumut, yang waktu itu hadir Muchrid Nasution, Irham Buana Nasution dan lain lain. Saya waktu itu hadir di Wings Hotel sebagai peserta, saya peninjau, tapi yang tidak punya kontribusi hak suara, hanya memberi pandangan saja. Nah, hasil lanjutan konsolidasi paripurna pemilihan Ketua Partai Golkar Deliserdang peserta memutuskan memilihThomas Darwin Sembiring,” rinci Hanafiah.

Selanjutnya, HM Hanafiah Harahap mengungkapkan, bahwa proses persoalan Musda Golkar Deliserdang akan digelar atau diselesaikan secepatnya atau pada waktu yang belum di tentukan dengan menelaah.

“Ya, bisa juga setelah Pilkada serentak ini. Proses menelaah inikan tidak harus menunggu waktu kapan kesiapan dan penyelesaian dari mekanisme berpedoman berorganisasi bisa saja sebelum pilkada. Kita lihat nanti dan saya mengingatkan bahwa organisasi Partai Golkar adalah organisasi kader, organisasi kebangsaan menjaga keutuhan, kompak, solid bersama-sama berjuang untuk kemenangan,” tandasnya mengakhiri pembicaraan. (*)

BACA JUGA:
Musda X Golkar Deliserdang Pecah 2 Kubu, 16 PK WO dari Cadika dan Lanjut ke Wings Hotel

Recent Posts

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

19 menit ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

5 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

5 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

5 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

22 jam ago