Categories: Metro 24 Jam

Lagi, 2 Anggota Jaringan Pengedar Sabu Rambung Merah Diangkut, Jaringan Tapian Dolok Mulai Tertutup

Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun menangkap 2 pria pengedar sabu-sabu seputaran Nagori Rambung Merah dan Karang Bangun Senin (23/11/2020).

Keduanya, Amir Hamzah alias Amir (26) dan Reflizal alias Refi (32) adalah warga Pasar Melintang, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Simalungun.

Kasubbag Humas Polres Simalungun, AKP Lukman Hakim Sembiring mengatakan, keduanya, masing-masing ditangkap dari Jalan Teratai Blok 6, Nagori Rambung Merah, sekitar pukul 16.00 Wib, dan Huta II Urung 03, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, sekira pukul 16.30 Wib.

“Penangkapan kedua pria tersebut  menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat melalui Aplikasi Horas Paten,” katanya.

Menindaklanjuti informasi tersebut, polisi awalnya menangkap Amir Hamzah. Dari hasil penggeledahan terhadap Amir, petugas menemukan 1 paket sabu-sabu seberat 0,73 gram (bruto).

“Saat diinterogasi, tersangka Amir Hamzah mengaku disuruh oleh pria bernama
Reflizal alias Refi (32), untuk mengantarkan sabu-sabu tersebut kepada pembeli. Dia iming-imingi akan diberi upah dan mengkonsumsi sabu,” ungkap Lukman.

Selanjutnya, polisi melakukan pengembangan dan berhasil meringkus Reflizal alias Refi di Huta 3 Nagori Karang Bangun. Dari Refi, polisi menyita sebuah kotak rokok dan handphone merk Nokia.

Saat ini kedua tersangka sudah diamankan di Mapolres Simalungun untuk penyidikan dan pengembangan lebih lanjut.

Sebelumnya, Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun juga berhasil meringkus seorang pengedar sabu-sabu di kawasan Nagori Rambung Merah bernama Bambang Rianto alias Bambang (37) dari kediamannya di Huta IV, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kamis (19/11/2020).

Penelusuran Metro24jam.com, peredaran narkoba jenis sabu-sabu di Nagori Karang Bangun dan Rambung Merah, erat kaitannya dengan jaringan dari Kecamatan Tapian Dolok, yang disebut-sebut mendapatkan suplai barang haram tersebut dari Lapas Klas IIA Pematang Siantar.

Seperti diberitakan sebelumnya, di kawasan Tapian Dolok, peredaran sabu-sabu dikendalikan seorang pria berinisial OK. Namun, sejak terbitnya pemberitaan terdahulu, menurut sumber, para pengedar di kawasan Tapian Dolok mulai sedikit menutup diri.

“Anggotanya di lapangan, sekarang sudah sangat hati-hati sama orang yang tidak dikenalnya. Lokasi [berjualan] sudah bergeser dari lokasi semula. Tapi masih di seputaran Tapian Dolok,” sebut sumber kepada Metro24jam.com.

Sementara itu, peredaran dari dalam Lapas disebut dikendalikan seorang bandar berinisial AS yang informasinya ditahan di kamar AA6. Ia dibantu 2 anggotanya CT dan AM yang menginap di kamar Ambarita dan Enggang 5.

Kalapas klas IIA Pematangsiantar Rudy Fernando Sianturi saat dikonfirmasi melalui Humas Daniel Sitindaon membenarkan warga binaan inisial AS yang menghuni kamar AA6, serta CT di kamar Ambarita 21 dan AM di kamar Enggang 5.

“Masih ada (ditahan),” jawabnya singkat.

Terkait dugaan peredaran narkotika jenis sabu dalam Lapas Klas IIA Pematangsiantar yang disebut diakomodir ketiga orang dimaksud, Daniel Sitidaon membantahnya.

“Itu saya rasa dulu. Saat ini sudah tidak ada peredaran narkotika di Lapas Klas IIA Pematangsiantar seperti yang ditanyakan,” katanya kepada Metro24jam.com. (*)

BACA JUGA:
Pengedar Sabu Rambung Merah Diciduk, Jaringan Lapas-Tapian Dolok Belum Tersentuh

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

3 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

3 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

20 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago