Categories: Metro 24 Jam

53 Unit Hand Tractor Bantuan Kementan Diserahkan Kepada Kelompok Tani di Toba

Dinas Pertanian Kabupaten Toba menyerahkan 53 unit hand tractor bantuan Kementerian Pertanian RI kepada 53 kelompok tani di 16 Kecamatan Kabupaten Toba di UPTD Pertanian Lanbow, Kecamatan Laguboti, Selasa (24/11/2020).

Acara penyerahan tersebut dipimpin Plt Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Toba, Jerri Silaen, didampingi Wakil Ketua DPRD Chandrow Manurung SH dan Hendri Tambunan–anggota DPRD dari Partai NasDem.

Kegiatan ini juga diikuti anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem Martin Manurung secara virtual bersama perwakilan Kementerian Pertanian RI, dari Jakarta.

Bantuan hand tractor tersebut dipelopori Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung SE MA, bekerjasama dengan Pemkab Toba melalui Bupati Ir Darwin Siagian.

Plt Kadis Pertanian Toba Jerri Silaen mengatakan, para penerima bantuan sebelumnya sudah resmi terdaftar di aplikasi Kementerian Pertanian RI sebagai kelompok tani penerima bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) TA-2020.

Jerri menyebutkan, ada sebanyak 880 kelompok tani yang terdaftar di Pemkab Toba. Namun yang mendapat bantuan hingga saat ini masih 200 unit hand tractor.

“Persyaratannya perkelompok tani paling tidak harus memiliki rata-rata luas lahan pertanian potensial mencapai 20 Ha. Dengan data tersebut sebenarnya ,masih banyak kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan peralatan pertanian,” katanya.

Ia pun berharap, ke depannya pemerintah pusat melalui kementerian atau lembaga terkait bisa memberikan dan menambahkan bantuan peralatan Alsintan bagi kelompok yang belum mendapatkan.

“Melalui bantuan ini diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah para petani dalam pengelolaan lahannya,” imbuh Jerri.

Bantuan ini, sebut Jerri, tidak dikenakan beban biaya apapun. Oleh karenanya, sesuai arahan Kementerian Pertanian RI dan Martin Manurung, para kelompok tani penerima Alsintan harus melengkapi semua data masing-masing anggota kelompok, luas dan hasil capaian pengelolaan lahan pertanian setiap musimnya.

“Hal ini untuk mempertanggungjawabkan ketepatan sasaran penerima bantuan serta capaian hasil bantuan pada penggunaan Alsintan bagi masyarakat petani. Karena bantuan diberikan bertujuan untuk menunjang peningkatan taraf hidup perekonomian masyarakat petani di desa pada sektor usaha pertanian,” katanya kepada awak media.

Sementara itu, Chandrow Manurung SH menyampaikan, bantuan hand tractor diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat petani dalam upaya pengelolaan lahan pertanian.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung dalam sambutannya secara virtual mengatakan, agar bantuan peralatan tersebut dimanfaatkan dengan tepat guna dan jangan sampai diperjualbelikan.

“Bantuan diberikan dengan cuma-cuma tanpa ada kutipan biaya apapun kepada kelompok tani penerima bantuan Alsintan. Untuk itu,gunakan dan rawatlah dengan baik demi kepentingan kalian secara bersama sama dalam kelompok,” katanya.

“Saya berharap dan menghimbau hand tractor yang sudah diterima jangan dimonopoli oleh ketua atau pengurus kelompok tani. Harus digunakan secara bersama-sama oleh seluruh anggota. Untuk pemeliharaan dan perawatannya juga harus secara bersama-sama dengan perjanjian dan kesepakatan bersama oleh semua anggota kelompok,” pungkasnya. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

15 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

15 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago