Categories: Metro 24 Jam

Ujicoba Pembangunan Saluran Drainase di Huta III Sidahapintu Sipangan Bolon Mekar

Pemerintah Nagori Sipangan Bolon Mekar menganggarkan Dana Desa sebesar Rp125.040.096 untuk pekerjaan saluran drainase sepanjang 241 meter di Huta III Sidahapintu. Untuk memastikan pekerjaan berjalan dengan baik, dilaksakan ujicoba atau trial pembangunan, Senin (23/11/2020).

Kegiatan dihadiri Kasi Trantip Nelson Sinaga SH; Kapolsek Parapat Iptu Hosea Ginting didampingi Bhabinkamtibmas Brigadir Kristop H Sinaga; Pangulu Sipangan Bolon Meka Jahitan Sinaga, Babinsa Koramil/11 Parapat Serka Hery Donal Sinaga, Pendamping Desa Teknik Nelson Nainggolan, Pendamping Lokal Desa Naot Simbolis, Ketua Maujana Pend Sinaga serta Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK ) Hendri Sinaga, serta tokoh-tokoh lainnya.

Di lokasi, Nelson Nainggolan menjelaskan, pengerjaan saluran drainase sudah sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis).

“Ini telah di desain sesuai dengan bestek, dan analisanya pekerjaaan ini berdasarkan padat karya tunai, di mana dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat, dengan pengerjaan 241 meter. Target pelaksanaan 60 hari, dengan sumber Dana Desa (DD) dari Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, TA 2020, sebesar Rp125 juta,” jelasnya.

Nelson menambahkan, kegiatan trial dilakukan agar pekerja dan masyarakat mengetahui dimensi pekerjaan di lapangan dan campuran bahan material.

“Parit draianase belum terpelihara secara maksimal. Karena itu diminta pangulu selaku pemerintah setempat supaya mengajak warganya untuk bergotong-royong membersihan saluran drainase,” lanjutnya.

Sementara itu, Pangulu Raja Jaihutan Sinaga berjanji akan mengajak warganya bergotong-royong merawat rabat beton dan parit drainase yang telah selesai.

“Setelah selesai, kita akan ajak masyarakat untuk gotong-royong supaya dirawat parit drainase dan rabat beton yang telah selesai, sehingga proyek ini tetap terpelihara dengan baik,” ungkap Jaihutan. (*)

Recent Posts

Berhasil Curi Honda Supra, 2 Pria Ini Lebaran di Sel Polisi Plus Masing-masing Sebutir Peluru

Dua orang pria terpaksa dilumpuhkan tekab Polsek Medan Baru. Pasalnya, kedua sohib itu nekat melawan…

8 jam ago

Benda Mirip Mortir Ditemukan di Hatonduhan

Huta VIII, Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun mendadak ramai, Selasa (13/4/2021) sekira pukul…

9 jam ago

Polisi Jaga Ketat Pencairan Dana UMKM di Pematang Siantar

Personel Sat Sabhara Polres Pematang Siantar, melakukan penjagaan dan pengawasan ketat pencairan dana Usaha Menengah…

9 jam ago

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

13 jam ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

18 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

18 jam ago