Categories: Metro 24 Jam

Pengedar Sabu Rambung Merah Diciduk, Jaringan Lapas-Tapian Dolok Belum Tersentuh

Satuan Reserse Narkoba Polres Simalungun menangkap pengedar sabu-sabu Bambang Rianto alias Tolet (37), di kediamannya di Huta IV, Nagori Karang Bangun, Kecamatan Siantar, Kamis (19/11/2020) sekira pukul 17.00 Wib.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK dalam keterangannya melalui Kasubbag Humas AKP Lukman Hakim Sembiring SH, Jum’at (20/11/2020) mengatakan, penangkapan Rianto dilakukan setelah Sat Resnarkoba menerima informasi masyarakat melalui ‘Aplikasi Horas Paten’

Dari tangan tersangka Rianto, polisi menyita barang bukti sabu-sabu sebanyak 80 paket seberat 31,79 gram, berikut sebuah dompet dan ponsel merk Samsung.

Kepada polisi, Rianto mengaku mendapatkan sabu-sabu tersebut dari kawasan Sei Sikambing, Kota Medan.

“Kami juga mendalami adanya dugaan anggota jaringan narkoba lainnya yang disebut tersangka,” katanya.

Sejumlah warga mengapresiasi kinerja Satuan Narkoba Polres Simalungun, di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Agus Waluyo SIK. Meski begitu, warga tetap berharap peredaran narkoba menjadi perhatian utama Polres Simalungun.

Pasalnya, banyak lokasi peredaran narkoba belum tersentuh. Seorang warga mengatakan, salah satunya adalah di kawasan Lorong 7 Kecamatan Tapian Dolok.

Pria berinisial OK disebut menjadi ‘penguasa’ peredaran barang haram itu di sana.
Sudah menjadi rahasia umum bagi kalangan remaja di sana selama ini, sabu-sabu yang biasa diistilahkan dengan ‘buah’, bisa didapat dengan mudah dari OK.

Bahkan, menurut warga itu, OK secara terang-terangan menjajakan sabu-sabu dagangannya kawasan itu.

“Dia (OK), ini bebas berkeliaran mengedar sabu-sabu di Tapian Dolok. Omsetnya saja bisa mencapai Rp20-30 juta, untuk siang saja, belum sore sampai malam,” sebut warga, kepada Metro24jam.com.

OK disebut-sebut merupakan anggota dari jaringan inisial NS, salah seorang narapidana yang masih mendekam di dalam lembaga pemasyarakatan (Lapas).

“Si NS ini mengendalikan operasi melalui HP dari dalam Lapas,” katanya.

Untuk di kawasan Simalungun, sabu dari dalam Lapas saat ini dikendalikan pria inisial AS yang disebut berada di kamar tahanan di AA6. AS dibantu anggotanya CT dan AM yang ‘menginap’ di kamar Ambarita dan Enggang 5.

“AS ini kaki tangan NS yang pernah mendekam di Lapas Klas IIA Pematang Siantar ini. Sekarang dia masih ditahan di Lapas Tanjung Gusta,” bebernya.

Warga pun berharap agar polisi bisa berkoordinasi dengan BNNK untuk menangkap para bandar narkoba di Simalungun.

“Kalau yang di ‘dalam’ itu tak diberantas, pengedar di luar ini tetap aja berkeliaran,” sebut sumber kepada Metro24jam.com.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo SIK ketika dikonfirmasi melalui Kasat Resnarkoba AKP Adi Haryono mengatakan akan berkoordinasi dengan pihak Lapas.

“Oke bang. Makasih infonya. Akan kami koordinasikan dengan pihak Lapas,” katanya.

Terkait maraknya peredaran sabu di Kecamatan Tapian Dolok, mantan Kasat Resnarkoba Polres Tanjungbalai itu mengaku sudah mendapat informasi tersebut.

“Sudah dapat info juga kita. Tapi hasil lidik, sesuai nama OK belum dapat info akurat,” sebutnya via WhatsApp, Jum’at (20/11/202) malam.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Pematang Siantar, Rudy Fernando Sianturi, hingga saat ini belum dapat dikonfirmasi terkait dugaan peredaran narkoba di dalam Lapas tersebut.

Ketika dikonfirmasi melalui Humas Daniel Sitindaon, terkait keberadaan ketiga napi yang disebutkan warga, Sabtu (21/11/2020), tidak diperoleh jawaban. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

5 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

22 jam ago