Categories: Metro 24 Jam

Peduli Kemanusiaan, Karyawan PT Aquafarm Nusantara Donor Darah

Puluhan karyawan PT Aquafram Nusantara mendonorkan darah di kantor perusahaan tersebut di Ajibata, Kabupaten Toba, Jum’at (20/11/2020).

Manager Quality, Budi Syahputra, didampingi Manager Kasan menjelaskan, kegiatan donor darah atas inisiatif para karyawan PT Aquafram Nusantara didasari peduli kemanusiaan.

“Kegiatan donor darah ini melibatkan kolega, stakeholder, karyawan PT AN, masyarakat dan rekanan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Kegiatan ini bukan program dari kantor pusat, tapi hanya antusias karyawan. Karena kita tau, di masa pendemi Covid-19, PMI kekurangan kantong darah,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan donor darah serupa akan dilakukan oleh karyawan dan manajemen perusahaan secara rutin.

“Kami merencakan kegiatan donor darah 3 bulan sekali, atau seratus hari. Mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa menjadi program lanjutan bagi perusahan melalui Manajer Komoditi,” harap Budi.

Sementara itu, Manager HRD, Manurung menambahkan, jumlah keseluruhan karyawan PT AN untuk operasi Kantor di Ajibata ada sebanyak 460 orang.

“Jumlah karyawan PT AN sebanyak 460 orang. Karyawan lokal sekitar 90 persen, kemudian diposisikan di Huta Simalombu, Huta Sirukungon, Huta Pangambatan dan di Kantor Ajibata,” jelas Manurung.

Terpisah, Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pematang Siantar, dr Rajin Saragih mengakui bahwa stok darah di PMI Kota Pematang Siantar mengalami kekurangan di masa pendemi Covid-19.

“Hampir di seluruh PMI se-Indonesia. Untuk mengatasi kehabisan darah, kita sarankan keluarga pasien membawa pendonor. Selain itu PMI juga menjalin kerjasama dengan kominitas, misalnya seminari, kepastoran yang siap donor apabila pasien tidak punya keluarga untuk diambil darahnya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, masyarakat yang sering mendonorkan darah akan mendapat manfaat untuk kesehatan. “Sesuai aturan, 1 x 3 bulan sebaikan dilakukan donor darah, lalu sel tubuh akan berproduksi kembali, intinya sangat bermamfaat menolong sesama,” ucap dr Saragih.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Pematang Siantar, dr Abadi Sinaga menjelaskan, kegiatan tersebut murni atas pemintaan karyawan PT AN.

“Setiap satu peserta diambil darahnya 300 cc, kemudian darah pendonor diperiksa ulang di laboratorium. Jika sudah aman, lalu darah diserahkan bagi pasien yang membutuhkan,” katanya.

dr Abadi Sinaga menambahkan, bahwa pihaknya berharap bantuan para insan pers agar dapat menysoisasikan donor darah 1 x 3 bulan kepada masyarakat. Demi membantu keselamatan orang lain, tapi tetap diterapkan protokol kesehatan,” pungkas dr Abadi. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

15 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

15 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago