Categories: Metro 24 Jam

Survey Cepat Roda Tiga Konsultan, Akhyar – Salman Ungguli Bobby – Aulia Rahman

Pemilihan Kepala Daerah akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada 9 Desember 2020 mendatang. Salah satu daerah yang melakukan hajatan demokrasi ini adalah Kota Medan.

Kontestasi politik memperebutkan posisi Walikota dan Wakil Walikota Medan ini diikuti oleh 2 pasangan calon, yaitu Ir H Akhyar Nasution MSi – H Salman Alfarisi Lc MA dengan nomor urut 01.

Sedangkan pasangan kedua, dengan nomor urut 02, yaitu Muhammad Bobby Afif Nasution dan H Aulia Rachman SE.

Roda Tiga Konsultan sebagai lembaga yang memiliki visi membantu terciptanya budaya politik demokrasi Indonesia yang maju dan modern, telah melakukan Survei cepat di Kota Medan.

“Survei cepat ini dilakukan pada tanggal 8 sampai 11 November 2020, dengan melibatkan 810 responden yang tersebar di seluruh kecamatan di Kota Medan secara proporsional, sehingga Margin of Error (MoE) di kisaran 3.53% dengan Confidence Level 95%,” kata Direktur Riset Muhammad Taufiq Arif, dalam siaran pers yang diterima Metro24jam.com, Jum’at (20/11/2020) pukul 16.19 Wib.

Muhammad Taufiq Arif menjelaskan, survei yang dilaksanakan Roda Tiga Konsultan meminta responden untuk melakukan simulasi pencoblosan surat suara spesimen.

“Hal ini bertujuan untuk melihat preferensi pemilih terhadap kedua pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Medan,” katanya.

Dari hasil simulasi tersebut, pasangan Akhyar-Salman dikatakan meraih nilai elektoral 53,1%, sedangkan Bobby-Aulia Rachman hanya 37,3% dan sisanya 9,6%, menolak melakukan simulasi.

Selain melakukan simulasi surat suara, Muhammad Arif menjelaskan, bahwa dalam survei tersebut juga ditanyakan langsung kepada responden, ‘Jika pemilihan dilaksanakan pada hari ini, siapa yang akan dipilih dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan?’.

“Hasilnya tidak begitu berbeda dengan hasil simulasi pasangan nomor urut 01 meraih nilai elektoral yang konsisten dengan hasil simulasi 53,1% sementara pasangan nomor urut 02 meraih nilai elektoral 37,9%, terpaut gap 15,2%
dengan pasangan no urut 01,” jelasnya.

Sedangkan sisanya menjawab rahasia 7,3% dan tidak tahu/tidak menjawab 1,7%.

Survei ini juga mengukur strong voters kedua pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Medan.

“Dari 53,1% nilai elektoral pasangan nomor urut 01, sebanyak 51,5% di antaranya mengatakan yakin atas pilihannya tersebut, sisanya 1,6% mengatakan belum yakin atau masih ragu dengan pilihannya,” rincinya.

Sementara untuk pasangan nomor urut 02, dari nilai elektoral 37,9%, sebanyak 35,8% menyatakan sudah yakin dengan pilihannya dan sisanya 2,1 persen masih
ragu atau belum yakin dengan pilihannya tersebut. (*)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

14 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

14 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago