Categories: Metro 24 Jam

Belum Ditindak, Gudang Diduga Oplos CPO di Kerasaan Rejo Masih Bebas Beroperasi

Gudang di Jalan Asahan, Kampung 6, Nagori Pematang Kerasaan Rejo, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun, yang diduga menjalankan praktik pengoplosan minyak sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO), hingga saat ini masih terlihat bebas beroperasi.

Pasalnya truk-truk tangki pengangkut CPO terus saja terlihat hilir mudik memasuki areal gudang yang disebut milik seorang pria turunan Tionghoa itu.

Belasan truk tangki CPO, diduga secara rutin membuang muatan atau biasa disebut ‘kencing’ dan ‘cuci perut’ oleh warga setempat di gudang tersebut.

Pantauan Metro24jam.com di sekitar lokasi, Rabu (11/11/2020), sejumlah truk tangki pengangkut CPO hendak melanjutkan perjalanan, setelah memasuki gudang.

“Pas kali ini hujan, banyak lah yang masuk ini. Sudah nggak ada sedikit pun takut supir-supir itu ketahuan dari pihak perusahaan dan polisi. Tapi ada juga yang langsung [jalan], tapi pasti lempar, istilahnya uang lintas, berarti dia ngak pinjam uang (utang),” jelas seorang warga di sekitar lokasi.

Beberapa warga mengaku cukup heran, karena meski gudang penampungan CPO itu berada tidak tidak jauh dari Mapolsek Perdagangan, tapi belum sekalipun mendapat penindakan atau pemeriksaan dari pihak kepolisian.

“Ini kan membuat timbulnya dugaan-dugaan bahwa oknum pengusaha gudang ini ‘ada main’ dengan sejumlah oknum aparat. Atau memang polisi sudah tidak peduli lagi dengan hal-hal begini, sehingga usaha yang diduga ilegal ini bisa berjalan cukup lama,” ketus warga lainnya.

Informasi yang berhasil dihimpun, bos sindikat distributor CPO diduga ilegal itu adalah pria bernisial RML yang berdomisili di Kabupaten Batubara dengan pelaksana lapangan berinisal HDR di Kisaran.

“Kalau pengawalnya (pengawas) lapangan, orang dari Kecamatan Bandar ini, Pak J, dia oknum aparat tugas di Siantar,” ungkap warga.

Diberitakan sebelumnya, para sopir truk pengangkut CPO yang sudah ditentukan diwajibkan masuk ke gudang ketika melintas di kawasan tersebut.

Di dalam gudang, sejumlah CPO yang dibawa akan dikeluarkan dan digantikan dengan cairan pengganti yang biasanya adalah POME (Palm Oil Mills Effluent).

POME sebenarnya adalah limbah yang masih mengandung minyak sawit. Namun dari pabrik, cairan ini biasanya dibuang atau akan diolah ulang untuk kegunaan lain, seperti biogas dan pupuk organik.

“Kegiatan ini sebenarnya sudah lama, tapi sempat berhenti, terus buka lagi kira-kira Juni 2020 lalu. Selama itu pula, nggak pernah lagi ditindak. Bebas aja truk tangki itu keluar masuk ke gudang itu,” ungkap warga tersebut.

Terkait dugaan praktik pengoplosan ini, Kapolsek Perdagangan AKP Josia Simarmata SH ketika dikonfirmasi, terkesan enggan memberikan penjelasan.

Ketika dikonfirmasi melalui pesan aplikasi WhatsApp, Rabu (11/11/2020) sore, perwira dengan 3 balok emas di pundak, kemudian kembali menghubungi awak media i.

Namun kemudian, sambungan panggilan dari WhatsApp terputus. AKP Josia Simarmata kembali mengirimkan pesan. “Signal kurang bagus pak,” sebutnya. (*)

BACA JUGA:
Tak Pernah Ditindak, Gudang CPO Diduga Ilegal di Kampung 6 Kerasaan Rejo Bebas Beroperasi

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

22 jam ago