Sabtu, 8 Mei 2021 | 15.36 WIB
Banner Advertnative
Metro24Jam>News>Di Masa Pandemi Covid-19, Siswa di SDN 091470 Sibaganding Masih Dikutip Biaya Rp20/Bulan

Di Masa Pandemi Covid-19, Siswa di SDN 091470 Sibaganding Masih Dikutip Biaya Rp20/Bulan

Reporter : Heryanto Silalahi | Kamis, 12 November 2020 - 15:08 WIB

IMG-101744
AdvertNative 160×600

PARAPAT, metro24jam.com – Sejumlah orangtua dari pelajar SD Negeri 091470 Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, merasa keberatan dengan kebijakan yang dilakukan sekolah teresbut saat ini.

Para orangtua tersebut resah, karena sekolah yang dipimpin Juneti Marpaung tersebut masih mengutip biaya tambahan sebesar Rp20.000 per bulan dari tiap siswa di masa pandemi Covid-19 ini.

Pengutipan uang dengan alasan sudah disepakati oleh Komite Sekolah untuk membantu gaji honor dan operator di SD tersebut.

Hal itu disampaikan salah satu orangtua siswa bernisial TS di Sibaganding.

“Sebelum Covid-19, memang ada rapat dibuat Komite dan disepakati dikutip dari siswa Rp20.000 per bulan untuk membantu gaji honor. Sekarang ini kan anak-anak terpaksa belajar di rumah, namun kutipan terus berjalan. Kami orangtua siswa keberatan lah, apalagi ekonomi sekarang sangat sulit,” katanya saat disambangi di kediamannya, Kamis (12/11/2020).

Kepala SD Negeri 091470 Sibaganding Juneti Marpaung saat dikonfirmasi membernarkan adanya pengutipan tersebut.

“Itu hasil keputusan orangtua siswa bersama Komite, bukan kutipan oleh pihak sekolah. Uang yang dikutip Rp20.000 per bulan itu untuk membayar gaji 3 orang dan satu operator,” paparnya.

Juneti Marpaung juga menjelaskan bahwa yang melakukan pengutipan dari uang dari siswa adalah oknum guru honorer di sekolah tersebut.

“Yang meminta uang dari siswa adalah honor kita. Uang Rp20.000 per bulan dari satu Kepala Keluarga (KK), bukan per siswa, kemudian dibagi untuk 4 orang guru honor dan operator,” urainya.

Terpisah, Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Girsip, Ramsyah Sirait, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan belum mengetahui adanya kutipan dimaksud.

Ia berjanji akan segera dilakukan pemanggilan kepada kepala sekolah dan Komite.

“Saya belum tau ada kutipan itu. Sesuai aturan, kepala sekolah tidak dibenarkan melakukan kutipan terhadap siswa. Meski demikian, kita akan panggil oknum kepala sekolah dan Komite. Apalagi di masa pendemi ini, pemerintah telah membantu anak siswa untuk pulsa,” jelas Ramsyah.

Ia menambahkan, jika pun memang ada kutipan hasil kesepakatan, yang berhak mengelola dana adalah Komite Sekolah, bukan pihak sekolah.

“Tidak dibenarkan kepala sekolah dan jika orangtua merasa keberatan tidak bisa dipaksakan,” tandas Ramsyah. (*)

KOMENTAR ANDA
AdvertNative Bottom Desktop
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut dan Pangdam I/BB Tinjau Penertiban KJA di Humbahas

Kapolda Sumut Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin meninjau penertiban Keramba Jaring Apung ...
Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Tagih Utang Chips Game Online Dibayar ‘Bogem Mentah’, Pemuda Siantar Ini Lapor Polisi

Rahman (25), warga Jalan Lapangan Bola Bawah, Kelurahan Pardamean, Siantar Marihat, mendatangi Mapolres Pematang Siantar, Jum'at (7/5/2021) dengan kondisi wajah ...
Kapolres Boy dan  Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres Boy dan Ny Fifi Bagi Parsel serta THR untuk Wartawan Unit Polres Siantar

Kapolres AKBP Boy Sutan Binanga Siregar dan Ketua Bhayangkari Cabang Pematang Siantar Ny Fifi Boy Siregar membagikan bingkisan parsel Paket ...
Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forkopimda dan Tokoh Agama Deliserdang Bahas Penyebaran Covid-19

Forum Komunikasi pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah pimpinan Ormas serta tokoh agama membahas sosialisasi tentang penerapan Protokol Lesehatan dan pencegahan ...
Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Dukung Program Jum’at Bersih Bupati, Camat dan Direktur RSUD Parapat Ajak Staf Gotong-royong

Mendukung program Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Wakil Bupati Zonny Waldi, Camat Girsang Sipangan Bolon dan Direktur RSUD Parapat mengajak ...
Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Belum Difungsikan, Bupati Radiapoh Tinjau Balai KIR Dishub Simalungun

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dan rombongan meninjau Balai Pengujian Kenderaan Bermotor Dinas Perhubungan di Komplek Perkantoran Pemkab Simalungun, Jalan ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
AdvertNative 320 x 200