Categories: Metro 24 Jam

2 Jaringan Narkoba Antar Provinsi Diungkap, 151 Kg Sabu dan 58.241 Ekstasi Dimusnahkan, Kapolda: Bantu Kami Informasi

Personel Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara berhasil mengungkap 2 peredaran sabu-sabu jaringan Aceh – Sumut dan Aceh – Sumut – Jambi belum lama ini.

Kapolda Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi mengatakan, dari hasil pengungkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan 7 tersangka serta sabu-sabu seberat 14,82 kilogram.

“Secara pribadi saya meminta tolong kepada rekan media dan masyarakat, bahwa sekarang Sumut bukan lagi tempat persinggahan, namun sudah menjadi pasar pengedaran narkotika,” kata orang nomor satu di Polda Sumut itu.

Ia meminta media bisa mengedukasi masyarakat agar mau melapor ke BNN atau ke Narkoba Polda Sumut jika mengetahui adanya peredaran narkoba.

“Agar segera dilakukan penindakan untuk melindungi generasi muda,” sebut mantan Kapolda Papua itu.

Irjen Martuani juga menegaskan bahwa orangtua harus melindungi generasi penerus dari bahaya narkotika.

“Sekali lagi saya tekankan, mari bantu BNN dan Polda Sumut untuk memberantas narkotika. Karena kami membutuhkan infomasi dari masyarakat,” katanya.

Selanjutnya, petugas Bid Labfor Polda Sumut memeriksa keaslian barang bukti yang disita.

Paparan pengungkapan jaringan pengedar narkoba itu kemudian dirangkai dengan pemusnahan barang bukti tangkapan selama periode September – Oktober 2020.

Kapolda Irjen Martuani mengatakan, seluruh barang bukti yang dimusnahkan merupakan pengungkapa dari 31 Kasus yang akan diserahkan ke kejaksaan, dengan jumlah tersangka 53 orang terdiri dari 51 laki-laki dan 2 perempuan.

“Dari 53 tersangka yang dilakukan tindakan tegas terukur sebanyak 2 orang tersangka laki-laki akibat melawan petugas saat dilakukan penangkapan,” katanya.

Adapun barang bukti Narkotika adalah jenis sabu-sabu seberat 151.714,02 (gram), pil ekstasi 58.241 butir dan 81,71 kilogram ganja.

Martuani menjelaskan, beberapa dari tangkapan narkotika jenis ganja tersebut adalah tanaman masyarakat yang ditemukan di daerah Madina dan Tanah Karo.

“Sekali lagi saya tekankan, masyarakat harus ikut berpartisipasi memberikan informasi penyalahgunaan narkotika. Ini semua demi keselamatan para penerus bangsa kita agar jangan sampai hancur karena barang haram ini,” tegasnya.

Pemusnahan barang bukti dilakukan lewat mobil insinerator milik BNNP Sumut oleh Kapolda Irjen Martuani Sormin, KA BNNP Sumut dan perwakilan kejaksaan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Waka Polda Brigjen Dadang Hartanto, Irwasda dan Pejabat Utama Polda Sumut, Ka BNNP Sumut, mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut, Kepala Bea Cukai Bandara Kuala Namu Internasional dan sejumlah perwakilan LSM Anti Narkoba. (*)

Recent Posts

Berhasil Curi Honda Supra, 2 Pria Ini Lebaran di Sel Polisi Plus Masing-masing Sebutir Peluru

Dua orang pria terpaksa dilumpuhkan tekab Polsek Medan Baru. Pasalnya, kedua sohib itu nekat melawan…

8 jam ago

Benda Mirip Mortir Ditemukan di Hatonduhan

Huta VIII, Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun mendadak ramai, Selasa (13/4/2021) sekira pukul…

9 jam ago

Polisi Jaga Ketat Pencairan Dana UMKM di Pematang Siantar

Personel Sat Sabhara Polres Pematang Siantar, melakukan penjagaan dan pengawasan ketat pencairan dana Usaha Menengah…

9 jam ago

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

14 jam ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

18 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

18 jam ago