Categories: Metro 24 Jam

Misi Kota Wisata Kuliner, Camat Lubukpakam Gagas Asosiasi Pengusaha Cafe dan Resto

Pemerintah Kecamatan Lubukpakam bersama melaksanakan pertemuan menyatukan persepsi dan pembentukan wadah bersama sejumlah pemilik Cafe dan Resto di Uncle Sams Cafe, Jalan Diponegoro, Kelurahan Lubukpakam Pekan, Selasa (10/11/2020) malam.

Hadir pada acara tersebut Camat Kurnia Boloni Sinaga SSTP, Kasi Trantib Rikardo SSos, Kasi Kesos Rudi Melyadi, Ketua KONI Deliserdang Khairul Siregar, Kepala Cabang Bank Sumut Lubukpakam, Erwinta Siregar bersama Kepala Seksi Pemasaran Ibnu, serta Ketua Paguyuban Pedagang Ir Mindo RH Siahaan.

Camat Kurnia dalam sambutannya mengatakan, pertemuan itu bertujuan menindaklanjuti hasil perbincangan dengan beberapa pemilik cafe sebelumnya serta untuk mewujudkan misi khusus menjadikan Lubukpakam sebagai Kota Wisata Kuliner.

“Ada indikasi berbagai macam faktor yang berkembang di wilayah Lubukpakam, khususnya Bandara Kuala Namu, bila berfungsi normal, kapasitasnya yang besar dan akan ada grafik pergerakan orang untuk datang ke kota Lubukpakam,” kata Camat Kurnia.

Selain itu, lanjutnya, dengan dibangunnya Sport Center di Lubukpakam akan membuat ibu kota kabupaten Deliserdang tersebut harus terus berbenah.

“Sudah setahun kita bentuk paguyuban dan sudah beberapa pertemuan dengan membahas dan memberikan info gizi setiap kuliner. Lubukpakam terus berbenah dengan merapikan pedagang dan saat ini masih terus berjalan, yang tujuannya untuk daya tarik pengunjung untuk datang ke sini,” imbuh Camat Kurnia.

“Untuk itu kita kumpulkan pengusaha demi mencari kuliner yang akan menjadi ciri khas Lubukpakam. Dan ini menjadi rumusan bersama agar Lubukpakam memiliki daya tarik terhadap pengunjung,” lanjutnya.

Camat Kurnia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang merealisasi peletakan 10 ribu pot bunga dari ban bekas serta pembuatan 100 mural.

“Bila semua komponen bergerak, Lubukpakam pasti berubah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank Sumut Lubukpakam, Erwinta Siregar, yang merupakan putra kedua dari mantan Camat Lubukpakam, Daim Siregar, mendukung penuh program yang digagas Camat Kurnia Boloni Sinaga.

Ia juga memperkenalkan produk terbaru Bank Sumut yaitu KUR Super Mikro dengan plafon Rp10 juta tanpa agunan, serta pembayaran bunga rendah karena disubsidi pemerintah.

“Kami menyalurkan Kredit Super Mikro dan sudah berkoordinasi dengan ketua paguyuban untuk memulihkan ekonomi para pedagang yang saat ini,” katanya.

Erwinta menjelaskan, saat ini Bank Sumut sudah membina sejumlah pengusaha kuliner kopi, makanan serta batik di Kota Medan.

“Bank Sumut bukan sekedar bisnis, tetapi dapat bekerj sama untuk memfasilitasi,” katanya.

Selanjtnya, Kasi Pemasaran Bank Sumut Lubukpakam Ibnu memaparkan sejumlah persyaratan untuk menjadi merchant.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab antara para pengusaha kuliner dengan camat dan Kepala Cabang Bank Sumut Lubukpakam.

Pada kesempatan tersebut akhirnya disepakati pembentukan wadah pengusaha Cafe dan Resto di Lubukpakam.

Mari kita bentuk wadah ini dan untuk bekerjasama dengan travel dan pemerintah untuk dapat melintasi atau mengunjungi kota Lubukpakam
– Untuk kedepanya ayo kita bentuk wadah ini agar dapat menentukan visi dan misi untuk menciptakan Lubukpakam lebih bersinar di sisi kulinernya

Ketua Paguyuban Pedagang Kaki Lima, Ir Mindo Siahaan, mengaku sangat mengapresiasi program dan ide Camat Kurnia Boloni Sinaga merangkul pedagang kaki lima serta membentuk paguyuban pedagang.

“Kita ingin kota Lubukpakam berubah, karena kota Lubukpakam ibukota kabupaten. Dengan dukungan Camat Lubukpakam, saya mau menjadi ketua paguyuban dan dengan teknik Camat Lubukpakam ini, merubah dari bawah baru beranjak ke atas,” katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemilihan pengurus ‘Asosiasi Pedagang Cafe dan Resto Lubukpakam’. Adapun para pengurus yang terpilih yakni, Ketua, M Syam NST (Uncle Sams), Wakil Ketua Madin (Kopi Tanggi) dan Iqbal (Kantin Siang Malam), Sekretaris, Wawan (Thaichan Thamrin), Wakil Sekretaris, Desy (Dezu Coffee Resto) serta Bendahara, Sri Pertama Dewi (Sembekah 2 Cafe). (*)

Recent Posts

Berhasil Curi Honda Supra, 2 Pria Ini Lebaran di Sel Polisi Plus Masing-masing Sebutir Peluru

Dua orang pria terpaksa dilumpuhkan tekab Polsek Medan Baru. Pasalnya, kedua sohib itu nekat melawan…

7 jam ago

Benda Mirip Mortir Ditemukan di Hatonduhan

Huta VIII, Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun mendadak ramai, Selasa (13/4/2021) sekira pukul…

8 jam ago

Polisi Jaga Ketat Pencairan Dana UMKM di Pematang Siantar

Personel Sat Sabhara Polres Pematang Siantar, melakukan penjagaan dan pengawasan ketat pencairan dana Usaha Menengah…

8 jam ago

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

13 jam ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

17 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

18 jam ago