Categories: Metro 24 Jam

Kapolres Siantar Pimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penggulangan Bencana 2020

Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Kota Pematang Siantar digelar di Lapangan H Adam Malik, Selasa (10/11/2020) pagi.

Kapolres Pematang Siantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar bertindak sebagai pimpinan Apel dengan Komandan Apel, Kasat Sabhara AKP Muri Asnal, Perwira Apel AKP Masko Sembiring.

Kapolres Boy dalam sambutan dan arahannya mengatakan, sejak disahkannya UU No. 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana pada 26 April 2007, maka terjadi perubahan paradigma penanggulangan bencana dari perspektif responsive ke preventif.

“Perubahan paradigma tersebut harus diikuti dengan perubahan pola perilaku kita, di mana kita perlu berperan aktif dari berbagai elemen untuk menjaga keseimbangan alam dengan memperhatikan aspek kelestariannya serta mempunyai perilaku yang aman bencana (savety culture),” sebut Kapolres Boy membacakan sambutan tertulis Walikota Pematang Siantar.

Sikap kesiapsiagaan atau kewaspadaan dini di semua lingkungan harus dimunculkan dan ditingkatkan untuk mengantisiapsi terjadinya bencana, setidaknya dapat menanamkan kesiapan mental pada diri masyarakat yang menghadapinya.

“Melalui apel gabungan siaga bersama Penanggulangan Bencana Kota Pematang Siantar tahun 2020 ini, saya berharap kepada kita semua, pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha serta pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan cuaca ekstrim serta potensi bencana. Dan yang terpenting, kita hadir di tengah-tengah masyarakat bila terjadi bencana,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini saya juga mengajak kita semua, diera pandemi covid 19 untuk tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan seraya berdoa kiranya pandemi covid 19 ini dapat segera berlalu ditengah tengah kita.

Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kota Pematang Siantar turut dihadiri Forkopimda, Kapolsek se-jajaran Polres Pematang Siantar beserta stakeholder terkait.

Sejumlah kendaraan dinas dan peralatan pendukung dalam penanganan bencana juga turut digelar. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

22 jam ago