Categories: Metro 24 Jam

Forkopimda Simalungun Gelar Apel Pasukan Operasi Aman Nusa II Toba 2020

Forkopimda Simalungun menggelar apel pasukan Operasi Kontijensi Kesiapan Penanganan Bencana Alam Aman Nusa II Toba 2020, di halaman Mapolres Simalungun, Senin (9/11/2020).

Bupati Simalungun JR Saragih bertindak selaku inspektur upacara pada apel yang dihadiri Kapolres AKBP Agus Waluyo, Dandim 0207/SML dan pimpinan OPD Pemkab Simalungun.

Dalam arahannya, Bupati JR Saragih mengatakan, tujuan apel adalah melihat kesiapan personel gabungan TNI/Polri, BPBD, Basarna dan instansi terkait beserta peralatann dalam mengantisipasi bencana alam di Kabupaten Simalungun.

“Saat ini, kita berada di ujung Tahun 2020, yang biasanya mengalami curah hujan yang tinggi. Dan sebagian wilayah Simalungun berada pada dataran tinggi,” kata Bupati JR Saragih.

Selain memiliki wilayah dataran tinggi, Kabupaten Simalungun juga memiliki banyak sungai yang berpotensi terjadinya bencana alam. Bahkan, berdasarkan catatan Pemkab Simalungun, pada tahun 2019 terdapat empat kasus banjir besar yang melanda wilayah ini.

“Keterlibatan TNI/Polri secara aktif dalam upaya membantu penanganan bencana, guna melakukan pengamanan dan antisipasi keamanan pengungsi terhadap gangguan dari pihak pihak yang tidak bertanggungjawab,” katanya.

Bupati 2 periode ini kemudian memita seluruh pihak menyatukan tekad dan komitmen dalam rangka penanganan potensi bencana.

Di akhir apel, Bupati JR Saragih, Dandim 0207/SML, Kapolres Simalungun beserta pimpinan instansi terkait melakukan pengecekan kesiapan personel gabungan. (*)

Recent Posts

Berhasil Curi Honda Supra, 2 Pria Ini Lebaran di Sel Polisi Plus Masing-masing Sebutir Peluru

Dua orang pria terpaksa dilumpuhkan tekab Polsek Medan Baru. Pasalnya, kedua sohib itu nekat melawan…

7 jam ago

Benda Mirip Mortir Ditemukan di Hatonduhan

Huta VIII, Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun mendadak ramai, Selasa (13/4/2021) sekira pukul…

8 jam ago

Polisi Jaga Ketat Pencairan Dana UMKM di Pematang Siantar

Personel Sat Sabhara Polres Pematang Siantar, melakukan penjagaan dan pengawasan ketat pencairan dana Usaha Menengah…

8 jam ago

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

13 jam ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

17 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

17 jam ago