Categories: Metro 24 Jam

Utang Melilit, Sewa Kos Nunggak, Warga Pematang Sei Baru Ini Gelapkan Motor Teman

Berpura-pura mengajak minum tuak, pria asal Desa Pematang Sei Baru, Kabupaten Asahan ini berhasil melarikan sepedamotor Honda CB 150 R milik temannya, Senin (26/10/2020) lalu.

Sepekan setelah menikmati uang hasil penjualan sepedamotor tersebut, laki-laki bernama Awaluddin ini akhirnya ditangkap polisi di salah satu kamar penginapan di Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Tanjungbalai.

Awaluddin ditangkap personel Polsek Datuk Bandar berdasarkan Laporan Polisi nomor: LP/97/XI/2020/SU/Res T Balai/Sek Bandar tanggal 04 November 2020, oleh Sofyan (50)–warga Jalan Nelayan, Lingkungan 1, Kelurahan Selat Lancang, Kecamatan Bandar Timur, Kota Tanjungbalai,

Dalam pengaduannya, Sofyan mengatakan, sepedamotor Honda CB 150 R, BK 6745 VAV miliknya telah dilarikan Awaluddin sejak Senin (26/10/2020) sekira pukul 18.00 Wib.

Sebelumnya, Awaluddin menghubungi dirinya agar datang ke warung tuak milik Goluk di Jalan Jati, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar. Tak lama berselang Sofyan pun datang ke warung tersebut mengendarai Honda CB 150 RR warna merah putih, BK 6745 VAV.

“Di warung tersebut sudah ada terlapor duduk bersama dengan saksi M Amin dan juga saksi Goluk,” kata Kasubbag Humas Polres Tanjungbalai Iptu Ahmad Dahlan.

Setelah Sofyan duduk, Awaluddin pun meminjam sepedamotor tersebut dengan alasan hanya sebentar untuk menjemput temannya ke simpang Jalan Jati. Percaya dengan ucapan Awaluddin, Sofyan pun memberikan kunci kontak sepedamotornya.

Namun, setelah ditunggu-tunggu hingga beberapa lama, pria itu tak kunjung muncul kembali. Akhirnya, Sofyan pun terpaksa pulang dengan menumpang betor.

Selama beberapa hari ditunggu, Sofyan akhirnya mendapat informasi dari M Amin tentang keberadaan Awaluddin.

Selanjutnya, Sofyan membuat pengaduan ke Polsek Datuk Bandar, Kamis (04/11/2020) sekira pukul 18.00 Wib dengan menyertakan Surat Keterangan dari PT Dwitunggal Jayalestari yang menerangkan kendaraan tersebut dalam status kredit sebagai barang bukti.

Menerima pengaduan Sofyan, personel Unit Reskrim Polsek Datuk Bandar segera menuju penginapan tempat persembunyian Awaluddin di Jalan Sudirman, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar.

Sesampainya di lokasi, polisi segera menggrebek kamar yang disewa Awaluddin. “Tersangka ditangkap saat sedang tidur di kamar penginapan,” kata Ahmad Dahlan.

Dari tangan Awaluddin, polisi menyita barang bukti uang uang Rp74.000 sisa hasil penjualan sepedamotor milik Sofyan berikut STNK kendaraan tersebut.

“Hasil interogasi, tersangka mengakui perbuatannya telah menggelapkan sepedamotor pelapor. Tersangka juga mengatakan telah menjual sepedamotor tersebut kepada RD seharga Rp.2.500.000 di simpang Batalyon 126/KC depan Singapore Land, Desa Perjuangan, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara,” urainya.

Kepada polisi, Awaluddin mengaku telah menggunakan uang hasil penjualan sepedamotor tersebut untuk membayar utang dan sewa kos serta kebutuhan makan.

“Unit Reskrim Polsek Datuk Bandar masih melakukan pengembangan kasus ini untuk menemukan barang bukti sepedamotor berikut penadahnya,” pungkas Ahmad Dahlan.

Sementara itu, Awaluddin dijerat pasal 372 KUHPidana tentang penggelapan. (*)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

20 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago