Categories: Metro 24 Jam

Wabup Deliserdang Hadiri Penyerahan CSR PLN dan 8 Kunci Rumah Layak Huni di Desa Sialang

Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri penyerahan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT PLN Wilayah I Sumatera Utara serta kunci bedah rumah layak huni kepada delapan kepala keluarga di Desa Sialang, Kecamatan Bangun Purba, Selasa (27/10/2020).

Ikut serta mendampingi Wabup Ali Yusuf dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) Sosial Drs Hendra Wijaya, Kadis Pertanian Kamaludin Ginting dan Kadis Ketenagakerjaan Binsar Sitanggang.

Turut hadir, pimpinan PT PLN Lubukpakam Evan Suseno, Ketua Karang Taruna Sumatera Utara Dedi Dermawan, Ketua Karang Taruna Deliserdang Hendrik Nelson Pasaribu, Camat Raden Mewah dan para kepala desa se Kecamatan Bangun Purba beserta unsur Muspika, serta tokoh masyarakat.

HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya mengapresiasi Karang Taruna Garuda yang ikut aktif membantu pemerintah dan masyarakat.

“Desa Sialang merupakan desa yang menuju Desa Mandiri dan mampu mengatur wilayahnya sendiri. Karena karang taruna mempunyai peran dan fungsinya sendiri dalam keikutsertaannya dalam pembangunan desa yang mandiri,” katanya.

Wabup melanjutkan, mengingat pentingnya peran dan fungsi serta keterkaitannya yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan desa, maka keberadaan karang taruna perlu untuk diperhatikan dan diberdayakan.

“Karena itu, pada tempatnyalah, Pemerintah Kabupaten Deliserdang, mengucapkan terima kasih kepada PLN Wilayah I Sumatera Utara atas bantuan CSR yang diberikan. Ini menunjukkan, bahwa PLN Wilayah I Sumatera Utara memberikan perhatian lebih terhadap generasi muda kita untuk dapat mengembangkan potensi-potensi yang ada,” katanya.

Kepada para anggota karang taruna, Wabup berpesan, agar memanfaatkan dan mengembangkan bantuan yang diberikan untuk kegiatan positif dan produktif.

“Sehingga, karang taruna di tempat ini, dapat menjadi contoh bagi generasi muda lainnya, dalam menciptakan lapangan kerja dan kemandirian usaha,” tandasnya.

“Bersamaan dengan kegiatan penyerahan CSR PLN Wilayah I Sumatera Utara kepada Karang Taruna Garuda Desa Sialang Kecamatan Bangun Purba, hari ini, kita telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan mushola Kantor Camat Bangun Purba,” imbuhnya.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Bangun Purba, Feriandi, juga mengakui bahwa Karang Taruna Garuda berhasil membuktikan eksistensinya.

Kepada PT PLN Wilayah I Sumatera Utara, ia juga memberikan apresiasi dan dukungan atas bantuan dalam bentuk CSR yang diberikan.

“Bantuan dari PT PLN ini cukup membanggakan dan harapannya, semoga program ini dapat berkesinambungan sehingga dapat menciptakan generasi muda yang baik dan generasi yang muda yang berprestasi,” pungkasnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Karang Taruna Deliserdang, Hendrik Nelson Pasaribu.

“Karang Taruna Garuda sangat membanggakan, karena sebagai pemuda tidak berharap hasil yang instan. Karang Taruna Garuda terus berjuang dan berkoordinasi dengan PT PLN untuk mendapatkan hasil seperti pada hari ini,” katanya.

Sementara itu, Manajer PT PLN Lubukpakam Evan Suseno Sirait mewakili PT PLN Wilayah I mengatakan, PT PLN Persero merupakan perpanjangan tangan pemerintah dalam pembangunan di tengah masyarakat.

“Khususnya pada hari ini, PLN memberikan CSR kepada Karang Taruna Garuda Desa Sialang melalui program PLN Peduli. PLN mengaharapkan, dengan adanya program ini akan ada geliat ekonomi dan perbaikan ekonomi, khususnya para pemuda nantinya akan dapat menjadi pelopor dan menjadi pemimpin di masa yang akan datang di Desa Sialang dan Kabupaten Deliserdang,” katanya.

Pada beberapa daerah juga sudah diberikan dukungan dengan program serupa seperti pengolahan Kopi Sikarta di Tapanauli Selatan dan program ekspedisi dan juga mengikuti pengembangan desa wisata.

“Di samping ini, ada beberapa program UKM seperti pembuatan handicraft. Kami berharap seluruh pengurus karang taruna dan pelaku UKM agar tahun depan muncul unit-unit baru, gerai-gerai baru dan dapat kumpul di sini untuk tumbuh dan berkembang,” imbuh Evan Suseno.

“Pada hari ini, PT PLN Persero menyerahkan dana CSR berjumlah Rp185.100.000. Beberapa bulan ke depan PLN akan kembali meninjau Desa Sialang untuk melihat perkembangannya,” sambungnya.

Sebelum penyerahan CSR, Wabup HM Ali Yusuf Siregar juga menghadiri peletakan batu pertama pembangunan mushalla Kantor Camat Bangun Purba dan penyerahan bibit pohon serta kaos kepada kepala dusun sebagai bentuk Pencanangan Program Kepala Dusun Peduli Kemajuan Dusun (PEMANDU). (*)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

1 jam ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

1 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

2 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

2 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

4 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

4 jam ago