Categories: Metro 24 Jam

Honor 12 Relawan Covid-19 di Pematang Siantar Belum Dibayar Pemko

Selama 3 bulan, sejumlah relawan kesehatan yang ikut bertugas melakukan pemeriksaan kendaraan umum dan pribadi bersama unsur TNI/Polri, Sat Pol-PP, BPBD, dalam upaya pencegahan dan penyebaran virus Sars nCov-2 (Covid-19) di Pematang Siantar.

Namun hingga saat ini, sebanyak 12 relawan berstatus mahasiswa mengaku belum mendapatkan honor yang dijanjikan dari Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar.

“Ada 12 orang tenaga relawan berstatus mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi swasta ditugaskan sebagai petugas di Pos Pemeriksaan Kendaraan Umum dan Pribadi, dalam upaya pencegahan corona virus diesase 2019 di Kota Pematang Siantar,” kata seorang petugas ditemui di seputaran Kantor Dishub Pemko Siantar, Jalan Sisingamangaraj, Senin (19/10/2020) siang.

Menurut petugas tersebut, ke-12 relawan itu sampai saat ini belum dibayar honornya Rp900.000 untuk bulan Juli 2020. “Kalau untuk bulan Mei dan Juni 2020, sudah dibayar,” katanya.

Hal itu pun disesalkan petugas lainya, karena para relawan yang dibayar masih berstatus mahasiswa. Apalagi, anggaran yang disiapkan tergolong besar dan harusnya sudah dirinci sesuai porsinya.

“Uangnya kan ada? Apalagi mengingat situasi saat ini mereka (mahasiswa) hanya mengandalkan kiriman uang orangtua dari kampung. Pasti saat ini, [mereka] sangat membutuhkan uang yang Rp900.000 itu.

“Jadi kenapa belum diberikan. Itu kan hak mereka? Kenapa harus ditunda-tunda? Kalau dari unsur TNI/Polri, Dishub, Sat Pol PP, BPBD dan tenaga kesehatan mungkin tidak begitu berpengaruh, karena mereka sudah memiliki penghasilan tetap,” imbuhnya prihatin.

Ia ini juga menyesalkan tidak transparannya terkait pembayaran honor tersebut, yang pada akhirnya bisa saja mencuatkan sejumlah isu miring.

“Apakah sengaja tidak diberikan? Apa karena uang di Pemko memang sedang tidak ada, atau kemungkinan uang itu dipotong alias ‘disunat’?” katanya.

“Sudah seharusnya ini transparan. Honor berapa, per orang berapa, per bulan berapa. Masalah ini sudah bisa di tanyakan ke Pemko Siantar atau langsung kepada Walikota Hefriansyah,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Tim Petugas Pos Pemeriksaan Kendaraan Umum dan Pribadi Pencegahan dan Penyebaran Corona Virus Disease 2019, Drs Esron Sinaga MSi, ketika dikonfirmasi melalui Wakil Ketua 1 Abidin Damanik SH, membenarkan bahwa honor petugas relawan dimaksud belum dibayarkan.

“Belum, belum! Belum dibayar, masih sama Dispenda, sama Gugus Tugas. Ini lah ada kesalahan pasca pulang dari Inspektorat, mau diperbaiki lah itu, ada yang kurang pas. Yang pasti, belum dibayar. Kendalanya, perbaikan itu,” kata salah satu Kabid di Dishub Pemko Pematangsiantar ini via seluler, Senin (19/10/2020) siang. (age)

Recent Posts

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

18 menit ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

5 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

5 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

5 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

22 jam ago