Categories: Metro 24 Jam

Sehari Tenggelam di Danau Toba, Warga Baktiraja Humbahas Ditemukan Tewas

Sehari setelah dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, seorang pria warga Desa Tipang Janji Nahata, Dusun II, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, ditemukan tidak bernyawa, Kamis (15/10/2020).

Informasi yang diperoleh, pemuda bernama Bornok Pandapotan Lumbantoruan (21) tersebut menghilang ketika sedang saat dalam perjalanan pulang dengan menaiki perahu dari keramba ikan miliknya, Rabu (14/10/2020) sekitar pukul 16.30 Wib.

Saksi mata Corry Manullang (24) dan temannya Sihol Lumban Gaol, warga Desa Matiti, Kecamatan Doloksanggul mengatakan, saat Bornok mendayung perahunya, tiba-tiba ombak besar datang.

“Sampan yang dinaiki korban oleng lalu terbalik. mencoba untuk menolong namun korban sudah tenggelam,” ujarnya.

Kepala kantor SAR Medan, Toto Mulyono SE ketika dikonfirmasi melalui Koordinator Pos SAR Danau Toba, O Tambunan mengatakan, Bornok Pandapotan Lumbantoruan diduga tenggelam di danau setelah terpeleset dari solu atau sampan dayung tradisional yang dinaikinya, seusai memberi pakan ikan di Keramba Jaring Apung (KJA).

“Guna melakukan pencarian, SAR Danau Toba menurunkan Tim Rescue dan sejumlah penyelam handal untuk melakukan penyelaman ke dasar danau,” kata Tambunan melalui sambungan selulernya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan, Hutagaol ketika dikompirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Saat ini tim kita sudah berada di lokasi untuk melakukan pencarian,” ujarnya.

Setelah melakukan pencarian mulai dari Ajibata, jasad Bornok akhirnya korban ditemukan, Kamis (15/10/2020) sekira pukul 8.15 Wib pada kedalaman 18-20 meter dengan waktu selam selama 9 – 10 menit.

Paur Subbag Humas Polres Humbahas, Bripka Syawal Lolobako saat dikonfirmasi Metro24jam.com, Kamis (15/10/2020) membenarkan bahwa jasad Bornok P Lumbantoruan telah ditemukan.

Lokasi korban tenggelam. (ist/metro24jam.com)

“Benar, Tim Basarnas Danau Toba yang dipimpin Wanton Purba dan Team BNPB (Badan Nasional penanggulangan Bencana) menemukan jasad korban sekira pukul 08.30 Wib, di pinggir Danau Toba, Desa Tipang Janji Nahata, Kecamatan Baktiraja dan langsung dibawa ke rumah duka,” katanya.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Puskesmas Baktiraja dipimpin dr Desy. Dari dari pemeriksaan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan, sehingga Bornok dinyatakan murni meninggal dunia karena tenggelam di perairan Danau Toba.

“Kapolsek Doloksanggul bersama Camat dan Kepala Puskesmas Baktiraja melaksanakan koordinasi dengan pihak Keluarga bahwa korban akan dikebumikan pada sore hari ini di Sirungkungan, Desa Tipang, mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

“Pihak keluarga Ikhlas menerima kejadian ini dan meminta agar tidak dilakukan otopsi,” pungkas Syawal. (Hotman)

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

10 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

10 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

14 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

15 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago