Kamis, 29 Oktober 2020 | 18.36 WIB
MGID BANNER
Metro24Jam>News>Sehari Tenggelam di Danau Toba, Warga Baktiraja Humbahas Ditemukan Tewas

Sehari Tenggelam di Danau Toba, Warga Baktiraja Humbahas Ditemukan Tewas

Kamis, 15 Oktober 2020 - 18:14 WIB

IMG-100736

Jenazah korban di rumah duka. (ist/metro24jam.com)

Loading...

HUMBAHAS, metro24jam.com – Sehari setelah dilaporkan tenggelam di perairan Danau Toba, seorang pria warga Desa Tipang Janji Nahata, Dusun II, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, ditemukan tidak bernyawa, Kamis (15/10/2020).

Informasi yang diperoleh, pemuda bernama Bornok Pandapotan Lumbantoruan (21) tersebut menghilang ketika sedang saat dalam perjalanan pulang dengan menaiki perahu dari keramba ikan miliknya, Rabu (14/10/2020) sekitar pukul 16.30 Wib.

Saksi mata Corry Manullang (24) dan temannya Sihol Lumban Gaol, warga Desa Matiti, Kecamatan Doloksanggul mengatakan, saat Bornok mendayung perahunya, tiba-tiba ombak besar datang.

“Sampan yang dinaiki korban oleng lalu terbalik. mencoba untuk menolong namun korban sudah tenggelam,” ujarnya.

Kepala kantor SAR Medan, Toto Mulyono SE ketika dikonfirmasi melalui Koordinator Pos SAR Danau Toba, O Tambunan mengatakan, Bornok Pandapotan Lumbantoruan diduga tenggelam di danau setelah terpeleset dari solu atau sampan dayung tradisional yang dinaikinya, seusai memberi pakan ikan di Keramba Jaring Apung (KJA).

“Guna melakukan pencarian, SAR Danau Toba menurunkan Tim Rescue dan sejumlah penyelam handal untuk melakukan penyelaman ke dasar danau,” kata Tambunan melalui sambungan selulernya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan, Hutagaol ketika dikompirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Saat ini tim kita sudah berada di lokasi untuk melakukan pencarian,” ujarnya.

Setelah melakukan pencarian mulai dari Ajibata, jasad Bornok akhirnya korban ditemukan, Kamis (15/10/2020) sekira pukul 8.15 Wib pada kedalaman 18-20 meter dengan waktu selam selama 9 – 10 menit.

Paur Subbag Humas Polres Humbahas, Bripka Syawal Lolobako saat dikonfirmasi Metro24jam.com, Kamis (15/10/2020) membenarkan bahwa jasad Bornok P Lumbantoruan telah ditemukan.

Lokasi korban tenggelam. (ist/metro24jam.com)

“Benar, Tim Basarnas Danau Toba yang dipimpin Wanton Purba dan Team BNPB (Badan Nasional penanggulangan Bencana) menemukan jasad korban sekira pukul 08.30 Wib, di pinggir Danau Toba, Desa Tipang Janji Nahata, Kecamatan Baktiraja dan langsung dibawa ke rumah duka,” katanya.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh tim medis dari Puskesmas Baktiraja dipimpin dr Desy. Dari dari pemeriksaan, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan, sehingga Bornok dinyatakan murni meninggal dunia karena tenggelam di perairan Danau Toba.

“Kapolsek Doloksanggul bersama Camat dan Kepala Puskesmas Baktiraja melaksanakan koordinasi dengan pihak Keluarga bahwa korban akan dikebumikan pada sore hari ini di Sirungkungan, Desa Tipang, mengikuti protokol kesehatan,” katanya.

“Pihak keluarga Ikhlas menerima kejadian ini dan meminta agar tidak dilakukan otopsi,” pungkas Syawal. (Hotman)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Seorang pemuda ditangkap polisi dari salah satu warnet di Simpang Muntik, Dusun V, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang, Rabu ...
Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Warga di kawasan jalan lintas Siantar - Medan, tepatnya di KM 10-11, Nagori Purbasari, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, dikagetkan dengan ...
3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

Seorang wanita pekerja tewas dan 3 lainnya mengalami luka-luka pada kecelakaan lalu lintas di Jalan Pelita Raya, kawasan KIM Star, ...
Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Gelap mata tak dapat pinjaman, Budi Pratama (33), warga Gang Amal Dusun IV, Desa Buntu Bedimbar, akhirnya gelap mata ketika ...
H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih mengunjungi Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Marihat di Jalan Pematang Siantar-Tanah Jawa KM 5, Nagori ...
Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden RI Ir Jokowi Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kawasan lahan pengembangan lumbung pangan (Food Estate) di Desa Ria-Ria, ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
Crypto Tab