Categories: Metro 24 Jam

Jalan Longsor di Pondok Bulu, Lalu Lintas Siantar-Parapat Macet 2 Kilometer

Arus lalu lintas dari Parapat menuju Pematang Siantar dan sebaliknya mengalami kemacetan selama berjam-jam akibat penanggulangan jalan longsor di Nagori Pondok Bulu, Kecamatan Dolok Panribuan, Simalungun, Rabu (14/10/2020).

Amatan di lokasi, para pekerja berusaha melakukan pengerasan badan jalan dengan bebatuan dibantu alat berat ekskavator agar dapat kembali dilintasi kendaraan yang sempat ‘mengular’ sepanjang 2 kilometer, dari dua arah.

Personel Sat Lantas Polres Simalungun pun sibuk mengatur arus lalu lintas di lokasi dengan sistem buka tutup. Pasalnya, badan jalan tidak bisa dilalui truk bermuatan mau pun kontainer.

Kanit Patroli Polres Simalungun Ipda Rizal di lokasi mengakui situasi arus lalulintas di Jalinsum Siantar – Parapat di Nagori Pondok Bulu mengalami gangguan sejak Selasa (13/10/2020) sekira 23.00 Wib hingga Rabu (14/10) siang.

“Ya, sejak tadi malam arus lalulintas di Jalinsum Parapat Nagori Pondok Bulu sudah macet akibat truk yang bermuatan berat sulit melintas di lokasi longsor. Pengemudi juga saling menerobos sehingga menghambat arus lalulintas, ditambah lagi adanya kendaraan yang mogok sehingga harus didorong dari lokasi,” katanya.

Personel Sat Lantas sempat mengalihkan arus lalulintas dari Simarjarunjung menuju Parapat agar kemacetan di jalan Parapat bisa terurai sebelum kondisi badan jalan di lokasi longsor dipadatkan.

“Kondisi arus lalulintas dari Pematangsiantar-Parapat saat ini sudah lancar. Badan jalan sudah selesai dikerjakan dan pengalihan jalan dari Simarjarunjung-Parapat sudah ditutup,” ujarnya.

Sementara itu, pengawas lapangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) O Pakpahan menjelaskan, pihaknya telah berupaya untuk menanggulangi kemacetan yang terjadi di lokasi longsor.

“Kita sudah meminta agar pihak rekanan pekerjaan Jalinsum Parapat segera memadatkan badan jalan, dan alat berat selalu standby di lokasi untuk mengantispasi adanya longsor susulan,” ujar Pakpahan. (Sil)

Recent Posts

Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang: Lelang Jabatan Harus Profesional, Peringkat 1 Harus Jadi Kadis

Ketua Fraksi PAN DPRD, Bayu Sumantri Agung, mengkritik proses Lelang Jabatan Eselon II yang digelar…

45 menit ago

Gegara Dituduh Curi Beras, Ponakan Tikam Bude Pakai Gunting, Warga Jalan Ade Irma Geger!

Warga seputaran Jalan Ade Irma Suryani, Kelurahan Martoba, Siantar Utara digegerkan aksi penikaman yang dilakukan…

1 jam ago

Soal Tambang Batu di Siregar Aek Nalas, KPH Balige: Itu APL, Ketua DPRD Toba: Harus Disikapi dengan Bijak

Lokasi penambangan liar galian C batu padas di Huta Holbung, Desa Siregar Aek Nalas, Kecamatan…

2 jam ago

Ditangkap Polisi dan Positif Narkoba, Kades Pulo Tagor Baru Hanya Direhabilitasi

Oknum Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Deliserdang, yang terjerat kasus narkoba akhirnya bisa…

2 jam ago

Duduk-duduk di Kawasan TPU, Pemuda 18 Tahun Tewas Tertimpa Tembok Rubuh

Seorang pemuda tewas lantaran tertimpa tembok rubuh di kawasan TPU, Jalan Medan, Lingkungan I, Kelurahan…

3 jam ago

Digrebek Polisi, Pengedar Sabu Kampung Banjar Tunjuk Temannya

Satuan Reserse Narkoba Polres Pematang Siantar kembali melakukan penggrebekan di Kelurahan (Kampung) Banjar, Siantar Barat,…

4 jam ago