Categories: Metro 24 Jam

Berubah Status Jadi Zona Merah, Samosir Perketat Pengawasan Pintu Masuk

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Samosir akan memperketat pintu-pintu masuk ke wilayah tersebut, baik melalui jalur darat maupun danau.

Tindakan tersebut dilakukan menyusul perubahan status Kabupaten Samosir, yang sebelumnya merupakan zona hijau, saat ini sudah berubah merah, dengan meningkatnya angka kasus Covid-19 yang cukup signifikan beberapa hari belakangan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Samosir, Rohani Bakara, lewat pesan di grup WhatsApp wartawan, Selasa (13/10/2020).

Selain itu, GTPP Covid-19 juga telah memutuskan menutup sekolah untuk pembelajaran tatap muka.

“Sebagai gantinya dilaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) dalam bentuk visitasi ke tempat tinggal para peserta didik. Pada bidang keagamaan, sosial, pariwisata dan layanan-layanan publik lainnya masih dalam kajian untuk dirilis beberapa hari ke depan,” katanya.

Sementara itu, masyarakat di Onan Pangururan diimbau untuk tidak berlama-lama melakukan kegiatan di tempat tersebut dan segera pulang setelah berbelanja.

Masyarakat juga diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer sesering mungkin dan menjaga jarak interaksi (1 s/d 2 meter).

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari droplet yang mungkin terjadi ketika berinteraksi satu sama lain karena dilindungi masker dan pembersihan tangan dari virus yang mungkin lengket tanpa disadari.

“Bagi orang-orang terkonfirmasi positif juga diimbau untuk benar-benar melakukan isolasi mandiri secara total sesuai waktu yang ditetapkan dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah karena berpotensi sebagai carrier menginfeksi orang sehat lain di sekitarnya,” jelas Rohani Bakkara.

Sedangkan bagi pelaku perjalanan ke Samosir, saat ini sedang dilakukan pengkajian untuk menerapkan surat keterangan rapid test dari daerah asal mereka.

“Petugas jaga di pintu-pintu masuk ke Samosir, baik jalur darat maupun danau akan diaktifkan kembali setelah penerapan normal baru beberapa bulan lalu.

Masih sebagai bahan kajian, masyarakat yang telah berencana mengadakan pesta hingga Desember 2020 mendatang juga diimbau untuk menjadwalkan ulang pelaksanaannya.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Rohani Bakkara, didasarkan pada upaya pencegahan dan pengendalian yang dilakukan oleh GTPP Covid-19 Samosir mengingat lonjakan kasus yang terjadi beberapa hari lalu.

Ia mengimbau agar waraga bersasma-sama menjaga Samosir dengan mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh GTPP Covid-19 Samosir.

“Ini semua dilakukan untuk kebaikan bersama, yaitu terhindar dari infeksi yang lebih luas terhadap masyarakat. Oleh karenanya, mari saling mengingatkan satu sama lain terutama protokol kesehatan bagi anggota keluarga,” jelasnya.

“Kita jaga para anak-anak, lansia dan penderita penyakit penyerta dengan menganjurkan untuk tetap tinggal di rumah demi keamanan bersama agar terhindar dari Covid-19,” tandas Rohani Bakkara. (Hotman)

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

8 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

9 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

12 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

14 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago