Kamis, 29 Oktober 2020 | 17.52 WIB
MGID BANNER
Metro24Jam>News>Berubah Status Jadi Zona Merah, Samosir Perketat Pengawasan Pintu Masuk

Berubah Status Jadi Zona Merah, Samosir Perketat Pengawasan Pintu Masuk

Kamis, 15 Oktober 2020 - 13:37 WIB

IMG-100729
Loading...

SAMOSIR, metro24jam.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Samosir akan memperketat pintu-pintu masuk ke wilayah tersebut, baik melalui jalur darat maupun danau.

Tindakan tersebut dilakukan menyusul perubahan status Kabupaten Samosir, yang sebelumnya merupakan zona hijau, saat ini sudah berubah merah, dengan meningkatnya angka kasus Covid-19 yang cukup signifikan beberapa hari belakangan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Samosir, Rohani Bakara, lewat pesan di grup WhatsApp wartawan, Selasa (13/10/2020).

Selain itu, GTPP Covid-19 juga telah memutuskan menutup sekolah untuk pembelajaran tatap muka.

“Sebagai gantinya dilaksanakan pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) dalam bentuk visitasi ke tempat tinggal para peserta didik. Pada bidang keagamaan, sosial, pariwisata dan layanan-layanan publik lainnya masih dalam kajian untuk dirilis beberapa hari ke depan,” katanya.

Sementara itu, masyarakat di Onan Pangururan diimbau untuk tidak berlama-lama melakukan kegiatan di tempat tersebut dan segera pulang setelah berbelanja.

Masyarakat juga diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer sesering mungkin dan menjaga jarak interaksi (1 s/d 2 meter).

Hal ini dimaksudkan untuk menghindari droplet yang mungkin terjadi ketika berinteraksi satu sama lain karena dilindungi masker dan pembersihan tangan dari virus yang mungkin lengket tanpa disadari.

“Bagi orang-orang terkonfirmasi positif juga diimbau untuk benar-benar melakukan isolasi mandiri secara total sesuai waktu yang ditetapkan dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah karena berpotensi sebagai carrier menginfeksi orang sehat lain di sekitarnya,” jelas Rohani Bakkara.

Sedangkan bagi pelaku perjalanan ke Samosir, saat ini sedang dilakukan pengkajian untuk menerapkan surat keterangan rapid test dari daerah asal mereka.

“Petugas jaga di pintu-pintu masuk ke Samosir, baik jalur darat maupun danau akan diaktifkan kembali setelah penerapan normal baru beberapa bulan lalu.

Masih sebagai bahan kajian, masyarakat yang telah berencana mengadakan pesta hingga Desember 2020 mendatang juga diimbau untuk menjadwalkan ulang pelaksanaannya.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Rohani Bakkara, didasarkan pada upaya pencegahan dan pengendalian yang dilakukan oleh GTPP Covid-19 Samosir mengingat lonjakan kasus yang terjadi beberapa hari lalu.

Ia mengimbau agar waraga bersasma-sama menjaga Samosir dengan mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh GTPP Covid-19 Samosir.

“Ini semua dilakukan untuk kebaikan bersama, yaitu terhindar dari infeksi yang lebih luas terhadap masyarakat. Oleh karenanya, mari saling mengingatkan satu sama lain terutama protokol kesehatan bagi anggota keluarga,” jelasnya.

“Kita jaga para anak-anak, lansia dan penderita penyakit penyerta dengan menganjurkan untuk tetap tinggal di rumah demi keamanan bersama agar terhindar dari Covid-19,” tandas Rohani Bakkara. (Hotman)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Seorang pemuda ditangkap polisi dari salah satu warnet di Simpang Muntik, Dusun V, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang, Rabu ...
Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Warga di kawasan jalan lintas Siantar - Medan, tepatnya di KM 10-11, Nagori Purbasari, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, dikagetkan dengan ...
3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

Seorang wanita pekerja tewas dan 3 lainnya mengalami luka-luka pada kecelakaan lalu lintas di Jalan Pelita Raya, kawasan KIM Star, ...
Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Gelap mata tak dapat pinjaman, Budi Pratama (33), warga Gang Amal Dusun IV, Desa Buntu Bedimbar, akhirnya gelap mata ketika ...
H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih mengunjungi Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Marihat di Jalan Pematang Siantar-Tanah Jawa KM 5, Nagori ...
Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden RI Ir Jokowi Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kawasan lahan pengembangan lumbung pangan (Food Estate) di Desa Ria-Ria, ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
Crypto Tab