Categories: Metro 24 Jam

Pemkab Deliserdang Tandatangani MoU Pembentukan LTSA

Mempersiapkan Pembentukan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA), Pemkab Deliserdang melaksanakan pendatanganan kesepakatan dengan sejumlah pihak, di Kantor P3UD Tanjung Morawa, Rabu (7/10/2020) siang.

Hadir pada penandatanganan MoU, Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Kepala Bappeda Remus Hasiholan Pardede, Kadis Perindag Ramlan Refis, Kabag Hukum Era Permata Sari.

Mewakili Pemkab Deliserdang dalam penandatangan MoU adalah Kepala Disnaker Binsar TH Sitanggang, Dinas Kesehatan dr Ade Budi Krista dan mewakili Kadis Dukcapil.

Sedangkan pihak-pihak yang terlibat dalam kerjasama ini yaitu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Morawa Nurmansyah, Kepala UPT BP2MI Wilayah Sumut Syahrum, Pimpinan Cabang PT BRI (Persero) Lubukpakam Deli Sopian, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Polonia Samuel Toba SSos.

Kadisnaker TH Sitanggang dalam laporannya menyampaikan, pembentukan LTSA adalah menyahuti permintaan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker RI), guna memastikan perbaikan tata kelola, pelayanan dan perlindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau TKI.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan menyusul kedatangan perwakilan Kemenaker RI beberapa hari lalu yang meminta Deliserdang berinisiatif membentuk LTSA.

“Karena melihat potensi, bahwa Deliserdang merupakan lumbung atau salah satu yang terbanyak di Sumut asal daerah PMI atau TKI. Dengan adanya lumbung potensi ini, Deliserdang layak dibangun LTSA,” katanya.

Sementara itu, Wabup HM Ali Yusuf Siregar mengatakan, bekerja di luar negeri adalah hak seluruh warga negara.

“Namun yang terjadi selama ini, masih ditemukannya para tenaga kerja kita yang berangkat non-prosedural. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya pemahaman masyarakat yang masih rendah tentang prosedur penempatan dan perlindungan PMI atau TKI,” katanya.

Selain itu, para calon TKI juga memiliki keterbatasan tentang akses informasi pasar kerja, baik di dalam maupun luar negeri dan maraknya praktik percaloan serta migrasi tradisional.

“Dengan adanya Layanan Terpadu Satu Atap ini, pelayanan penempatan dan perlindungan kepada tenaga kerja Indonesia, menjadi terpadu dan terintegrasi dalam satu atap, sehingga para calon pekerja, dapat mengurus administrasi serta dokumen yang diperlukan dengan cepat, mudah, murah, dan aman,” katanya.

Selanjutnya, Wabup HM Ali Yusuf Siregar, atas nama Pemkab Deliserdang mengucapkan terima kasih kepada UPT BP2MI Wilayah Sumut, Kantor imigrasi kelas I TPI Polonia, Kantor BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Morwa, PT BRI PERSERO Cabang Lubuk Pakam, atas kerjasama yang telah dilakukan.

“Semoga, apa yang menjadi tujuan utama penandatanganan perjanjian kerjasama ini, dapat terlaksana dengan baik,” tandasnya. (Fan)

Recent Posts

Tak Tahan Pisah Ranjang, Pria Ini Tikami Istri Lantaran Tolak Ajakan Rujuk

Suasana di Jalan Stella Raya, Kelurahan Simpang Selayang, Medan Tuntungan, mendadak heboh, Sabtu (17/04/2021) sore,…

13 jam ago

Sat Reskrim Polres Toba dan Dinas Kehutanan Galian C Ilegal di Siregar Aek Nalas

Personel Satuan Reserse Kriminal Polres Toba didampingi dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara memeriksa lokasi penambangan…

13 jam ago

Lagi Cas HP, Tabung Gas Diduga Bocor, Kios di Jalan Perjuangan Meledak, Pemilik Dilarikan ke RS

Satu ledakan hebat, Jum'at (16/4/2021) sekira pukul 23.00 Wib, sontak membuat warga sekitar Jalan Perjuangan…

2 hari ago

Judi Dadu Putar di Dusun Batu Karang Kembali Buka, Bulan Ramadhan Makin Meriah

Pihak kepolisian bersama Forkopimda sedang gencar-gencarnya melakukan razia terhadap kegiatan yang dinilai tidak ada kaitan…

2 hari ago

Berawal dari Penangkapan di Sei Semayang, Reskrim Polsek Patumbak Ringkus Kurir Ganja dari Medan dan Madina

Personel Unit Reskrim Polsek Patumbak, meringkus 3 kurir ganja Jum'at (09/04/2021) lalu. Dari penangkapan tersebut,…

2 hari ago

Prosesi Lelang Jabatan Pemkab Deliserdang Selesai, Pansel Akan Kirim 3 Nama

Prosesi dan tahapan Seleksi Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Deliserdang segera tuntas hari ini, Sabtu…

2 hari ago