Categories: Nasional

BKBP Simalungun Sosialisasi Pilkada Sehat di Parapat

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BKBP) Pemkab Simalungun melaksanakan sosialisasi Pilkada Sehat di ruang rapat kantor Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Selasa (6/10/2020).

Pada sosialisasi tersebut disampaikan pemahaman dan informasi tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah di masa pendemi Covid-19, termasuk peraturan dan ketentuan teknis Pilkada 2020.

Diketahui, Pilkada direncanakan serentak dilaksanakan pada Rabu, 9 Desember 2020 mendatang, termasuk di Simalungun.

Asisten 1 Pemkab Simalungun, Albert saat dikonfirmasi Metro24jam,com mengatakan, sosialisasi kali ini dilaksanakan dalam rangka persiapan penyelengaraan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Simalungu 2020.

“Sesuai pesan Bupati JR Saragih, dalam pelaksanaan Pilkada nanti masyarakat diharapkan patuh dan menaati Peraturan Bupati nomor 26/2020 tentang pelaksanaan protokol kesehatan. Artinya, selama penyelengaraan Pemilu mulai dari pendaftaran, pencocokan, penentuan data sementara, penentuan data tetap, pencoplosan dan penghitungan suara, seluruhnya harus berpedoman protokol dimaksud,” ungkapnya.

Terutaman nantinya di TPS, kata Albert, masyarakat yang sedang dan akan memberikan hak suaran agar mendapat perhatian khusus dari penyelengara pemilu, kepolisian serta pemerintah setempat.

Petugas akan melakukan penertiban secara parsuasif bagi yang tidak mematuhi aturan protokol kesehatan.

“Intinya, kami imbau bagi masyarakat patuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak sekaligus dukung pelaksanaan Pemilu. Hindari politik uang, berita hoax, SARA dan lain sebagainnya. Mari kita laksanakan Pemilu ini didasari dengan hati nurani. Kenali calonnya, pahami visi dan misinya, pilihan anda menentukan masa depan Kabupaten Simalungun,” ujarnya.

“Adapun masyarakat yang diundang sebagai corong penyampai ke masyarakat adalah para Kepling, lurah/pangulu, maujana, LPM, tokoh masyarakat, adat, agama mau pun tokoh budaya,” papar mantan Kepala BPBD Simalungun itu.

Dalam sesi tanya jawab, Ketua PPK Girsip, Wul Binner Pakpahan menyampaikan ada 41 TPS tersedia di wilayahnya.

“Kami telah melakukan simulasi di tingkat Provinsi Sumut dan tingkat II Kabupaten Simalungun, dan saat pencoblosan nanti, hanya 6 pemilih yang bisa masuk ke lokasi TPS, selainnya menunggu antrean di luar TPS,” jelas Pakpahan.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Kabid Kesbang Linmas Jayamin Sipayung, Ketua Panwaslu Girsip, Camat Girsip Eva Suryati Ulyarta, lurah/pangulu, Kepling dan masyarakat. (Sil)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago