Categories: Metro 24 Jam

Yayasan Caritas PSE dan Lapas Lubukpakam Rehabilitasi Pecandu Narkoba

Sebanyak 30 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) kasus narkoba di Lapas Kelas IIB Lubuk Pakam mengikuti program rehabilitasi sosial, Selasa (6/10/2020), bekerjsama dengan Yayasan Caritas PSE. 

Proses rehabilitasi ini dilakukan untuk menyelamatkan setiap individu WBP sehingga memiliki proses perubahan perilaku yang berangsur-angsur membaik, akibat penyalahgunaan narkoba.

Ketua Yayasan Yayasan Caritas PSE dalam sambutannya diwakili Kadiv Kesehatan Denny SE, mengucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasama dari Lapas Lubukpakam dalam memberikan hak rehabilitasi narkotika bagi WBP narkotika.

“Ini dilakukan guna mengurangi angka kesakitan dan permintaan penggunaan narkotika baik di lingkungan Lapas Lubukpakam maupun setelah selesai menjalani pembinaan,” katanya.

Ia berharap, program tersebut bisa menjadi perhatian bagi pemerintah, karena korban penyalahgunaan narkotika seharusnya mendapat hak rehabilitasi.

Sementara itu, Ka Lapas Lubukpakam Hudi Ismono AMd IP SH berharap, ke-30 WBP yang menjalani rehabilitasi mendapat dukungan penuh dari keluarganya masing-masing. 

“Bahwa rehabilitasi merupakan sebuah tindakan untuk menyelamatkan kehidupan berbangsa dan bernegara melalui generasi muda yang memiliki kompetensi sehat dan bebas dari narkoba,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa proses pengguna narkoba melepaskan diri dari ketergantungan tidaklah mudah.

“Selain menjalani rehabilitasi narkoba, WBP juga butuh dukungan keluarga dan masyarakat agar dapat kembali menjalani hidup sehat dan produktif,” sebut Hudi Ismana.

Sekedar informasi, Yayasan Caritas PSE merupakan lembaga sosial yang aktif dalam menjalankan rehabilitasi sosial korban penyalahgunaan Napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Koordinator Program Rehabilitasi Lapas Yayasan Caritas PSE Taufik Ismail SE dan personel Lapas Lubukpakam. (Fan)

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

10 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

10 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

14 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

15 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago