Categories: Metro 24 Jam

Pesantren Al Hidayah Kutalimbaru Terima Program Pemberdayaan Usaha Pertanian dari BI

Pesantren Al-Hidayah, di Desa Sei Mencirim, Kutalimbaru, mendapat Program Pemberdayaan Usaha dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Kick Off progam usaha tersebut dilaksanakan, Senin (5/10/2020).

Acara dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Wiwiek Sisto Widayat, pimpinan Pesantren Al Hidayah, Ustad Khairul Gazali, Direktur Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Brigjen Herwan Chaidir, Camat Kutalimbaru beserta muspika dan beberapa Kepala Desa.

Wabup HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya mengatakan, pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia telah menunjukkan kemampuannya mencetak kader-kader ulama dan turut berjasa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Pondok pesantren mempunyai peranan penting dalam perkembangan daerah, khususnya di bidang ilmu keislaman dan sosial budaya, karena dapat merubah daerah ini yang terbelakang serta menjadikannya sebagai suatu senjata dalam menghadapi zaman sekarang yang mulai sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Pesantren, lanjut Wabup, menjadi salah satu lembaga pendidikan yang dapat menciptakan generasi muda yang tangguh berlandaskan islam untuk bersaing di zaman global ini.

“Terdapat 3 (tiga) potensi yang dimiliki oleh pesantren dalam kemandirian ekonomi yaitu potensi santri, potensi masyarakat di sekitar pesantren dan potensi zakat dan wakaf umat. Dengan potensi yang dimiliki tersebut dapat menciptakan kemandirian ekonomi dan membangun bangsa,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut Wiwiek Sisto Widayat menjelaskan, Kick Off Pemberdayaan Usaha di Pesantren Al-Hidayah merupakan salah satu bentuk implementasi Pilar 1 – Pemberdayaan Ekonomi Syariah.

“Di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Pesantren Al Hidayah merupakan pesantren ketujuh yang memperoleh pengembangan usaha dari Bank Indonesia,” katanya.

“Selama tahun 2017 hingga dengan 2020, Bank Indonesia telah melakukan pengembangan usaha di 323 pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk regional Sumatera sendiri telah terdapat 82 pesantren yang memperoleh pengembangan usaha dari Bank Indonesia,“ jelas Wiwiek.

Pengembangan sektor usaha pesantren tersebut, lanjutnya, dilakukan Bank Indonesia setelah memperhatikan letak geografis, kemampuan sumber daya manusia, potensi ekonomi, dampak bagi masyarakat sekitar serta peluang untuk memberikan kesempatan meningkatkan kemampuan pengelolaan usaha secara professional.

“Atas dasar itulah kami memutuskan pengembangan usaha yang diberikan kepada Pesantren Al-Hidayah berupa demplot penanaman bawang merah dan cabai merah seluas 3.000 meter persegi, sesuai dengan potensi luas lahan yang dimiliki dan latar belakang usaha pertanian yang selama ini dijalani oleh Pesantren Al Hidayah,” tambahnya.

Di akhir sambutan, Wiwiek Sisto Widayat berharap, agar bantuan yan diberikan, di antaranya sarana pertanian berupa antara lain benih, pupuk, pestisida dapat dimanfaatkan bersama untuk kemajuan usaha dan meningkatkan produksi pertanian sehingga dapat meningkatkan kemandirian pesantren. (Fan)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

4 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

5 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

22 jam ago