Categories: Metro 24 Jam

Sakit dan Berulang Kali Dibawa ke RS, Tersangka BNN Gadungan Meninggal Dunia

Seorang tahanan Polsek Sunggal meninggal dunia, Jum’at (2/10/2020) kemarin. Sebelumnya, pria berinisial JDK alias Joko itu ditangkap dalam kasus pemerasan dengan menyamar sebagai oknum Polri dan BNN.

Kanit Reskrim AKP Budiman Simanjuntak ketika dikonfirmasi, Selasa (6/10/2020), membenarkan adanya tahanan Polsek Sunggal meninggal dunia. Menurut Budiman, tersangka JDK alias Joko meninggal dunia karena sakit yang dideritanya.

Budiman menjelaskan, setelah ditangkap bersama beberapa temannya, berselang beberapa hari, Joko mengeluh sakit beberapa kali.

“Tanggal 23 September 2020, tersangka mengalami sakit dengan keluhan lambung dan kepala. Selanjutnya penyidik membawanya ke RS Bhayangkara. Setelah diperiksa dokter, tersangka diperbolehkan pulang,” jelas Budiman.

Dua hari kemudian, JDK pun kembali mengeluh sakit. Polisi kembali membawanya ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

“Tanggal 25 September 2020, tersangka kembali mengeluh sakit, selanjutnya dibawa berobat kembali ke RSU Bhayangkara dengan keluhan lambung dan kepala. Setelah diperiksa oleh dokter, tersangka disarankan untuk opname. Pada saat itu, penyidik langsung memberitahukan kepada keluarganya yang selanjutnya ikut menemani tersangka,” jelasnya.

Selama 3 hari di rumah sakit, tepatnya Senin (28/9/2020), dokter yang merawat memperbolehkan Joko pulang. Setelah itu, tersangka juga berulang kali mengeluh sakit dan dibawa ke rumah sakit.

“Kemudian, pada tanggal 29 September 2020, tersangka kembali mengeluh sakit dan setelah diperiksa dokter, tersangka diperbolehkan meninggalkan RSU Bhayangkara,” urai Budiman Simanjuntak.

Selanjutnya, pada 1 Oktober 2020, Joko lagi-lagi mengeluh sakit dan sekali lagi ia dibawa ke RS Bhayangkara. Setelah diperiksa dokter, Joko kembali diperbolehkan meninggalkan RSU Bhayangkara.

“Tanggal 02 Oktober 2020 sekira pukul 08.00 Wib, tersangka lagi-lagi mengeluh sakit. Anggota langsung membawanya ke RSU Bhayangkara. Setelah sempat mendapat perawatan dari dokter, tersangka dinyatakan meninggal dunia,” jelas mantan Kanit Reskrim Polsek Patumbak itu.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa dalam perjalanan menuju RSU Bhayangkara, Polsek Sunggal telah menghubungi keluarga Joko untuk memberitahukan bahwa pria itu kembali sakit.

“Setelah dinyatakan meninggal dunia oleh dokter, Polsek Sunggal sesuai SOP yang ada dan berkoordinasi dengan kedokteran agar dilakukan otopsi,” imbuh Budiman.

Namun, lanjutnya, saat itu keluarga Joko, dalam hal ini istri dan pamannya meminta aga polisi tidak melakukan otopsi jenazah. Mereka juga bersedia menandatangi surat pernyataan tidak keberatan atas kematian Joko.

“Kita sudah menyarankan agar mereka lebih dulu berembuk terlebih dahulu dengan anggota keluarga lainnya. Namun, mereka atas nama keluarga almarhum menyatakan ikhlas atas kematian tersangka dan memohon agar tidak dilakukan otopsi jenazah,” tegasnya.

Atas dasar permohonan keluarga tersangka tersebut, pihak Polsek Sunggal selanjutnya meminta kepada dokter agar dilakukan visum luar terhadap jenazah Joko, sebelum diserahkan kepada pihak keluarga untuk dikebumikan.

“Jadi, tidak benar jika ada yang menyebut bahwa tersangka JDK alias Joko mengalami penganiayaan oleh oknum di Polsek Sunggal. Jangankan memukuli, masuk ke dalam RTP aja kita ngeri karena banyaknya tahanan,” katanya.

“Lagian, banyaknya tahanan di dalam RTP sudah membuat mereka susah tidur dan bergerak,” tandas AKP Budiman Simanjuntak. (adi)

Recent Posts

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

26 menit ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

5 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

5 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

5 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

6 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

22 jam ago