Categories: Metro 24 Jam

Disuruh Antar Sabu Mau Aja, Pria Asal Tembung Ini ‘Ditampung’ Polisi, Bandarnya Buron!

Satuan Reserse Narkoba Polresta Deliserdang berhasil mengungkap peredaran sabu-sabu dalam jumlah besar belum lama ini. Dari pengungkapan tersebut, polisi meringkus seorang pengedar bernama Helmi (31) dengan barang bukti sabu-sabu sebanyak 1,5 kilogram.

Kasat Resnarkoba AKP Ginanjar Fitriadi SIK didampingi Wakasat Iptu Freddy Siagian, Kanit Idik I, Iptu Boyke Barus SH, memaparkan pengungkapan tersebut di Mapolresta Deliserdang, Jum’at (2/10/2020) siang.

Penangkapan Helmi berawal pada Senin (28/9/2020) pagi sekira pukul 08.0p Wib. Saat itu polisi melakukan undercover buy (menyaru sebagai pembeli) kepada Rudi (40), warga Gang Pancasila Pasar VII, Desa Tembung, Kecamatan Percut Seituan.

Kemudian disepakati transaksi di Halai Inn, Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, sebanyak 1,5 kg senilai total Rp600 juta, yang akan dibayar apabila sabu-sabu tersebut sudah diterima.

“Sekira pukil 10.00 Wib, personel menerima telepon dari Rudi bahwa transaksi bergeser ke seputaran Amplas. Kita mengikuti petunjuk Rudi, namun hingga pukul 15.00 wib, sabu-sabu belum juga diantar,” jelas Ginanjar.

Sekira pukul 16.30 Wib, polisi kembali menerima telepon dari Rudi, bahwa transaksi akan dilakukan di Jalan Menteng VII Medan. Petugas pun bergerak ke lokasi yang disebutkan.

Setelah tiba di tempat yang ditentukan, sekira pukul 17.00 Wib, petugas kembali menerima telepon dari seseorang berikut ciri-ciri yang akan mengantarkan sabu.

Setengah jam kemudian, petugas melihat seorang pria sesuai ciri-ciri yang disebutkan–yang kemudian mengaku bernama Helmi–mengendarai sepedamotor Honda Scoopy, BK 5573 AEA. Begitu Helmi mendekat, polisi segera meringkusnya lalu melakukan penggeledahan.

“Saat diamankan tersangka membawa satu tas plastik kresek warna hitam yang digantung di sepedamotor. Selanjutnya ketika diperiksa di dalamnya ada plastik kresek warna pink berisi satu bungkus besar sabu-sabu seberat lebih kurang 1,5 kilogram, yang dikemas dalam plastik klip,” jelasnya.

Ketika diinterogasi, pria yang beralamat di Gang Satria 3 Desa Bandar Khalifah Kecamatan Percut Seituan Kabupaten Deli Serdang, itu mengaku bahwa dia disuruh Rudi untuk mengantarkan sabu-sabu tersebut kepada pelanggan, yang ternyata polisi yang menyamar.

“Kita sudah mendatangi alamat Rudi, namun yang bersangkutan tidak ada di rumah,” jelas Ginanjar.

Dalam penangkapan itu, polisi juga menyita satu unit HP merk Hammer warna hitam dan sepedamotor Honda Scoopy yang dikendarai Helmi.

“Kita masih akan terus memburu Rudi yang kini sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO),” tandas Ginanjar.

Sementara itu, terhadap Helmi, polisi menjeratnya dengan pasal 114 ayat (2) subsidair 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009.

“Ancaman hukuman minimal 6 tahun, maksimal pidana penjara seumur hidup atau hukuman mati,” sebut mantan Kapolsek Patumbak itu. (Fan)

Recent Posts

Tak Terima Jenazah Harus Dimakamkan Secara Covid-19, Keluarga Duka di Siantar Pajang Poster Ini

Jalan Ade Irma Suryani Nasution Kelurahan Melayu Kecamatan Siantar Siantar Utara Kota Pematangsiantar, Selasa (20/4/2021)…

10 jam ago

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Pantai Batubara, Diduga Keracunan Limbah

Puluhan ribu ikan ditemukan mati terkapar di Pantai Kuala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara,…

11 jam ago

Mega Pro Kontra Vixion di Jalan Sangnaualuh, Pensiunan PNS Patah Kaki

Seorang laki-laki lanjut usia terkapar dengan darah berceceran, setelah mengalami kecelakaan di Jalan Sangnaualuh, Kelurahan…

14 jam ago

BBPSU Gelar Kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Pematang Siantar

Balai Bahasa Provinsi Sumatra Utara (BBPSU) menggelar kegiatan Penguatan Kebahasaan Bagi Penegak Hukum di Kota…

16 jam ago

Anggota DPRD Sumut Minta Polda Selidiki Dalang Galian C Ilegal di Aek Nalas Siregar

Anggota DPRD Sumatera Utara Viktor Silaen, meminta pihak Polda Sumatera Utara agar secepatnya mengungkap dalang…

1 hari ago

Mortir Temuan Warga di Hatonduhan Diledakkan, Kapolsek: 5 Kali Lebih Dahsyat dari Sebelumnya

Tim Gegana Brimob Polda Sumatra Utara meledakan mortir temuan warga di Huta VIII Buntu Uluan…

1 hari ago