Categories: Metro 24 Jam

Jaringan Pipa Limbah di Seputar Danau Toba Parapat – Ajibata Segera Dibangun

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, terus meningkatkan pelayanan sanitasi melalui Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) Terpusat skala pinggiran kawasan Danau Toba.

Salah satunya adalah pembangunan jaringan pipa Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Kecamatan Girsang Siobhan Bolon (Girsip)–Kabupaten Simalungun–sampai ke Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba.

Staf Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Utara, Doni, mengatakan, pembangunan jaringan IPAL diharapkan membuat air limbah domestik dari rumah tangga dan perhotelan tidak lagi mencemari Danau Toba.

“Proyek Jaringan Perpipaan air Limbah terbagi atas dua paket. Paket pertama pembangunan Perpipaan Air Limbah area wisata dan rehab pembuatan bak penampungan di Ajibata, Kabupaten Toba,” ungkap Doni, pada rapat diskusi di ruang harungguan Kantot Camat Girsip, Selasa(29/9/2020).

Dijelaskannya, pengerjaan proyek pipa air limbah lebih kurang 365 hari kerja , sejak 2 September 2020 dan selesai September 2021, dengan nilai pagu Rp59 miliar.

“Pembagunan IPAL di Parapat, di ‘cover’ mulai dari Jalan Sisingamangaraja, Terminal Sosorsaba dan Jalan Anggarajim masuk ke IPAL Pantai Bebas. Terkait pembangunan, ada pemasangan pipa baru dan perbaikan jaringan lama,” imbuhnya.

Perbaikan jaringan lama, lanjut Doni, ada di lokasi pompa 1, belakang Hotel Inna, pompa 2 di Tigaraja, dan pompa 3 di Ajibata.

Sedangkan hasil akhir IPAL diproses di Huta Sijambur Ajibata berdekatan kolam fakultatif, evaporasi setta bak sedimen (pengering lumpur). Meski begitu, lanjut Doni, masih diperlukan perbaikan bak proses serta kantor pengelolaan.

“Harapan kami atas nama pemerintah selaku pengelola program limbah, kepada masyarakat bisa bekerjasama, serta mau meng ‘connect’ kan air limbah masing-masing ke pipa IPAL agar Danau Toba tidak tercemar,” katanya.

“Dampak limbah bukan sekarang, tapi ke anak cucu kita nantinya. Tak usah jauh-jauh, dampak sekarang ini sudah terlihat, dulunya air Danau Toba jernih dan bersih, tapi sekarang sudah jauh berbeda, yang artinya tercemar,” imbuhnya.

“Jadi kalau sekarang kapan lagi masyarakat sadar menjaga kelestarian lingkungannya. Pastinya, program ini mendukung destinasi Danau Toba biar diminati wisatawan lokal mau pun manca negara,” tandas Doni.

Sementara itu, Manajer Limbah Bidang Teknik, Surya Darma Tanjung menegaskan, yang dibangun bukan hanya sambungan ke limbah rumah warga, tapi pipa primer (besar) dan sekunder (kecil).

“Artinya, pipa primer ada di Jalan Sisingamangaraja, sedangkan pipa sekunder di Jalan Anggarajim dan pipa kecil untuk melayani rumah tangga. Kalau kontrol penel atau gardu ada di setiap IPAL, yaitu di Pantai Bebas dan rumah pompa 1, 2, 3 hingga ke jalan limbah Ajibata,” paparnya.

Surya menerangkan, pihaknya juga akan memberikan pelatihan kepada PDAM terkait cara pengelolaan limbah. Jaringan ini nantinya akan mengcover
pipa limbah seluruh konsumen di seputar Danau Toba, termasuk perhotelan dan fasilitas umum bila masyarakat mau menyambungkannya.

“Kami targetkan pekerjaan selesai 8 bulan, juga akan melibatkan warga sekitar dalam mengerjakan proyek, dengan cacatan siap memenuhi arahan-arahan secara teknis,” ujar Surya.

Camat Girsip, Eva Suryati Ulyarta Tanbunan mendukung pembagunan jaringan pipanisasi limbah, demi kelestarian alam dan air Danau Toba.

“Saluran air limbah sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan perhotelan, khususnya di pinggiran Danau Toba, sehingga Danau Toba yang kita cintai ini tidak tercemar. Kita imbau masyarakat mendukung pembagunan pipa IPAL tersebut, baik pelaku wisata mau pun pihak hotel,” sebut Eva.

Turut hadir dalam rapat diskusi, Dinas Badan Lingkungan Hidup, Bappeda Simalungun, para lurah dan pemilik perhotelan. (Sil)

Recent Posts

Berhasil Curi Honda Supra, 2 Pria Ini Lebaran di Sel Polisi Plus Masing-masing Sebutir Peluru

Dua orang pria terpaksa dilumpuhkan tekab Polsek Medan Baru. Pasalnya, kedua sohib itu nekat melawan…

8 jam ago

Benda Mirip Mortir Ditemukan di Hatonduhan

Huta VIII, Nagori Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun mendadak ramai, Selasa (13/4/2021) sekira pukul…

9 jam ago

Polisi Jaga Ketat Pencairan Dana UMKM di Pematang Siantar

Personel Sat Sabhara Polres Pematang Siantar, melakukan penjagaan dan pengawasan ketat pencairan dana Usaha Menengah…

9 jam ago

Kades Pulo Tagor Baru Ditangkap Kasus Sabu, Sekdes dan Bandahara Desa Datang Menjenguk

Sat Resnarkoba Polresta Deliserdang menangkap Kepala Desa Pulo Tagor Baru, Kecamatan Galang, Salimuddin dari kediamannya,…

13 jam ago

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

18 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

18 jam ago