Categories: Metro 24 Jam

Hut ke-60, Karang Taruna Kecamatan Girsip Launching Unit Ekonomi Produktif

Memperingati hari ulang tahun ke-60, Pengurus Anak Cabang Karang Taruna Girsang Sipangan Bolon meluncurkan Unit Ekonomi Produktif Coffee Shop.

Acara digelar di Djabu Nature, Huta Bonan Dolok, Kelurahan Girsang, dan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) setempat, Senin (28/9-2020).

Ketua Panitia Affrenton Sembiring menjelaskan, pembiayaan launching Ekonomi Produktif merupakan hasil swadaya para kader organisi Karang Taruna, tanpa bantuan donatur.

“Biaya kegiatan ini dari swadaya, yang dibantu para ketua dan anggota Karang Taruna di kelurahan serta nagori,” jelas Affrenton Sembiring.

Sementara itu Camat Eva Suryati Ulyarta Tambunan sebagi pembina organisasi meminta agar Karang Taruna selalu bermitra dengan pemerintah, khususnya di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon.

“Selamat atas launching Unit Ekonomi Coffe Shop, mudah-mudahan ke depan selalu sukses. Memang, sudah banyak bantuan PAC Karang Taruna Girsip pada [emerintah, baik moral mau pun sosial. Harapan saya, kerjasama ini bisa berlanjut ke depan, demi kemajuan kecamatan yang kita cintai ini,” sebut Eva.

Sedangkan Kapolsek Parapat Iptu Hosea Ginting meminta PAC Karang Taruna Girsip membut terobosan program yang positif serta menjadi corong protokol kesehatan di masa pendemi.

“Saya yakin, PAC Karang Taruna Kecamatan Girsip membuat rencana program-program yang lebih bagus ke depan, bagaimana cara membuat masyarakat atau pengunjung merasa nyaman dan senang, serta membantu tugas kepolisian dalam hal protokol kesehatan mencegah Covid-19,” semoga Karang Taruna lebih sukses lagi,” sebut Hosea.

Ketua PAC Karang Taruna Girsip, Martua HP Rumapea menargetkan pembentukan pengurus di setiap Kelurahan/ Nagori dan siap berkaya membantu Pemerintah.

“Mengenai pencegahan Covid-19, Karang Taruna sudah berupaya semaksimal mungkin membantu pemerintah melakukan penyemprotan disifektan di rumah penduduk dengan swadaya sendiri. Program kami ke depan, siap berkarya meningkatkan unit ekonomi produktif coffee shop dari hasil pertani kopi masyarakat Kecamatan Girsip,” ungkap Martua.

Turut hadir dalam acara laucing Ketua Himpunan Masyarakat Kopi Arabika Sumatera-Simalungun (HMKA S-S), Hendra Purba.

Pada kesempatan itu, Hendra Purba menjelaskan cara pengolahan biji kopi asal Kecamatan Girsip hingga siap konsumsi.

“Proses pengolahannya, awalnya, biji kopi yang matang dipetik, lalu difermentasi selama 12-36 jam. Setelah itu, biji kopi dicuci baru dijemur, kemudian di huller atau diroasting pakai mesin, baru siap di minum (dikosumsi),” jelasnya.

Dari hasil penelitian, lanjut Hendra, karakter biji kopi dari Nagori Sibaganding lebih medium dan rasanya strong, sehinga layak diekspor ke luar daerah. Sedangkan karakter biji kopi dari Nagori Girsang rasanya soft atau label roasting medium ke dark.

“HMKAS-S bersyukur bisa ketemu dengan Karang Taruna di sini. Mereka bisa diajak diskusi memproduksi kopi hasil tani masyarat Kecamatan Girsang. HMKAS-S telah mendapat Sertifikat Indikasi Geografis Arabika Sumatera-Simalungun dari Menkumham pada Februari 2015 lalu, ” paparnya.

Acara HUT ke-60 Karang Taruna Girsip dan launching Coffee Shop diawali dengan menyayikan lagu Indonesia Raya, disusul lagu Panji Karang Taruna. Selanjutnya pengguntingan pita oleh Camat Eva serta pemotongan nasi tumpeng dan kue oleh kader organiasi.

Turut hadir dalam acara HUT Ke 60, Sekjen Karang Taruna Kabupaten Simalungun, pengurus Karang Taruna Tanah Jawa, Sidamanik, Dolok Panribuan, Karang Taruna Tingkat II Simalungun, para lurah/pangulu sebagai pembina, perwakilan Bank Sumut, manager Inna hotel dan Kepala kantor Pos Parapat. (sil)

Recent Posts

Panglong Kayu Marzul di Desa Bakaran Batu Ludes Dilahap Api, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Panglong pembuatan kusen dan pintu milik Marzul Efendi (39), di Gang Setia Budi Ujung, Dusun…

3 jam ago

5 Ruko di Jalan Rahmadsyah Terbakar, Seorang Wanita Lansia Tewas Terpanggang

Api melahap 5 unit ruko di Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu…

4 jam ago

Tak Ada Izin, Penginapan di Desa Patumbak 1 Ini Tetap Beroperasi dan Jadi Tempat Maksiat

Di depan pintu masuknya terpampang nama 'Valentino'. Menurut warga setempat bangunan tersebut merupakan sebuah penginapan…

4 jam ago

Kapolda Sumut, Gubernur dan Pangdam I/BB Pimpin Penataan KJA di Danau Toba

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, memimpin penataan Keramba Jaring Apung (KJA),…

4 jam ago

Jajaran Polres Toba dan Masyarakat Deklarasi Tolak Narkoba

Kapolres AKBP Akala Fikta Jaya didampingi Kasat Resnarkoba AKP Firman Peranginangin dan sejumlah Pejabat Utama…

21 jam ago

Panitia Pembangunan Masjid Al Falah Siantar Harapkan Infaq Dermawan

Masjid Al Falah, Jalan Pane, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematang Siantar saat ini…

21 jam ago