Categories: Metro 24 Jam

Minta Listrik Segera Dipasang, Warga Dusun Titi Payung Kembali Unjukrasa

Untuk ketiga kalinya, Warga Dusun Titi Payung, Desa Naga Timbul, Kecamatan Tanjungmorawa kembali melakukan unjukrasa ke Kantor Bupati Deliserdang di Lubukpakam, Senin (28/9/2020).

Kali ini, warga yang juga membawa anak-anak mereka, menuntut agar listrik segera direalisasikan ke kampung mereka.

“Kami dari aliansi masyarakat yang membantu warga Titi Payung untuk menuntut hak penerangan listrik. Biarlah kami seperti pengemis di hadapan Kantor Bupati Deliserdang ini. Intinya kami minta listrik segera dialirkan,” sorak Tomi salah satu Kordinator aksi.

Menurut dia, selama 75 tahun Indonesia merdeka, warga Titi Payung sudah sangat terlantar. Bahkan karena tidak adanya aliran listrik, semakin jauh tertinggal dari wilayah lainnya di Indonesia.

“Para pejabat sudah banyak datang bahkan mengadakan rapat untuk penyelesaian persoalan ini. Namun itu masih sebatas janji-janji. Kami tidak mau cukup angan-angan, kami mau realisasinya segera,” sebut Tomi.

Ia bahkan mengultimatum, jika dalam tempo 2 hari lagi tuntutan tidak terealisasi, mereka akan datang dengan jumlah massa yang lebih banyal.

“Walau situasi pandemi saat ini, kita akan menuntut selalu soal hak masyarakat,” katanya.

Pantauan Metro24Jam.com, peserta demo berkisar puluhan orang terdiri dari sejumlah anak-anak dan lansia yang datang dengan mengenakan masker.

Mereka masih tampak melakukan orasi sambil bergantian. Pihak kepolisian dan Sat Pol-PP Deliserdang terlihat berjaga-jaga di lokasi.

Perwakilan Pemkab Deliserdang kemudian menghadirkan pihak PLN ketika menampung aspirasi masyarakat kampung Titi Payung di Aula Staf Ahli kantor Bupati.

Saat itu hadir dua orang perwakilan UP3 PLN Lubukpakam yakni Humas, Yasmir dan Manager Bagian Perencanaan Riston Sihaloho. Mereka tampak bergantian menjawabi satu persatu apa yang disampaikan oleh perwakilan masyarakat.

Dari Pemkab Deliserdang hadir Staf Ahli Bupati, Jentralim Purba dan Kadis PMD Citra Efendi Capah.

“Iya, memang benar mau tahun 2020 ini juga direalisasikan. Awalnya memang untuk penganggaran ditahun 2021. Di PLN sendiri perlu diketahui ada unit khusus yang akan bangun jaringan ke dusun atau desa listrik itulah UP2. Pembangunan akan direalisasikan 2020 dan berdasarkan pengalaman kami akan memakan waktu 60 sampai 90 hari tergantung rute, panjang ataupun pendeknya jaringan. Kalau ini panjangnya sudah kami hitung 1,9 km,” kata Yasmir.

Jika dihitung maka kemungkinan besar katanya pembangunan akan dimulai bulan Oktober 2020. Namun demikian, Yasmir mengatakan, ia tidak dapat memastikan kapan tanggal pastinya akan dilakukan realisasi karena akan ada proses ataupun tahapan.

Sementara itu Riston menyampaikan kalau pihak PT Lonsum juga sudah bersedia untuk tanahnya dipasang jaringan listrik. Hal ini sudah dibuktikan adanya kesepakatan pada rapat yang terakhir digelar pada 24 September.

“PT Lonsum sudah tidak ada masalah lagi. Kami sudah dua kali ketemu sama Lonsum dan kesepakatan juga sudah ada dalam notulen rapat yang pada saat itu dipimpin oleh Pak Asisten II,” kata Riston.

Kadis PMD Deliserdang Citra Efendi Capah meminta agar semua diselesaikan dan direncanakan dengan matang untuk membantu warga Titi Payung agar teraliri listrik.

Ia meminta kepada pihak PLN UP3 Lubukpakam agar hal ini dilakukan dengan bukti fisik berupa kesepakatan antara PLN dan Lonsum bahwa Lonsum benar benar sudah OK untuk sama sama membantu warga titi payung.

“Harus ada bukti fisik, agar PLN nantinya mengerjakan pekerjaan masuk listrik di Titi payung berjalan lancar tanpa ada kendala apapun,” tandas Citra Efendi Capah. (fan)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago