Categories: Metro 24 Jam

6 Bulan Usai Kuras Harta Benda Keluarga Senilai Rp1 Miliar, Pria Ini Ditangkap Polisi

Selama hampir setengah tahun berhasil bersembunyi usai ‘menjarah’ harta benda dari rumah salah seorang keluarganya, Aman Sentosa (54)–warga Jalan Besar Delitua, Lingkungan VIII, Kelurahan Delitua Barat Kecamatan Delitua–akhirnya ditangkap polisi, Jum’at (25/09/2020).

Aksi pencurian itu dilakukan sekitar 6 bulan lalu, tepatnya Sabtu (07/3/2020) sekira pukul 22.00 Wib.

Ketika itu Aman datang ke rumah salah seorang kerabatnya bermarga Bangun, yang saat itu sedang sakit di Dusun Simemei Batu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Biru-biru, Deliserdang. Sejumlah anggota keluarga juga berkumpul di sana pada waktu itu.

“Saat itu yang datang ke rumah tersebut ada sebanyak 10 orang anggota keluarga. Setelah berembuk, pihak keluarga kemudian sepakat membawa Bangun ke Rumah Sakit Mitra Sejati,” jelas Kasat Reskrim Polresta Deliserdang, Kompol Muhammad Firdaus, Sabtu (26/9/2020)

Namun, dalam kesepakatan keluarga tersebut, hanya 5 orang yang akan membawa Bangun ke rumah sakit, sedang 5 lainnya menunggu di rumah, termasuk Aman Sentosa.

“Tak lama setelah itu, tersangka ini menyuruh anaknya meminta kunci lemari yang dibawa anak korban ke rumah sakit. Setelah itu kunci diserahkan anaknya kepada tersangka,” ungkap Firdaus.

Berhasil mendapatkan kunci tersebut, Aman lalu membuka lemari dan mengambil barang-barang berharga milik Bangun yang tersimpan di sana, berupa 3 berkas surat tanah, uang Rp80.000.000 dan perhiasan emas lebih kurang setengah kilogram.

Usai menguras isi lemari, AS kemudian pergi meninggalkan rumah tersebut. Akibat perbuatannya, korban Bangun mengalami kerugian kurang lebih 1 miliar rupiah.

Setelah pulang ke rumah dan mengetahui harta bendanya hilang, Bangun membuat pengaduan ke Polresta Deliserdang.

Polisi kemudian melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi-saksi. Dari salah seorang saksi akhirnya diketahui bahwa terduga pelaku adalah Aman Sentosa

“Salah seorang anggota keluarga yang pada saat itu berada di rumah korban, melihat tersangka AS mengambil barang-barang tersebut,” kata Kompol M Firdaus

Polisi kemudian mencari keberadaan Aman, namun pria itu berhasil melarikan diri dan bersembunyi hingga Jum’at (25/9/2020) sekira pkl.14.00 Wib.

Saat itu Tekab Sat Reskrim Polresta Deliserdang mendapat informasi bahwa Aman sedang berada di rumahnya di Delitua. Tak membuang waktu, polisi segera bergerak ke kediaman AS dan mengamankan pria itu tanpa perlawanan.

“Hasil interogasi, tersangka mengakui perbuatannya melakukan pencurian. Terhadap tersangka AS dipersangkakan pasal 363 ayat (1) ke-3e dari KUHPidana tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman paling lama 7 tahun penjara,” pungkasnya. (Fan)

Recent Posts

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

10 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

3 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

3 hari ago