Categories: Metro 24 Jam

Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat keringanan melalui Program Relaksasi Tunggakan Iuran di masa pandemi Covid-19.

Bagi peserta JKN-KIS yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan, dengan membayar minimal 6 bulan ditambah 1 bulan (7 bulan), maka kepesertaan JKN-KIS langsung aktif.

“Sedangkan sisa tunggakan yang wajib dilunasi diberi waktu untuk melunasinya hingga Desember 2021,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam, Rita Masyita Ridwan, di Kafe Nek Aji jalan Imam Bonjol Lubukpakam, Sabtu (26/9/2020).

Program tersebut, jelas Rita, sengaja diperuntukkan bagi peserta JKN-KIS Mandiri dan Badan Usaha yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan.

“Cukup membayar tunggakan enam bulan ditambah satu bulan berjalan, maka kepesertaannya bisa langsung aktif. Sedangkan untuk sisa tunggakan bukan berarti dihilangkan, melainkan peserta diberikan kelonggaran (melunasi) sampai dengan akhir Desember 2021,” kata Rita yang saat itu didampingi pejabat BPJS Kesehatan Lubuk Pakam lainnya.

Peserta yang menunggak tetap diminta melunasi tunggakannya dengan mengajukan cicilan sesuai kemampuan. Apabila sampai dengan 31 Desember 2021 tidak dilakukan pelunasan sisa tunggakan, maka pada 1 Januari 2022 status kepesertaan JKN-KIS menjadi tidak aktif.

Untuk pelunasan tunggakan diberikan kelonggaran sampai dengan 31 Desember 2021. Bagi peserta yang ingin mengajukan keringanan, program relaksasi tunggakan iuran ini berlaku sampai dengan Desember 2020,” sebut Rita

Peserta JKN-KIS Mandiri yang ingin memanfaatkan Program Relaksasi Tunggakan ini, dapat mengajukan melalui Aplikasi Mobile JKN yang diunduh melalui Play Store maupun App Store, atau melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan bisa juga melalui pelayanan Kantor Cabang BPJS terdekat.

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan CHIKA, yakni pelayanan informasi melalui obrolan (chatting), VIKA (voice interaktif JKN), layanan informasi melalui mesin penjawab di nomor Care Centre 1500400.

PANDAWA (Pelayanan administrasi dengan Whatsapp) yakni layanan tanpa tatap muka atau kontak fisik (antara frontliner dan peserta) melalui media Whatsapp.

Sementara salah satu warga Lubukpakam peserta Mandiri BPJS kesehatan berterima kasih kepada BPJS kesehatan Yang telah mengerti disaat pandemi Covid-19 ini dengan dilakukannya relaksasi tunggakan.

” Kondisi sekarang memang lagi sulit di masa pandemi Covid-19 ini , apalagi saya pengguna BPJS kesehatan mandiri , tentunya bayar iuran agak sulit bang , ya mudah mudahan program ini bisa membantu saya dan keluarga” sebut Wayu warga Lubukpakam. (fan)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago