Kamis, 29 Oktober 2020 | 17.06 WIB
Metro24Jam>News>Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Masa Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Beri Keringanan Peserta Mandiri

Sabtu, 26 September 2020 - 16:53 WIB

IMG-100051

BPJS Kesehatan Lubukpakam bersama wartawan di Kafe Nek Aji jalan Imam Bonjol Lubukpakam. (Fani Ardana/metro24jam.com)

Loading...

DELISERDANG, metro24jam.com – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) mendapat keringanan melalui Program Relaksasi Tunggakan Iuran di masa pandemi Covid-19.

Bagi peserta JKN-KIS yang memiliki tunggakan lebih dari 6 bulan, dengan membayar minimal 6 bulan ditambah 1 bulan (7 bulan), maka kepesertaan JKN-KIS langsung aktif.

“Sedangkan sisa tunggakan yang wajib dilunasi diberi waktu untuk melunasinya hingga Desember 2021,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Lubuk Pakam, Rita Masyita Ridwan, di Kafe Nek Aji jalan Imam Bonjol Lubukpakam, Sabtu (26/9/2020).

Program tersebut, jelas Rita, sengaja diperuntukkan bagi peserta JKN-KIS Mandiri dan Badan Usaha yang memiliki tunggakan lebih dari enam bulan.

“Cukup membayar tunggakan enam bulan ditambah satu bulan berjalan, maka kepesertaannya bisa langsung aktif. Sedangkan untuk sisa tunggakan bukan berarti dihilangkan, melainkan peserta diberikan kelonggaran (melunasi) sampai dengan akhir Desember 2021,” kata Rita yang saat itu didampingi pejabat BPJS Kesehatan Lubuk Pakam lainnya.

Peserta yang menunggak tetap diminta melunasi tunggakannya dengan mengajukan cicilan sesuai kemampuan. Apabila sampai dengan 31 Desember 2021 tidak dilakukan pelunasan sisa tunggakan, maka pada 1 Januari 2022 status kepesertaan JKN-KIS menjadi tidak aktif.

Untuk pelunasan tunggakan diberikan kelonggaran sampai dengan 31 Desember 2021. Bagi peserta yang ingin mengajukan keringanan, program relaksasi tunggakan iuran ini berlaku sampai dengan Desember 2020,” sebut Rita

Peserta JKN-KIS Mandiri yang ingin memanfaatkan Program Relaksasi Tunggakan ini, dapat mengajukan melalui Aplikasi Mobile JKN yang diunduh melalui Play Store maupun App Store, atau melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, dan bisa juga melalui pelayanan Kantor Cabang BPJS terdekat.

BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan CHIKA, yakni pelayanan informasi melalui obrolan (chatting), VIKA (voice interaktif JKN), layanan informasi melalui mesin penjawab di nomor Care Centre 1500400.

PANDAWA (Pelayanan administrasi dengan Whatsapp) yakni layanan tanpa tatap muka atau kontak fisik (antara frontliner dan peserta) melalui media Whatsapp.

Sementara salah satu warga Lubukpakam peserta Mandiri BPJS kesehatan berterima kasih kepada BPJS kesehatan Yang telah mengerti disaat pandemi Covid-19 ini dengan dilakukannya relaksasi tunggakan.

” Kondisi sekarang memang lagi sulit di masa pandemi Covid-19 ini , apalagi saya pengguna BPJS kesehatan mandiri , tentunya bayar iuran agak sulit bang , ya mudah mudahan program ini bisa membantu saya dan keluarga” sebut Wayu warga Lubukpakam. (fan)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Seorang pemuda ditangkap polisi dari salah satu warnet di Simpang Muntik, Dusun V, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang, Rabu ...
Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Warga di kawasan jalan lintas Siantar - Medan, tepatnya di KM 10-11, Nagori Purbasari, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, dikagetkan dengan ...
3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

Seorang wanita pekerja tewas dan 3 lainnya mengalami luka-luka pada kecelakaan lalu lintas di Jalan Pelita Raya, kawasan KIM Star, ...
Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Gelap mata tak dapat pinjaman, Budi Pratama (33), warga Gang Amal Dusun IV, Desa Buntu Bedimbar, akhirnya gelap mata ketika ...
H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih mengunjungi Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Marihat di Jalan Pematang Siantar-Tanah Jawa KM 5, Nagori ...
Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden RI Ir Jokowi Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kawasan lahan pengembangan lumbung pangan (Food Estate) di Desa Ria-Ria, ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
Crypto Tab