Kamis, 29 Oktober 2020 | 17.57 WIB
MGID BANNER
Metro24Jam>News>Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Jumat, 25 September 2020 - 21:20 WIB

IMG-100021

Gabriel saat dipaparkan di Mapolres Binjai. (ist/metro24jam.com)

Loading...

BINJAI, metro24jam.com – Personel Polres Binjai berhasil mengungkap kasus pembunuhan yang menewaskan seorang wanita Rani Anggraini, warga Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat hanya berselang kurang dari 6 jam usai penemuan jasadnya.

Wanita yang bekerja sebagai sekretaris di salah satu peternakan ayam telur itu sebelumnya ditemukan tewas di areal perkebunan PT LNK CR 14, Dusun Jenggi Kemawar, Desa Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai, Langkat, Kamis (24/9/2020) sekira pukul 09.00 Wib.

Tim Sat Reskrim Polres Binjai dipimpin Kasat Reskrim AKP Yayang Rizki Pratama SIK bersama Kanit Pidum Iptu Hotdiatur AW Purba langsung melakukan penyelidikan usai temuan tersebut.

Dari lokasi sebelumnya, menemukan sepasang sendal, batu berlumuran darah, masker dan HP merek Nokia warna putih, sepotong jaket warna coklat serta 2 putusan kalung warna kuning.

Penyelidikan dilakukan setelah keluarga Rani Anggraini membuat pengaduan resmi sesuai Laporan Polisi nomor: LP/67/IX/2020/SPKT-B Polsek Selesai, pada hari yang sama.

“Setelah selesai olah TKP, saya memerintahkan Kasat Reskrim untuk membentuk tim untuk bekerja dan mendapatkan informasi terkait pembunuhan ini,” kata AKBP Romadhoni seperti disampaikan Kasubbag Humas AKP Siswanto Ginting

Dari hasil penyelidikan dan keterangan beberapa saksi, polisi kemudian mendapat informasi bahwa terlihat seorang laki-laki yang akhirnya diketahui bernama Gabriel Zefanya Ginting membawa sepedamotor matic warna merah mengarah ke Lincun Barat, Kecamatan Selesai.

Polisi kemudian melakukan pengejaran ke kediaman Gabriel, namun pria itu ternyata tidak berada di sana.

Petugas kemudian kembali mendapatkan informasi bahwa Gabriel sedang berada di Jalan Anggur, Kelurahan Bandar Senembah, Binjai Barat.

Tak mau kehilangan jejak, polisi segera bergerak ke lokasi yang disebutkan hingga akhirnya berhasil meringkus Gabriel. Kepada polisi, Gabriel mengakui bahwa ia telah merampok hingga mengakibatkan kematian Rani Anggraini.

Saat akan diboyong mencari barang bukti lainnya, Gabriel melakukan perlawanan dalam upaya melarikan diri. Polisi kemudian menembak kedua belah kaki pria itu untuk melumpuhkannya.

“Tersangka akan dikenakan pasal 365 ayat 3 KUHPidana dengan ancaman hukuman 15 (lima belas tahun) terang Akbp Romadhoni, SIK.

Sementara itu, Gabriel saat diinterogasi polisi mengaku merampok karena butuh uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. “Saya kerja mocok-mocok pak, jadi perlu uang,” katanya.

Ia kemudian menyusun rencana untuk merampok Rani dengan cara menumpang dibonceng, ketika Rani melintas sepulang kerja.

“Saya minta numpang sama dia Pak. Saya minta numpang sampai Pasar VIII. Waktu itu dibilang dia, saya cuma sampai Simpang Afdeling. Terus saya bilang lagi, ‘Ya udah, gak apa-apa Kak’,” ungkapnya.

Namun begitu sampai di simpang Afdeling, Gabriel langsung mencekik Rani. “Waktu itu posisi mesin masih hidup,” katanya.

Setelah Rani terjatu dari sepedamotor, Gabrial lalu mengambil sebongkah batu lalu menghabisi wanita itu.

Jasad Rani Anggraini (23) sebelumnya ditemukan di bawah tumpukan pelepah sawit, di Afdeling II CR 14, Dusun VI Jenggi Kumawar B, Tanjung Belok, Desa Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai, Langkat, Kamis (24/9/2020) pagi, oleh seorang warga bernama Dedy alias Dedet.

Polisi saat melakukan olah TKP di lokasi penemuan mayat. (ist/metro24jam.com)

Saat ditemukan, pada tubuh Rani terdapat luka cukup lebar bagian kening dan telinga kanan. Wanita itu diduga tewas akibat batok kepalanya remuk dipukul benda keras. Hal itu diperkuat dengan temuan sebongkah batu berlumuran darah di lokasi.

“Pagi itu saksi Dedy hendak pergi bekerja untuk memanen sawit di PT LNK Padang Brahrang menaiki betornya. Dalam perjalanan ia melihat ada bekas seretan dan tumpukan di bawah sawit,” katanya.

Bersamaan dengan itu, Dedy teringat kabar bahwa ada warga desanya yang tidak pulang ke rumah semalaman,

Dedy bertemu dengan warga lainnya bernama Surya Darma Sembiring dan Fery yang kebetulan melintas. Bersama mereka melihat tumpukan daun sawit kering tersebut. Begitu mendekat, ketiganya pun kaget karena di bawah tumpukan daun kering itu terdapat sesosok mayat wanita.

Ketiganya segera melaporkan temuan tersebut ke Polsek Selesai dan BKO Kebun Polres Binjai.

Mendapat laporan itu, polisi langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Di lokasi kejadian, polisi juga berhasil menemukan 1 unit ponsel merk Nokia, masker masker, sepasang sandal dan gelang emas.

Lebih lanjut dijelaskan Siswanto, berdasarkan keterangan suami Rani bernama Nurwahyudha (27), pada hari Rabu (23/9/2020), istrinya sempat pergi bekerja di ternak ayam Aliong mengendarai Honda Beat merah, BK 4225 RAQ.

‚ÄúSekira pukul 17.00 Wib, ayah kandung korban, Masudi, sempat bertanya kepada menantunya tentang keberadaan korban,” jelas Siswanto.

Saat itu, Nurwahyudha mengatakan bahwa istrinya itu sebelumnya diketahui sudah pulang dari tempat kerjanya, namun setelah dicari-cari, Rani tak kunjung ditemukan

Sebelumnya sempat beredar kabar bahwa saat ditemukan tewas, Rani tengah dalam kondisi hamil. Namun, ketika Metro24jam.com, mengonfimasi hal itu kepada AKP Siswanto Ginting, Jum’at (25/9/2020) sore, ia menepis kabar tersebut.

“Tidak benar hamil. Dari hasil visum tidak ada hamil. Keterangan keluarga juga menyatakan bahwa korban tidak bisa hamil,” katanya. (Lana)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Bawa Sabu ke Warnet, Pemuda Batang Kuis Ini Ditangkap Polisi

Seorang pemuda ditangkap polisi dari salah satu warnet di Simpang Muntik, Dusun V, Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deliserdang, Rabu ...
Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Ngebut, Avanza Hantam Truk di Purbasari, Sopir Tewas, 2 Personel TNI Asal Riau Luka Parah

Warga di kawasan jalan lintas Siantar - Medan, tepatnya di KM 10-11, Nagori Purbasari, Kecamatan Tapian Dolok, Simalungun, dikagetkan dengan ...
3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

3 Sepedamotor Tabrakan di Komplek KIM Star Tanjung Morawa, Seorang Wanita Pekerja Tewas

Seorang wanita pekerja tewas dan 3 lainnya mengalami luka-luka pada kecelakaan lalu lintas di Jalan Pelita Raya, kawasan KIM Star, ...
Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Cari Utangan Tak Dapat, Pria Ini Akhirnya Menjambret, Pas Lari Ditabrak Mobil, Gol Lah!

Gelap mata tak dapat pinjaman, Budi Pratama (33), warga Gang Amal Dusun IV, Desa Buntu Bedimbar, akhirnya gelap mata ketika ...
H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih Berharap Kerjasama PPKS Marihat Jika Terpilih Jadi Bupati

H Anton Achmad Saragih mengunjungi Kantor Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Marihat di Jalan Pematang Siantar-Tanah Jawa KM 5, Nagori ...
Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden Jokowi Tinjau Lahan Food Estate di Humbahas

Presiden RI Ir Jokowi Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kawasan lahan pengembangan lumbung pangan (Food Estate) di Desa Ria-Ria, ...
MGID

Loading…


Awie
Jawa Elektrik
Crypto Tab