Categories: Metro 24 Jam

Begal Ibu Lansia di Kedai Durian, Anak Medan Maimun Ditembak, Penadah Juga Ditangkap

Tim Jatanras Sat Reskrim Polrestabes Medan menangkap seorang pelaku pembegalan terhadap Erlina (61), warga Jalan Berlian Sari, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor.

Wanita itu dibegal dua pria saat melintas di Jalan Ladang Ujung, Kelurahan Kedai Durian, Minggu (23/8/2020) sekira pukul 06.30 WIB.

Polisi akhirnya meringkus salah satu terduga pelaku bernama Fauzi Akhmad (22)– warga Jalan Brigjend Katamso, Kecamatan Medan Maimun. Pemuda itu juga dilumpuhkan dengan timah panas karena coba melarikan diri saat dibawa polisi mencari temannya.

Selain itu, polisi juga mengamankan Masrina (48) warga Jalan Rahayu Ujung, Desa Sidomulyo, Kecamatan Biru-biru, yang membeli sepedamotor hasil perampokan tersebut dari Fauzi.

Kasat Reskrim Polrestabes Medan, Kompol Martuasah H Tobing dalam keterangan tertulisnya mengatakan, pelaku dan penadah ditangkap berdasarkan pengaduan Erlina, sesuai Laporan Polisi nomor: LP/930/K/VIII/SPKT/SEKTA DELTA.

Dalam pengaduannya, Erlina mengatakan, dua pria yang mencegatnya di Jalan Ladang Ujung, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Minggu (23/8/2020) jam 06.30 WIB, telah melarikan sepedamotor Honda Supra fit BK 4497 UB miliknya.

“Korban saat itu mengendarai sepeda motor. Lalu dua pelaku yang jugad mengendarai sepedamotor menghentikan lalu menodongkan pisau ke arah korban. Karena takut korban mendorong sepedamotornya hingga terjatuh,” ungkap Martuasah, Selasa (22/9/2020).

Saat itu, Erlina sempat berteriak untuk meminta pertolongan warga. Namun, kedua pelaku berhasil melarikan diri membawa sepedamotor milik wanita itu.

Selain itu, petugas juga meseorang pelaku, petugas juga mengamankan seorang wanita yang menjadi penadah barang hasil curiannya tersebut.

“Setelah kejadian tersebut, korban kemudian membuat pengaduan di Polsek Delitua,” kata mantan Kapolsek Medan Baru itu.

Setelah melakukan penyelidikan selama hampir sebulan, berdasarkan rekaman CCTV yang diperoleh, polisi berhasil mengidentifikasi salah satu terduga pelaku adalah Fauzi Akhmad.

“Sabtu (19/9/2020), personel mendapat informasi bahwa salah satu terduga pelaku begal sedang duduk di seputaran Jalan Badur [Kelurahan Hamdan, Kecamatan Medan Maimun],” jelas Martuasah.

Mendapat informasi tersebut, polisi segera bergerak ke lokasi yang disebutkan dan ternyata benar, bahwa Fauzi sedang duduk di atas sepedamotor.

“Tim kemudian melakukan penangkapan sesuai prosedur kepolisian,” lanjutnya.

Berdasarkan pengakuan Fauzi, sepedamotor milik Erlina telah dijual kepada Masrina di Kecamatan Biru-biru, seharga Rp1,2 juta. Petugas kemudian melakukan pengembangan.

“Saat dilakukan pengembangan mencari tersangka Masrina, pelaku Fauzi Akhmad berusaha melarikan diri. Personel Jahtanras akhirnya memberikan tindakan tegas terukur dengan menembak ke arah kaki,” tegasnya.

Polisi kemudian berhasil mengamankan Masrina beberapa jam kemudian, tepatnya Minggu (20/9/2020) jam 04.00 Wib.

Dari pengungkapan tersebut, petugas mengamankan barang bukti sebilah pisau bergagang berbentuk rajawali, handphone merk Samsung.

“Pengakuan Masrina, sepeda motor tersebut dijual ke seseorang bernama Mul yang menurut pengakuan Masrina yang bersangkutan diduga aparat,” urai alumnus Akpol 2005 itu.

Lebih lanjut dijelaskannya, Fauzi Akhmad juga mengaku telah melakukan aksi pencurian di beberapa lokasi lainnya.

“Pengakuannya ada 3 kali, yakni pencurian sepedamotor di Jalan Sisingamangaraja, jambret hp di Kanal, Marendal dan jambret di Sari Rejo,” pungkas Kapolsek Medan Kota itu. (adi)

Recent Posts

Buka di Malam Takbiran, THM ‘ANDA’ Digrebek Kapolres Siantar

Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan…

1 jam ago

Hujan Deras, Sungai Batu Gaga Meluap, Puluhan Rumah di Parapat Terendam Banjir

Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, Parapat. Satu di antaranya…

1 jam ago

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

12 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago