Categories: Metro 24 Jam

Tim Gabungan Forkopimcam Girsip Gelar Razia Masker, Ini Hukumannya!

Tim gabungan yang terdiri dari personel Koramil 11/Parapat, Polsek Parapat, Sat Pol-PP Simalungun dan Polisi Militer (PM) melaksanakan razia peningkatan displin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan serta pengendalian Covid-19 di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sabtu (19/9/2020).

Razia yang dipimpin Danramil 11/Parapat, Kapten Inf Rudianto, dilakukan di beberapa titik, mulai di Jalan TPR Sinaga depan Atsari Hotel, Jalan Harangaol Siburak-burak dan di Pekan Tigaraja.

“Kegiatan ini atas perintah Dandim 0270/PT SML, karena selama ini masyarakat masih banyak mengabaikan protokol kesehatan. Sehinga kita bersama Forkopimcam Girsang Sipangan Bolon, Dempom Siantar, Polri dan Sat Pol-PP melakukan fungsi juridis. Hasilnya, masyarakat menerima dengan positif,” kata Kapten Rudianto di sela-sela kegiatan.

Ia menjelaskan, sanksi yang diberikan kepada warga tidak pakai masker adalah push-up, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menyebutkan Pancasila.

“Sanksi lainnya mengaku pada Peraturan Daerah. Kita juga mengimbau agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan, yaitu pakai masker, rajin cuci tangan dan hindari keramaian. Kita juga sudah membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak memakainya,” jelas Rudianto.

Sementara itu, Kabid Trantib Sat Pol-PP Donny Sinaga SH mengatakan, kegiatan razia yang dilaksanakan TNI-Polri patut didukung seluruh masyarakat.

“Kita lihat, setelah ada kebersamaan TNI-Polri dan Sat Pol-PP, masyarakat bisa diakomodir untuk taat pakai masker,” katanya.

Pemerintah Simalungun, lanjut Donni, akan menerapkan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 26/2020 tentang Peningkatan Displin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Serta Pengendalian Carona Virus Disease.

“Saat ini, tindakan dilakukan bagi pelanggar hanya sebatas peringatan atau persuasif. Kemudian diimbau agar tetap memakai masker, bila mana masih diabaikan akan ditindak atau didenda sesuai Perbub. Bagi pelanggar akan dikenakan sanksi denda Rp100.000,” jelasnya.

Pantauan di lapangan, dalam razia tersebut, beberapa pengendara yang tidak memakai masker dihukum melakukan push-up, bernyanyi dan menyebutkan sila-sila dari Pancasila. (sil)

Recent Posts

Buka di Malam Takbiran, THM ‘ANDA’ Digrebek Kapolres Siantar

Dalam rangka menciptakan situasi aman dan kondusif menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan…

30 menit ago

Hujan Deras, Sungai Batu Gaga Meluap, Puluhan Rumah di Parapat Terendam Banjir

Puluhan rumah terendam banjir akibat meluapnya Sungai Batu Gaga Bangun Dolok, Parapat. Satu di antaranya…

38 menit ago

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

11 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago