Categories: Metro 24 Jam

Wabup HM Ali Yusuf Siregar: DMI Berkontribusi Besar Dalam Pembinaan Umat

Keberadaan Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah memberi kontribusi yang sangat besar dalam pembinaan umat. Hal itu tidak terlepas dari peran DMI untuk mengajak umat agar lebih bertakwa dan meningkatkan kualitas kesalehan sosial.

Selain itu, DMI juga berperan sebagai sarana pemersatu umat menuju muslim sejati yang sehat, cerdas, tangguh, termasuk membantu terciptanya suasana kehidupan yang yang rukun, aman, nyaman, bertoleransi dan kondusif di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya saat menghadiri pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DMI Provinsi Sumatera Utara tahun 2020, di Aula Cadika, Lubukpakam, Jum’at (18/9/2020).

“Melihat betapa besar dan pentingnya peranan DMI di masyarakat, maka sudah menjadi tugas besar bagi DMI untuk melakukan berbagai perencanaan program kerja secara kontinu dan meningkat. Sehingga keberadaan DMI dapat berbanding lurus dengan kemajuan zaman,” tandas Wabup.

Ia berpendapat, apa yang dilakukan oleh DMI Provinsi Sumatera Utara tersebut sudah sepantasnya mendapat apresiasi.

Wabup HM Ali Yusuf mewakili Pemkab Deliserdang mengucapkan terima kasih kepada DMI Sumatera Utara, yang telah melaksanakan rapat kerja di Kabupaten Deliserdang.

“Karena ini adalah momen penting, yang tujuan utamanya, untuk memusyawarahkan berbagai keputusan dalam program dan rencana kerja konkret yang menyentuh langsung sasaran yang akan dikembangkan ke depan,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Utara, H Musa Rajekshah berharap, DMI Sumut mampu membangkitkan ekonomi umat. Menurutnya, dengan pengelolaan yang tepat hal tersebut bisa tercapai sehingga masjid mampu menuntun umat bukan hanya secara rohani tetapi juga secara ekonomi.

“Harapan saya, kita mau meningkatkan infaq ke masjid, ini pahala yang akan terus mengalir bagi kita semua, jadi jangan ragu. Dengan makmurnya masjid maka akan memakmurkan umat di sekitarnya. Mudah-mudahan tidak ada masjid yang kasnya besar, tetapi umat di sekitarnya tidak makan, tidak sekolah atau sangat kesulitan,” sebutnya.

Selain itu, Musa Rajekshah juga meminta agar ukhuwah umat bisa terjalin dengan baik dengan menggalakkan shalat wajib di masjid.

“DMI tentu sudah merangkai program-program yang mampu meningkatkan shalat berjamaah. Tadi, saya dengar dari ketua ada program salat subuh berjamaah di setiap kabupaten/kota, ini tentu akan membantu memakmurkan masjid. Dan dengan pengelolaan yang baik masjid akan memakmurkan umat,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabid Organisasi PP DMI Makmum Muroo Al-Babsy berharap, Rakerwil DMI Sumut mampu menelurkan program-program yang menjawab permasalahan umat saat ini.

Salah satu yang menjadi perhatian Makmum adalah terkait masjid yang bisa mengakomodasi umat secara keseluruhan.

“Masjid itu milik umat, jadi tentunya tidak ada salah satu aliran yang mendominasi masjid, karena di masjid diajarkan tentang heterogenitas. Di Sumut, kalau saya perhatikan memang masalah heterogenitas tidak begitu kental, tetapi ada, saya harap ini dihilangkan karena masjid merupakan tempat berkumpulnya semua muslim, apapun alirannya,” tegas Makmum. (fan)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago