Categories: Metro 24 Jam

Puskesmas Rambung Merah Dituding Persulit Surat Keterangan Kesehatan Calon Mempelai

Puskesmas Rambung Merah, Nagori Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun dinilai masih jauh dari kata memuaskan.

Hal itu diungkapkan K Sinaga, warga Dolok Hataran, Kecamatan Siantar, kepada Metro24jam.com, Jum’at (18/9/2020) siang.

Ia merasa dipersulit saat hendak mengurus Surat Keterangan Kesehatan Calon Mempelai dari Puskesmas Rambung Merah, untuk melengkapi administrasi pengurusan dokumen pernikahan di KUA, Rabu (16/9/2020), kemarin.

Menurut Sinaga, awalnya dia mendatangi Puskesmas Batu 6, karena hendak mengurus Surat Keterangan Kesehatan Catin dari keponakannya bernama dan Andika Arafik (28).

“Sampai di sana, informasinya pelayanan terganggu selama 14 hari, katanya ada 5 tenaga medis reaktif dan 1 tenaga medis positif Covid 19,” bebernya.

Oleh petugas di Puskesmas Batu 6, Sinaga kemudian diarahkan agar ke Puskesmas Rambung Merah.

Namun, sampai di Puskesmas Rambung Merah, petugas di sana meminta Andi melengkapi sejumlah persyaratan, yang dinilai sudah tidak relevan.

“Katanya, kami harus membawa surat domisial dari kantor pangulu. Sementara kami tanya ke pangulu setempat, selama ini belum pernah seperti itu. Padahal keponakan saya sudah membawa KTP,” gerutu Sinaga.

Karena tak membawa Surat Keterangan Domisili, dokter di Puskesmas akhirnya tidak bersedia mengeluarkan Surat Keterangan Kesehatan Calon Mempelai.

“Apa guna kami jadi warga Kabupaten Simalungun, kami payah-payah bayar- pajak tiap tahun, tapi sepertinya tidak dianggap, bukan kami gratis-gratis. Dari Puskemas batu 6, dirujuk ke Puskesmas Rambung Merah, sampai di sana, disuruh melengkapi persyaratan yang tak lazim, baru disuruh lagi ke Puskesmas Batu 6. Macam dibola-bola kami,” katanya sembari menggerutu.

Setelah kembali ke Puskesmas Batu 6, lanjut Sinaga, Surat Keterangan Kesehatan Calon Mempelasi tersebut akhirnya diperoleh, meski sempat berdebat dengan salah seorang petugas di sana.

“Lagian, pertanyaan yang diajukan dokter, itu-itu sajanya, ‘Apakah sudah pernah berhubungan seks sebelumnya? Onani? Homoseksual atau Lesbian?,” katanya.

“Kalau untuk wanita, lebih detail, seperti kapan terakhir haid? Apakah sedang hamil atau tidak? Pernah suntik imunisasi atau vaksin,”

Terpisah, Kepala UPTD Puskesmas Rambung Merah, Dr Sahat Irwanto Sidauruk, ketika dikonfirmasi melalui Kepala Tata Usaha Dina Purba, membantah pihaknya telah mempersulit pengurusan Surat Keterangan Kesehatan Calon Mempelai dimaksud.

“Kami pihak Puskesmas tidak pernah mempersulit mengeluarkan surat. Yang bersangkutan bukan pasien Puskesmas Rambung Merah, melihat identitasnya, mereka ini pasien Puskesmas Batu 6,” katanya.

Menurut Dina, soal surat domisili yang diminta, hal itu sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang telah diberlakukan di saat pandemi Covid-19.

“Pasangan calon mempelai harus dilayani dokter Puskesmas dan tidak ada dipersulit. Kalau untuk Surat Keterangan Kesehatan Calon Mempelai biayanyaRp 3.000,” pungkasnya. (age)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago