Categories: Metro 24 Jam

Guru Honorer Asal Desa Batu Manumpak Positif Covid-19 Meninggal Dunia

Seorang guru honorer asal Desa Batu Manumpak, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba, meninggal dunia akibat Covid-19, Jum’at (18/08/2020). Jenazah wanita berinisial ES tersebut dikebumikan secara protokoler kesehatan dengan pengawalan dari personel Polsek Habinsaran, sekira pukul 10.00 Wib.

Kasubbag Humas Polres Toba, Aiptu Khairudin Sukri Yanto dalam keterangannya kepada wartawan menjelaskan, polisi melakukan pengawalan setelah mendapat informasi dari Kepala Desa Batu Manumpak.

“Polsek Habinsaran mendapat informasi bahwa pasien Covid-19 atas nama ES (39), yang merupakan tenaga guru honor daerah di salah satu SD di Dusun Pandumaan, Desa Batu Manumpak, Kecamatan Nassau, sudah meninggal dunia,” ungkap Khairudin.

Pelaksanaan penguburan dipimpin Kepala Puskesmas Nassau dr Fransiska Marpaung selaku Ketua Pelaksana Tugas. Seluruh petugas yang melaksanakan pemakaman juga memakai alat pelindung diri lengkap.

“Pelaksanaan Penguburan dilakukan dengan aturan kesehatan tanpa keberatan masyarakat dari masyarakat setempat maupun pihak keluarga. Sebelum diberangkatkan ke pemakaman, peti jenazah terlebih dahulu disemprot disinfektan,” jelasnya.

Sebelum pemakaman tersebut, Muspika setempat mengimbau seluruh keluarga pasien yang ada di dalam rumah untuk melakukan isolasi mandiri dengan biaya dari dari Dana Desa khusus Covid-19 guna antisipasi penyebaran virus.

Hadir dalam proses pemakaman, Camat Nassau T Sipahutar, mewakili Kapolsek Habinsaran Kanit Reskrim Iptu H Rajagukguk, mewakili Danramil 15/HBS Serda Yayat, staf Puskesmas Nassau, Kades Duri Albert Simangunsong, tokoh agama dari Dusun Pandumaan serta keluarga pasien.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Toba ketika dikonfirmasi Metro24jam.com melalui Sekretaris Siti Nuraya Sirait, Sabtu (19/9/2020) membenarkan bahwa ES positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Swab RT-PCR di RSU Adam Malik Medan.

“Hasilnya keluar pada 11 September 2020. Pihak keluarga dan terkontak langsung sudah kita edukasi untuk isolasi mandiri. Petugas sedang melakukan ‘contact tracing’ di Dusun tersebut demi mengetahui sebaran virus,” sebut Siti Nuraya Sirait.

Lebih lanjut dijelaskannya, saat ini ada 6 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Toba. “Terkonfirmasi positif baru dan meninggal dunia 1 orang dari Kecamatan Nassau,” katanya.

Adapun, 6 pasien yang saat ini sudah terkonfirmasi positif Covid-19, masing-masing berasal dari Kecamatan Ajibata (1 orang), Kecamatan Siantar Narumonda (1 orang), keduanya dirawat di RSUD Porsea.

Kemudian dari Kecamatan Balige (1 orang), dirawat di RS Martha Friska Medan, Kecamatan Parmaksian (2 orang) dan Kecamatan Bonatua Lunasi (1 orang)–ketiganya masih dirawat di RS Murni Teguh Medan.

Pasien suspect ada 8 orang dengan rincian; dari Kecamatan Parmaksian 1 orang, Balige 1 orang, Ajibata 1 orang, Sigumpar 1 orang, Nassau 1 orang, Lumban Julu 2 orang dan Habinsaran 1 orang.

“Untuk pasien probable nihil, sedang kontak erat ada 158 orang dengan rincian dari Kecamatan Nassau ada 15 orang, Siantar Narumonda 31 orang, Ajibata 60 orang, Balige 27 orang serta Parmaksian 25 orang,” pungkasnya. (Hotman)

Recent Posts

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

10 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

3 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

3 hari ago