Categories: Metro 24 Jam

Tahun Depan, UPT RSUD Deliserdang Dipimpin Pejabat Struktural Esellon II

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, akan merubah nomenklatur beberapa organisasi maupun OPD di Kabupaten Deliserdang.

Sejumlah organisasi yang berubah dan naik tingkatan tahun 2021 mendatang adalah dihapusnya Korpri Deliserdang dari perangkat daerah, sedangkan Dinas Kelautan dan Perikanan menjadi Dinas Perikanan dan Dinas Penanaman Modal Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menjadi Dinas Penamaan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Selain itu, UPT RSUD Deliserdang yang sebelumnya dipimpin pejabat fungsional Eselon III akan dipimpin pejabat struktural Eselon II. Damkar yang selama ini dipimpin Kepala Seksi Eselon IV, akan menjadi Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Deliserdang.

Kabag Organisasi Setdakab Deliserdang Syahrul MPd saat dikonfirmasi Metro24jam.com, di ruang kerjanya, Selasa (15/9/2020) mengatakan, bahwa perubahan itu mengacu pada Peraturan Pemerintah yang harus dijalankan.

“Habis ini kita ke provinsi Sumut menyurati, namun kita minta surat persetujuan dari yang disahkan kemarin di DPRD Deliserdang baru ke Provinsi sumatera Utara,” kata Syahrul.

Ia menyebutkan untuk UPT RSUD Deliserdang yang selama ini dipimpin dokter Pejabat Fungsional Esellon III, mulai tahun 2021 akan dipimpin dokter Pejabat Struktural Esellon II.

“Tentunya akan ada lelang jabatan untuk UPT RSUD Deliserdang. Nanti teknisnya, Pansel yang memahami apa apa saja persyaratannya,” kata Syahrul.

Dijelaskan, bahwa untuk jabatan struktural, calon dari luar Deliserdang juga bisa mengikuti lelang mengambil jabatan.

“Saya juga pernah ikut panitia seleksi, setahu saya Panselda bisa menerima peserta dari luar, namun ada ketentuan sendir. Karena nantinya, lelang jabatan untuk jabatan Direktur UPT RSUD Deliserdang bersifat unit organisasi khusus. Tentunya pastinya yang bertitel dokter,” terang Syahrul.

Mantan Kepala Bidang di BKD Deliserdang itu juga mengatakan, bahwa untuk lelang jabatan pejabat Direktur UPT RSUD Deliserdang tentunya harus sudah berpangkat IV/A.

“Tentunya dokter lah, baik dokter apapun yang memiliki kualifikasi dan syarat yang sudah lengkap. Nah, nantinya Direktur UPT RSUD Deliserdang juga akan dibantu 3 Wakil Direktur,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, meski dengan posisi itu UPT RSUD Deliserdang akan berdiri sendiri atau otonom, namun harus tetap berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Deliserdang.

Untuk perubahan UPT RSUD Deliserdang ini semua sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah yang tertuang dalam Pasal 43, yakni Rumah Sakit Daerah Kabupaten/Kota sebagai unit organisasi bersifat khusus, serta pusat kesehatan masyarakat sebagai unit organisasi bersifat fungsional.

Ia berharap, dengan adanya perubahan ini, Organisasi Setdakab Deliserdang juga berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan membantu. (Fan)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago