Categories: Metro 24 Jam

Polres Humbahas, TNI dan Sat Pol-PP Gelar Ops Yustisi Covid-19

Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Rudi Hartono SIK MM memimpin Operasi Yustisi Covid-19 Tahun 2020 secara serentak di Dolok Sanggul, Senin (14/9/2020) sekira pukul 10.00 Wib.

Pelaksanaan Operasi Yustisi Covid-19 diawali dengan sosialisasi Inpres No 06 Tahun 2020 tentang Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dan dilaksanakan bersama personel TNI serta Pemkab Humbahas yang diwakili Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP).

“Operasi Yustisi Covid-19 Tahun 2020 ini bertujuan agar masyarakat dapat disiplin menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari guna mendukung Program Pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Kapolres Rudi Hartono dalam keterangan tertulisnya.

Sasaran Ops Yustisi Covid-19, lanjutnya, adalah masyarakat yang melaksanakan aktifitas tanpa menggunakan masker yang akan menghadapi sanksi sesuai Peraturan Bupati Humbahas No 48 Tahun 2020 tentang Penerapan disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Operasi Yustisi Covid-19 Tahun 2020 merupakan tindak lanjut dari penegasan Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 serta Adaptasi Kebiasaan Baru dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

TNI dan Polri akan mendampingi Sat Pol-PP dalam penerapan sanksi dengan mengedepankan pembinaan dan pemberdayaan terhadap masyarakat dalam rangka mengubah perilaku hidup lebih sehat.

“Beberapa sanksi yang diterapkan untuk saat ini berupa teguran lisan/tertulis, kerja sosial atau yang memberikan efek pembelajaran, sekaligus menyosialisasikan bahwa sanksi denda administratif sudah diatur dalam Perbup Humbahas No 48 Tahun 2020,” terang Rudi.

Pelaksanaan Ops Yustisi Covid-19 Tahun 2020 juga dilaksanakan serentak di seluruh wilayah hukum Polres Humbahas dengan melibatkan personel TNI serta Sat Pol-PP di wilayah Polsek masing-masing.

“Selain memberi teguran, kita juga membagikan masker kepada masyarakat yang tidak menggunakannya. Semoga adanya kegiatan ini masyarakat dapat mematuhi imbauan pemerintah dengan menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, mencuci tangan dan menjaga jarak,” pungkas Rudi. (Hotman)

Recent Posts

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

10 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

3 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

3 hari ago