Categories: Metro 24 Jam

Pengurus DPD KMDT Simalungun Dilantik di Parapat

Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Masyarakat Danau Toba (DPD KMDT) Simalungun 2020-2025 dilantik oleh Ketua Umum DPP KMDT St Edison Manurung SH MM, di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Senin(14/9-2020).

Dalam sambutannya seusai pelantikan, St Edison Manurung menjelaskan, bahwa KMDT merupakan organisasi independen dan telah berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk kemajuan pariwisata di setiap provinsi.

“Sumatera Utara juga dicanangkan juga sebagai barometer ekonomi. Di Kabupaten Simalunhun ini akan ditanam pohon Macadamia dan Bupati Simalungun diminta mempersiapkan lahan untuk itu. KMDT juga berkomitmen memberantas Narkoba serta memberdayakan kearifan lokal,” katanya.

Edison juga menyampaikan, bahwa di setiap SD, SMP khusus zona wisata akan diterapkan pelajaran Bahasa Inggris demi mendukung perkembangan destinasi, sesuai tugas pokok KMDT.

“Dalam enam bulan tidak ada program dan progres pengurus KMDT, maka akan dilakukan pergantian pengurus,” tegas Manurung.

Sementara itu, Ketua KMDT DPD Simalungun yang baru dilantik, Hendra Sukma Sinaga SKom mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPP KMDT yang bersedia hadir untuk para pengurus di Simalungun.

“Pelantikan ini suatu kehormatan bagi DPD KMDT Simalungun. Kami harap, ke depan wisata Danau Toba bisa mendunia dan untuk menciptakan itu perlu dukungan dari masyarakat. Kami juga berharap ketua umum bisa mendorong kementerian untuk pembangunan di Danau Toba Simalungun,” sebut Hendra,

Dewan Penasehat DPD KMDT Simalungun Rospita Sitorus berharap keberadaan pengurus baru dapat memajukan pariwisata di Simalungun.

“Dengan adanya memontum pelantikan ini diharapkan dapat memajukan pariwisata Danau Toba di Simalungun dan semoga pelantikan ini dapat menjadi percepatan kemajuan pariwisata Danau Toba, khususnya Parapat,” ucap Rospita,

Sedangkan Dewan Pakar DPD KMDT Simalungun, Cory Purba menjelaskan, untuk kemajuan pariwisata perlu dukungan dari elemen masyaralat. Oleh karena itu diminta dukungan para tokoh adat, agama dan tokoh pemuda ikut sosialisasi.

“Kita akui, masyarakat Simalungun khususnya Parapat belum sadar wisata. Oleh karena itu diminta para tokoh agama, pemuda, masyarakat dan pemerintah agar bergandeng tangan mensosialisasikan ramah lingkungan, sehingga pariwisata Simalungun ini dapat mendunia,” pinta Cory.

Pada kesempatan itu, Partuah Maujana Simalungun, R Sumbayak mengingatkan agar DPD KMDT dapat memperhatikan adat dan budaya Simalungun, produk lokal, mempertahankan ekosistem penghijauan di pinggiran Danau Toba dan membudayakan ornamen.

“Yang perlu diperhatikan adalah peningkatan infrastuktur jalan menuju lokasi wisata,” saran Sumbayak.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo dalam sambutannya melalui Waka Polres Kompol AM Hia meminta agar DPD KMDT Simalungun tetap konsekuen terhadap protokol kesehatan di masa pandemi.

“Mari kita bersama menerapkan Peraturan Bupati Simalungun nomor 20/2020 tentang Protokol Kesehatan pada masa pendemi ini. Dan perlu dijaga ketertiban dan kenyamanan wisata Danau Toba. Bagi pengurus terpilih agar bersinergi memajukan pariwisata di Simalungun,” ungkap Hia.

Dandim 0207/PT SML melalui Kapten Inf Rudianto menyampaikan warga Parapat harus bangga dengan Danau Toba. Oleh karena itu diperlukan senyum bagi pengunjung.

“Mari kita bangun pariwisata Danau Toba Parapat dengan senyum, sehinga pengunjung merasa nyaman,” ajak Kapten Rudianto.

Walikota Pematang Siantar diwakili Pardamean Silaen mendukung kehadiran DPD KMDT Simalungun.

Dukungan serupa juga datang dari Bupati Simalungun JR Saragih yang diwakili Staf Ahli Ekonomi Debora Hutasoit. Ia berharap, objek wisata Danau Toba dapat menjadi kawasan destinasi internasional.

Pengurus PHRI, Vera Situmorang meminta DPD KMDT Simalungun dapat bergandeng tangan dengan pihak perhotelan di Parapat.

“Untuk kemajuan pariwisata Parapat, kami minta KMDT yang baru dilantik bisa memperjuangkan kebersihan Danau Toba khusus di Kecamatan Girsip,” harap Vera.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Rizal Sipayung dalam laporannya mengatakan jumlah anggota DPD KMDT Simalungun yang dilantik sebanyak 150 orang. “Sumber dana pelantikan dari donatur yang tidak terikat,” tegas Rizal.

Adapun susunan kepengurusan DPD KMDT Simalungun periode 2020-2025 yang baru dilantik sesuai SK Menteri Hukum dan HAM RI Nomor AHU-0000366.Ah.01.07 Tahun 2020 adalah:

Ketua Umum Hendra Sukmana Sinaga SKom, Wakil Ketua Ir Janwaner Saragih MSi, Wakil Ketua Dr Pandapotan Damanik SH MH, Wakil Ketua Elias Barus SE, Histony Sijabat SP, Andre Andika Sinaga SPd, Herman Sipayung SH, St Drs Hasoge Timbul Panjaitan MPd, Lensudin Sumbayak SE.

Sekretaris Umum Maraden Sinaga SH Wakil Sekretaris Saida Purba, wakil Sekretaris Jon Redi Kalmen Sidauruk, Wakil Sekretaris Karvan Saragih Marandus Elbert Tindaon SH, Rizal Sipayung SE, Johan Purba SH, Sapruddin Purba SPd dan Suriawan SH.

Bendahara Umum Andar Abdi Saragih SPd MSi, Bendahara I Junita Veronika Munte SIP SH, Bendahara II Drs Daudraja Purba MSi, Ketua Bidang Organisasi dan SDM Ir Mistadi Purba, anggota Jamerson Saragih SP, Agus Sinaga SH, Jarusdin Sinaga, Dapot Purba, Hardono Purba SPd, Indra Sari Purba SPd, Christopel Sipayung SPd, Ninang Vromita Sidabalok SPd, Yus Mentri Purba dan Jan Friwanto Saragih SH. (sil)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago