Categories: Metro 24 Jam

Kedapatan Tak Pakai Masker, Ratusan Warga Dihukum Sapu Jalan di Lubukpakam

Tim Satgas Covid-19 Pemkab Deliserdang melakukan razia serentak penggunaan masker di pusat kota Lubukpakam, Senin (14/9/2020). Hasilnya ratusan pengendara baik roda dua maupun empat maupun pejalan kaki kedapatan tidak memakai masker.

Untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menggunakan masker, sekaligus mencegah penyebaran virus SARS n-Cov2 (Covid-19), tim Satgas yang terdiri dari TNI-Polri, Pemkab Deliserdang serta Muspika memberikan sanksi berupa hukuman memakaikan rompi warna oranye serta membersikan kota Lubukpakam terhadap warga yang kedapatan tidak mengenakan masker.

“Tadi ada ratusan pengendara yang kita stop karena tak pakai masker. Ada 2 titik tadi kita melakukan razia ini,” kata ZA Hutagalung, Kepala BPBD Deliserdang, yang juga pengurus Satgas Covid-19 Pemkab Deliserdang kepada Metro24Jam.com di Kantor Bupati Deliserdang.

Dua titik yang menjadi lokasi utama razia adalah di simpang empat Masjid Taqwa Muhammadiyah dan simpang empat Lapangan Segitiga.

“Dari hasil razia tadi masih banyak warga yang kurang sadar akan perlunya memakai masker untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19. Tadi di simpang Masjid Taqwa kita menjaring 104 warga dan simpang Lapangan Segitiga ada 50 pengendara tidak memakai masker. Mereka kita kasi masker, tapi kita berikan hukuman untuk membersihkan kota Lubukpakam,” beber Hutagalung.

Ia menjelaskan, bahwa razia serupa akan dilakukan, hingga masayarakat terbiasa untuk mematuhi protokol kesehatan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Selain itu, Hutagalung mengatakan, tim Satgas Covid-19 Pemkab Deliserdang bersama Dinas Kesehatan juga melaksanakan swab test di halaman parkir Kantor Bupati Deliserdang.

“Ratusan juga tadi kita melakukan test swab, ada PNS, honorer yang di sekretariat ini. Kalau soal hasilnya nanti diberitahukan kepada masing masing pribadi,” tandasnya.

Tandi, salah seorang warga Lubukpakam yang ditemui mengaku mendukung kebijakan razia masker dan swab test yang dilaksanakan tim Satgas Covid-19 Deliserdang.

“Saya mendukung. Razia ini sudah sangat tepat dilakukan, untuk sama-sama kita bersatu melawan Covid-19. Mari sama-sama kita pakai masker dan patuhi protokol kesehatan,” kata Tandi. (Fan)

Recent Posts

Mengaku Sering Dapat ‘Bisikan Gaib’, Petani di Desa Ujung Labuhan Gantung Diri di Pohon Coklat

Sempat mengaku sering mendapat 'bisikan gaib', seorang petani di Dusun 1, Desa Ujung Labuhan, Kecamatan…

10 jam ago

Arus Mudik di Jalinsum Aek Natolu Lengang, 21 Pemudik Diputarbalik

Dua hari jelang Idul Fitri 1442 H , arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya…

1 hari ago

Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di…

1 hari ago

Warga Tembaan Temukan Mayat Pria Mengambang di Sungai Bah Boluk

Sesosok mayat pria yang belum diketahui identitasnya ditemukan mengambang di aliran sungai Bah Boluk, Nagori…

1 hari ago

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

3 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

3 hari ago