Categories: Metro 24 Jam

Fasilitasi Penelitian Vaksin Covid-19, Jemaat Gereja Shincheonji Korsel Donasi Plasma Darah

Sebanyak 1.000 jemaat Gereja Yesus Shincheonji Korea Selatan berpartisipasi mendonasikan plasma darah untuk penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 belum lama ini. Aksi donasi yang merupakan tahap kedua tersebut, dilaksanakan pada 27 Agustus hingga 4 September 2020.

Kegiatan dilaksanakan berdasarkan undangan dari otoritas kesehatan di Korea Selatan yang meminta Gereja Shincheonji–denominasi Kristen yang memiliki sekitar 300.000 jemaat di seluruh dunia–bekerjasama untuk mendonasikan plasma darah tambahan dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Indri Juliana, sukarelawan IWPG di Indonesia, partner HWPL yang menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian Green Cross Pharma di Korea Selatan, dalam keterangan tertulisnya kepada Metro24jam.com, Senin (14/9/2020) mengatakan, sebelumnya sekitar 4.000 kasus Covid-19 ditemukan pada jemaat Gereja Shincheonji dengan jumlah terbanyak dari Kota Daegu.

Dari jumlah itu, sebagian besar di antara pasien dinyatakan sembuh total dari virus tersebut dan hanya 11 orang meninggal dunia.

Sementara itu, menurut laporan dari Korea Centers for Diseases Control and Prevention (KCDC) dan Gereja Shincheonji, 562 orang jemaat gereja yang telah pulih dari virus, mendaftarkan diri sebagai donatur plasma sedangkan 628 orang lainnya sudah menyelesaikan donasi hingga 26 Agustus 2020 lalu.

Jumlah pendonor tersebut diharapkan bertambah menjadi 1.700 orang hingga kegiatan tersebut diselesaikan pada September ini.

Mengetahui perlunya “fasilitasi untuk pengembangan pengobatan melalui donasi plasma dan uji klinis”, KCDC meminta babak lain untuk donasi skala besar dari para anggota Gereja Shincheonji pada tanggal 24 Agustus.

Dengan kerjasama dari Kota Daegu, Daegu Athletics Center menyediakan tempat dan Green Cross Pharma untuk menyediakan peralatan dan personel yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut pada 27 Agustus hingga 4 September 2020 lalu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang telah berpartisipasi dalam donasi plasma dengan sukarela untuk menyelamatkan pasien-pasien lain setelah pemulihan,” kata Wakil Direktur KCDC Kwon Jun-wook, saat briefing pada 27 dan 29 Agustus lalu.

“Secara khusus, mengucapkan terima kasih kepada para jemaat Shincheonji, Kota Daegu untuk menyediakan tempat dan kepada Korean Red Cross,” imbuhnya.

Penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 dari plasma darah pasien yang telah pulih tersebut dikerjakan National Institute of Health, di bawah kendali Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan yang bekerjasama dengan perusahaan bioteknologi Korea Selatan, Green Cross (GC) Pharma.

Di hari yang sama, US Food and Drug Administration (FDA) meresmikan penggunaan darurat plasma darah dari pasien yang sudah pulih untuk pengobatan Covid-19.

Para ahli hingga saat ini masih melakukan pengumpulan data lebih banyak untuk melihat hasil dari pengobatan tersebut.

Tantangan besar dari meneliti efektivitas dan pengembangan pengobatan plasma dari orang yang telah pulih adalah jumlah persediaan donor yang terbatas dari orang-orang yang sudah pulih dari virus.

“Mari kita memimpin dalam upaya donasi plasma sehingga darah (plasma) dari para anggota jemaat dapat digunakan untuk mengalahkan Covid-19 bagi para warga dan negara,” sebut Ketua Shincheonji, Man He Lee dalam suratnya kepada para jemaat pada 25 Agustus 2020 lalu. (*/asp)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago