Sabtu, 26 September 2020 | 05.40 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Fasilitasi Penelitian Vaksin Covid-19, Jemaat Gereja Shincheonji Korsel Donasi Plasma Darah

Fasilitasi Penelitian Vaksin Covid-19, Jemaat Gereja Shincheonji Korsel Donasi Plasma Darah

Senin, 14 September 2020 - 19:15 WIB

IMG-99611

Jemaat Gereja Yesus Shincheonji Korea Selatan saat donasi plasma darah, Agustus 2020 lalu. (ist/metro24jam.com).

Sky Scrapper Value Impression

KORSEL, metro24jam.com – Sebanyak 1.000 jemaat Gereja Yesus Shincheonji Korea Selatan berpartisipasi mendonasikan plasma darah untuk penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 belum lama ini. Aksi donasi yang merupakan tahap kedua tersebut, dilaksanakan pada 27 Agustus hingga 4 September 2020.

Kegiatan dilaksanakan berdasarkan undangan dari otoritas kesehatan di Korea Selatan yang meminta Gereja Shincheonji–denominasi Kristen yang memiliki sekitar 300.000 jemaat di seluruh dunia–bekerjasama untuk mendonasikan plasma darah tambahan dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Indri Juliana, sukarelawan IWPG di Indonesia, partner HWPL yang menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian Green Cross Pharma di Korea Selatan, dalam keterangan tertulisnya kepada Metro24jam.com, Senin (14/9/2020) mengatakan, sebelumnya sekitar 4.000 kasus Covid-19 ditemukan pada jemaat Gereja Shincheonji dengan jumlah terbanyak dari Kota Daegu.

Dari jumlah itu, sebagian besar di antara pasien dinyatakan sembuh total dari virus tersebut dan hanya 11 orang meninggal dunia.

Sementara itu, menurut laporan dari Korea Centers for Diseases Control and Prevention (KCDC) dan Gereja Shincheonji, 562 orang jemaat gereja yang telah pulih dari virus, mendaftarkan diri sebagai donatur plasma sedangkan 628 orang lainnya sudah menyelesaikan donasi hingga 26 Agustus 2020 lalu.

Jumlah pendonor tersebut diharapkan bertambah menjadi 1.700 orang hingga kegiatan tersebut diselesaikan pada September ini.

Mengetahui perlunya “fasilitasi untuk pengembangan pengobatan melalui donasi plasma dan uji klinis”, KCDC meminta babak lain untuk donasi skala besar dari para anggota Gereja Shincheonji pada tanggal 24 Agustus.

Dengan kerjasama dari Kota Daegu, Daegu Athletics Center menyediakan tempat dan Green Cross Pharma untuk menyediakan peralatan dan personel yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut pada 27 Agustus hingga 4 September 2020 lalu.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada orang-orang yang telah berpartisipasi dalam donasi plasma dengan sukarela untuk menyelamatkan pasien-pasien lain setelah pemulihan,” kata Wakil Direktur KCDC Kwon Jun-wook, saat briefing pada 27 dan 29 Agustus lalu.

“Secara khusus, mengucapkan terima kasih kepada para jemaat Shincheonji, Kota Daegu untuk menyediakan tempat dan kepada Korean Red Cross,” imbuhnya.

Penelitian dan pengembangan vaksin Covid-19 dari plasma darah pasien yang telah pulih tersebut dikerjakan National Institute of Health, di bawah kendali Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan yang bekerjasama dengan perusahaan bioteknologi Korea Selatan, Green Cross (GC) Pharma.

Di hari yang sama, US Food and Drug Administration (FDA) meresmikan penggunaan darurat plasma darah dari pasien yang sudah pulih untuk pengobatan Covid-19.

Para ahli hingga saat ini masih melakukan pengumpulan data lebih banyak untuk melihat hasil dari pengobatan tersebut.

Tantangan besar dari meneliti efektivitas dan pengembangan pengobatan plasma dari orang yang telah pulih adalah jumlah persediaan donor yang terbatas dari orang-orang yang sudah pulih dari virus.

“Mari kita memimpin dalam upaya donasi plasma sehingga darah (plasma) dari para anggota jemaat dapat digunakan untuk mengalahkan Covid-19 bagi para warga dan negara,” sebut Ketua Shincheonji, Man He Lee dalam suratnya kepada para jemaat pada 25 Agustus 2020 lalu. (*/asp)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
4 Ruko di Mongonsidi Ludes Dilahap Api, Diduga Gara-gara Korsleting
BREAKING NEWS

4 Ruko di Mongonsidi Ludes Dilahap Api, Diduga Gara-gara Korsleting

Empat unit ruko di Jalan Mongonsidi, Kelurahan Polonia, Medan Polonia, ludes terbakar, Jumat (25/9/2020) jam 23.30 Wib. Tidak ada korban ...
Naik Motor Lampu Tak Nyala, 2 Remaja Kampung Banjar Tabrakan, Warga Jalan Nagur Sekarat!

Naik Motor Lampu Tak Nyala, 2 Remaja Kampung Banjar Tabrakan, Warga Jalan Nagur Sekarat!

Seorang pria terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami kecelakaan di Jalan Pendidikan, Simpang Gang Semangka, Kelurahan Sukadame, Siantar Utara, ...
Ibu-ibu Perwiritan Sakinah Kecamatan Siantar Dukung Paslon H4RUS

Ibu-ibu Perwiritan Sakinah Kecamatan Siantar Dukung Paslon H4RUS

Dr H Anton Achmad Saragih menghadiri undangan Perwiridan Sakihan dari ibu-ibu di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Jum'at (25/9/2020). Kunjungan Calon ...
Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Personel Polres Binjai berhasil mengungkap kasus pembunuhan yang menewaskan seorang wanita Rani Anggraini, warga Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat ...
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Kiri Desa Bagan Dalam, Keluarga Siapa?

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Kiri Desa Bagan Dalam, Keluarga Siapa?

Sesosok mayat laki-laki ditemukan nelayan mengambang di aliran Sungai Kiri, Dusun X, Desa Bagan Dalam, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, ...
Baru Beli Sabu, 2 Pecandu Dicegat Personel Polsek Medan Baru di Cinta Damai Helvetia

Baru Beli Sabu, 2 Pecandu Dicegat Personel Polsek Medan Baru di Cinta Damai Helvetia

Personel Unit Reskrim Polsek Medan Baru menangkap 2 pecandu sabu-sabu di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Cinta Damai Kecamatan Medan Helvetia, ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…