Sabtu, 26 September 2020 | 04.59 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Tolak Lokasi Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19, Warga Tuntut Kades Ujung Serdang Mundur

Tolak Lokasi Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19, Warga Tuntut Kades Ujung Serdang Mundur

Senin, 14 September 2020 - 16:49 WIB

IMG-99604

Warga saat berunjukrasa menolak lokasi pemakaman korban Covid-19 ke Kantor Desa Ujung Serdang, Senin (14/9/2020). (Fani Ardana/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

DELISERDANG, metro24jam.com – Ratusan warga Desa Ujung Serdang, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang kembali berunjukrasa menolak lokasi pemakaman khusus jenazah korban Covid-19, Senin (14/9/2020).

Kali ini mereka yang berunjukrasa ke kantor kepala desa setempat, menuntut Kepala Desa Ujung Serdang agar mundur dari jabatan karena dinilai tidak mengindahkan aspirasa warganya.

Warga yang datang menggelar orasi di depan kantor desa dengan membawa spanduk serta poster bertuliskan penolakan terhadap adanya lahan pemakaman khusus Covid-19 di desa mereka.

Aksi unjukrasa tersebut mendapat pengawalan ketat dari personel Polresta Deliserdang dan Polsek Tanjung Morawa.

Warga juga tidak mau berdialog dengan perangkat desa dan tetap menuntut Kades mundur dari jabatan.

Kordinator Aksi Jahtera Sahputra Tarigan Sibero kepada wartawan mengatakan, mereka menolak adanya lokasi pemakaman khusus Covid-19 di desa mereka karena takut tertular.

Ia juga menegaskan bahwa warga akan terus berunjukrasa untuk memprotes lahan tersebut.

“Tujuan kami hanya ingin jawaban pasti dari kepala desa, setelah pertemuan dengan Pemkab Deliserdang kemarin, terkait lahan perkuburan seluas 15 hektar untuk pasien Covid-19 di Desa Ujung Serdang itu,” katanya.

“Ini kita minta klarifikasi, apa harus se-Deliserdang korban Covid dikuburkan di Desa Ujung Serdang ini? Masyarakat marah karena ketakutan akan tertular. Hari ini kami ingin buktikan, benar tidak 15 hektar yang diambil jadi lahan [pekuburan] Covid-19, tapi di surat pemkab katanya Cuma 5 hektar. Mana yang benar ini ? Pokoknya kami warga menolak adanya kuburan Covid di desa kami,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Ujung Serdang saat ditemui wartawan menolak untuk memberikan komentar dan memilih untuk tetap berada di ruangannya sambil memantau aksi warga.

Puluhan polisi tampak membuat pagar betis agar warga tidak masuk ke kantor desa.

Diketahui, PemkabDeliserdang berencana menyediakan lokasi perkuburan khusus korban Covid-19 dengan luas areal 5 hektar yang merupakan eks laha perkebunan kelapa sawit PTPN II.

Lokasi tersebut dinilai warga sangat berdekatan dengan pemukiman sehingga mencuatkan kekhawatiran, bahwa warga setempat akan tertular Covid-19 dengan adanya lahan tersebut.

Sebelumnya, warga setempat juga sudah melakukan aksi serupa dan nyaris bentrok dengan Tim Satgas Covid-19 Deliserdang, Senin (7/9/2020) kemarin. (Fan)

BACA JUGA:
Tolak Lokasi Pemakaman, Warga Ujung Serdang Bentrok Dengan Petugas Satgas Covid-19

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
4 Ruko di Mongonsidi Ludes Dilahap Api, Diduga Gara-gara Korsleting
BREAKING NEWS

4 Ruko di Mongonsidi Ludes Dilahap Api, Diduga Gara-gara Korsleting

Empat unit ruko di Jalan Mongonsidi, Kelurahan Polonia, Medan Polonia, ludes terbakar, Jumat (25/9/2020) jam 23.30 Wib. Tidak ada korban ...
Naik Motor Lampu Tak Nyala, 2 Remaja Kampung Banjar Tabrakan, Warga Jalan Nagur Sekarat!

Naik Motor Lampu Tak Nyala, 2 Remaja Kampung Banjar Tabrakan, Warga Jalan Nagur Sekarat!

Seorang pria terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami kecelakaan di Jalan Pendidikan, Simpang Gang Semangka, Kelurahan Sukadame, Siantar Utara, ...
Ibu-ibu Perwiritan Sakinah Kecamatan Siantar Dukung Paslon H4RUS

Ibu-ibu Perwiritan Sakinah Kecamatan Siantar Dukung Paslon H4RUS

Dr H Anton Achmad Saragih menghadiri undangan Perwiridan Sakihan dari ibu-ibu di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Jum'at (25/9/2020). Kunjungan Calon ...
Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Personel Polres Binjai berhasil mengungkap kasus pembunuhan yang menewaskan seorang wanita Rani Anggraini, warga Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat ...
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Kiri Desa Bagan Dalam, Keluarga Siapa?

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Kiri Desa Bagan Dalam, Keluarga Siapa?

Sesosok mayat laki-laki ditemukan nelayan mengambang di aliran Sungai Kiri, Dusun X, Desa Bagan Dalam, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, ...
Baru Beli Sabu, 2 Pecandu Dicegat Personel Polsek Medan Baru di Cinta Damai Helvetia

Baru Beli Sabu, 2 Pecandu Dicegat Personel Polsek Medan Baru di Cinta Damai Helvetia

Personel Unit Reskrim Polsek Medan Baru menangkap 2 pecandu sabu-sabu di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Cinta Damai Kecamatan Medan Helvetia, ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…