Sabtu, 26 September 2020 | 05.11 WIB
Value Impression Banner
Metro24Jam>News>Emak-emak dan Warga BTN Bakaran Batu Demo Tolak Pembangunan Tower Telekomunikasi

Emak-emak dan Warga BTN Bakaran Batu Demo Tolak Pembangunan Tower Telekomunikasi

Senin, 14 September 2020 - 16:28 WIB

IMG-99601

Warga Komplek Perumahan BTN Bakaran Batu saat memprotes pembangunan tower tal berizin. (Fani Ardana/metro24jam.com)

Sky Scrapper Value Impression

DELISERDANG, metro24jam.com – Sejumlah ibu rumah tangga (emak-emak) dan warga komplek Perumahan BTN Bakaran Batu, Kelurahan Lubukpakam Pekan, Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang memprotes dan mengusir pekerja yang akan membangun tower telekomunikasi di dekat musholla komplek, Senin (14/9/2020).

Warga berjumlah puluhan orang tersebut melakukan protes keras karena tower yang akan dibangun hanya berjarak hitungan langkah atau sekitar 10 meter saja dari Musholla Nurul Ikhlas dan masih sangat dekat dengan Komplek Perumahan BTN Bakaran Batu.

“Enak kali kalian mau buat tower di sini. Langkahin dulu mayat ku. Pergi kalian dari sini. Ini komplek jangan suka-suka kalian di sini. Ada musholla di sini. Kalau mau bangun rumah besar-besar kayak istana silahkan. Tapi kalau tower jangan coba-coba,” kata salah seorang warga yang belakangan diketahui bernama Hj Rukiah.

Saat protes tersebut, tak satu pekerja maupun pengawas proyek yang berani berkata-kata. Mereka hanya terdiam mendengarkan kecaman warga.

Ketua Badan Kemakmuran Musholla Nurul Ikhlas, Faisal mengatakan, lahan kosong samping musholla yang akan dibangun tower merupakan milik seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) bernama Feri.

Warga mengaku tidak mengketahui secara pasti di mana pria tersebut bertugas, maupun tempat tinggalnya saat ini.

Menurut Faisal, wacana membangun tower di lokasi tersebut sudah ada sejak tahun 2019 lallu. Saat itu, warga perumahan komplek sudah didekati pihak pelaksana.

Namun, warga setempat telah sepakat menolak pembangunan tower karena jaraknya sangat dekat dengan musholla.

” Kami warga di sini menolak karena tidak mau kesehatan kami terganggu. Tau nya kami bagaimana permainan tower ini. Pertama satu provider dulu, nanti setelah berdiri semua bergabung di atas,” sebut Faisal di lokasi.

“Warga di sini jugakan mau tenang beribadah. Kami di sini tidak pernah memberi izin di dekat musholla ini ada tower dan tadi sudah kita tanya sama orang Dinas Perizinan, bahwa belum ada izinnya [pembangunan] ini. Sampai kiamat pun kami warga enggak akan pernah setuju di dekat musholla kami ini ada tower,” ketusnya.

Ia menjelaskan, bahwa warga setempat sudah pernah mengumpulkan tandatangan dan membuat pernyataan kepada Pemkab Deliserdang untuk menolak pembangunan tower tersebut.

Selain ke Dinas Perizinan juga disampaikan ke Sat Pol-PP dan ditembuskan ke Bupati serta DPRD Deliserdang.

Atas nama warga setempat, Faisal meminta agar Pemkab Deliserdang juga bisa menertibkan pembangunan tower di dekat musholla mereka tersebut.

Sementara itu para pekerja tower yang mengorek pondasi banyak menutup mulut, salah satu pekerja menyebutkan ia hanya sebagai buruh bangunan saja.

“Saya hanya kerja bang, gak tau soal izin ini,” kata pria itu.

Beberapa menit warga sempat berdebat dengan salah satu penanggung jawab bangunan tower yang mengaku bernama Sarani. Ia mengatakan, tower yang akan dibangun adalah pemancar Smartfren.

Ia mengaku bahwa bangunan ini hanya mengambil sampel tanah saja dan belum tahu apa yang hendak dibangun.

“Iya Smartfren. Kami cuma mengambil sampel tanah saja,” kilah Sarani.

Terpisah, Ketua Fraksi PAN DPRD Deliserdang Bayu Sumantri Agung meminta agar Pemkab Deliserdang tegas dalam hal ini terutama dalam izin mendirikan tower.

“Trantib Lubukpakam jangan diam aja, juga Sat Pol-PP Deliserdang, Tak ada yang boleh membangun tower sebelum ada IMB-nya,” tegas Bayu yang juga tinggal di Komplek BTN Bakaran Batu.

Bayu juga meminta agar Pemkab Deliserdang harus jeli dengan pemberian izin tower.

“Jangan mentang-mentang ada oknum yang mengurus, langsung di beri izin. Pemkab Deliserdang harus mengkaji terlebih dahulu, melihat situasi masyarakat di sekitar, jangan asal memberi izin saja. Soalnya, saya menduga persoalan tower ini banyak bermasalah dan sudah jadi temuan,” tegasnya.

Camat Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga saat dikonfirmasi juga menegaskan bahwa izin pembangunan tower di Komplek Perumahan BTN Bakaran Batu tersebut belum mendapat izin.

“Belum ada izin, sudah kita stop,” sebut Kurnia via WhatsApp. (Fan)

KOMENTAR ANDA
MGID Smart Widget
Berita Lainnya
4 Ruko di Mongonsidi Ludes Dilahap Api, Diduga Gara-gara Korsleting
BREAKING NEWS

4 Ruko di Mongonsidi Ludes Dilahap Api, Diduga Gara-gara Korsleting

Empat unit ruko di Jalan Mongonsidi, Kelurahan Polonia, Medan Polonia, ludes terbakar, Jumat (25/9/2020) jam 23.30 Wib. Tidak ada korban ...
Naik Motor Lampu Tak Nyala, 2 Remaja Kampung Banjar Tabrakan, Warga Jalan Nagur Sekarat!

Naik Motor Lampu Tak Nyala, 2 Remaja Kampung Banjar Tabrakan, Warga Jalan Nagur Sekarat!

Seorang pria terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami kecelakaan di Jalan Pendidikan, Simpang Gang Semangka, Kelurahan Sukadame, Siantar Utara, ...
Ibu-ibu Perwiritan Sakinah Kecamatan Siantar Dukung Paslon H4RUS

Ibu-ibu Perwiritan Sakinah Kecamatan Siantar Dukung Paslon H4RUS

Dr H Anton Achmad Saragih menghadiri undangan Perwiridan Sakihan dari ibu-ibu di Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Jum'at (25/9/2020). Kunjungan Calon ...
Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Tak Sampai 6 Jam, Polisi Tangkap Perampok dan Pembunuh Sekretaris Peternakan Ayam di Binjai

Personel Polres Binjai berhasil mengungkap kasus pembunuhan yang menewaskan seorang wanita Rani Anggraini, warga Tanjung Merahe, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat ...
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Kiri Desa Bagan Dalam, Keluarga Siapa?

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Sungai Kiri Desa Bagan Dalam, Keluarga Siapa?

Sesosok mayat laki-laki ditemukan nelayan mengambang di aliran Sungai Kiri, Dusun X, Desa Bagan Dalam, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, ...
Baru Beli Sabu, 2 Pecandu Dicegat Personel Polsek Medan Baru di Cinta Damai Helvetia

Baru Beli Sabu, 2 Pecandu Dicegat Personel Polsek Medan Baru di Cinta Damai Helvetia

Personel Unit Reskrim Polsek Medan Baru menangkap 2 pecandu sabu-sabu di Jalan Lintas Sumatera, Kelurahan Cinta Damai Kecamatan Medan Helvetia, ...
Value Impression
VI Outstream
Value Impression Video
Awie
MGID

Loading…