Categories: Metro 24 Jam

Demi Keindahan Danau Toba, Warga Parapat Dukung Pembongkaran Kios di Jalan Pora-pora

Sejumlah warga Parapat mendukung pembongkaran kios souvenir di sepanjang Jalan Pora-pora, Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Simalungun.

Pembongkaran itu diharapkan akan memperindah objek pariwisata menuju destinasi Danau Toba atau disebut Bali Kedua.

“Kalau dari saya selaku masyarakat Parapat mendukung penuh pembongkaran kios di Jalan Pora-pora, asal tujuanya membuat perubahan keindahan objek wisata Danau Toba,” kata IP Purba SH saat ditemui di seputaran Jalan Sisingamangaraja, Parapat, Jumat (11/9/2020).

Ia menilai, masyarakat sudah sepantasnya berbenah diri dan mendukung penuh pembangunan di Parapat, sehinga objek pariwisata Danau Toba bisa bersaing untuk mendatangkan wisatawan.

“Contonya di Bali, pemerintah setempat tidak membenarkan warga melakukan kegiatan atau berjualan di pinggiran Pantai. Jadi, pengunjung bebas beraktivitas, baik mandi di seputar pantai tanpa ada larangan dari oknum tertentu, bahkan pelayanan lebih memuaskan,” katanya.

Purba juga mengingatkan, agar pemerintah dan DPRD Simalungun duduk bersama membahas Peraturan Daerah (Perda), terkait tata cara pengelolaan pariwisata di Parapat, sehingga tidak menimbulkan polemik ke depannya.

“Untuk menghindari pelomik seperti yang terjadi saat ini, DPRD bersama pemerintah harus sepakat membuat Perda pengelolaan pariwisata di Parapat. Jadi, masyarakat mengerti kewajibannya dan sejauh mana tanggungjawab pemerintah,” kata Purba.

Sementara itu, Camat Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Eva Suryati Uliarta Tambunan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan masyarakat terkait pembangunan di objek pariwisata Parapat.

“Selaku pimpinan Forkopincam Girsip, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, atas dukungannya dalam pembongkaran kios dan pembangunan, demi keindahan pariwisata Parapat. Mari kita saling bahu-membahu demi kemajuan Parapat,” ucap Eva.

Amatan di lapangan, sejumlah kios souvenir di Jalan Pora-pora masih tahap pembongkaran menggunakan alat berat dengan pengawalan dari pihak Sat Pol-PP dipimpin Kasi Trantib Nelson Sinaga SH dan staf kecamatan, bersama pihak PUPR. (sil)

Recent Posts

Hendak Jual 1,1 Kg Sabu, 2 Pria Asal Aceh Utara Ini Diringkus Polisi di Depan Rumah

Satuan Reserse Narkoba Polres Aceh Utara, meringkus dua pria pengedar sabu-sabu, Minggu (09/05/2021) dinihari kemarin.…

1 hari ago

Lapas Siborong-borong Ikuti Apel Pagi Serentak Kemenkumham

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Siborong borong, mengikuti apel pagi secara serentak di Kementrian Hukum…

2 hari ago

Ustadz Tengku Zulkarnain Tutup Usia di RS Tabarani Pekanbaru

Da'i sekaligus mantan Wasekjen Majelis Ulama Indonesia, Ustadx Tengku Zulkarnain, meninggal dunia, Senin (10/5/2021). Hal…

2 hari ago

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan Nyangkut di Bawah Jembatan Desa Kelambir Pantai Labu

Sesosok mayat pria ditemukan tersangkut di bawah jembatan hulu Sungai Serdang, Dusun I, Desa Kelambir,…

2 hari ago

Pemkab Deliserdang Kembali Raih Opini WTP dari BPK Sumut TA 2020

Pemerintah Kabupaten Deliserdang kembali mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan atas…

2 hari ago

Kapolres dan Ketua Bhayangkari Humbahas Tinjau Pos PAM Ops Ketupat Toba 2021 di 3 Kecamatan

Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar didampingi PJU Polres Humbahas dan Ketua Cabang Bhayangkari Cabang Humbahas…

2 hari ago